Baby Avanza-Xenia Di Indonesia Sedang Dipersiapkan

Oleh Intan Nur Farida | 09/05/2015
Baby Avanza-Xenia Di Indonesia Sedang Dipersiapkan

Toyota Avanza Daihatsu Xenia Terbaru. Kabar baik datang dari salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Daihatsu. Pada hari Kamis (07/05/2015) kemarin PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja merayakan produksinya yang ke-4 juta unit. Dalam perayaan tersebut, ada informasi menarik yang diungkapkan langsung oleh Prijono Sugiarto, selaku Presiden Direktur PT Astra International Tbk dan sebagai salahs atu pemegang saham ADM.

Pernyataan yang disampaikan Prijono ini mengarah pada sosok mobil konsep UFC-II yang sempat dihadirkan oleh Daihatsu Indonesia pada perhelatan akbar Indonesia International Motor Show (IIMS). Mobil yang dikembangkan dengan menggunakan platform mobil murah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya ini rencananya akan diterjunkan untuk bersaing di bawah pasar mobil keluarga Avanza dan Xenia. Mobil konsep tersebut juga merupakan MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan kapasitas tujuh penumpang.

“Tadi pagi saya sudah memberikan approval salah satu produk dengan dual badge (dua merek) lagi, dengan komitmen investasi lebih dari Rp 1 triliun,” kata Prijono di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (07/05/2015).

Dari pernyataan tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa Daihatsu dan Toyota akan kembali menghadirkan satu mobil baru lewat mereknya masing-masing. Seperti yang telah diketahui bersama, kedua pabrikan otomotif asal Jepang ini sebelumnya juga memiliki produk kolaborasi, seperti Avanza-Xenia untuk model MPV, Rush-Terios untuk low-SUV (Sport Utility Vehicle) dan Agya-Ayla untuk model LCGC (Low Cost Green Car).

Apabila rencana tersebut berjalan, bisa diprediksi bahwa mobil baru ini tetap diprodkusi oleh PT Astra Daihatsu Motor dan dipasarkan juga oleh Toyota. Jika melihat tiga produk kolaborasi sebelumnya, kemungkinan Toyota tetap akan membidik segmen yang lebih tinggi.

Daihatsu UFC 2 2015 Indonesia 2

Sekedar informasi, dana untuk pengembangan proyek mobil baru di Indonesia tersebut akan menambah alokasi belanja modal untuk Astra Daihatsu Motor yang sebelumnya dianggarkan sebesar Rp 300 miliar hingga Rp 500 miliar sepanjang tahun 2015 ini.

“Angka Rp 1 triliun tersebut akan dimanfaatkan hingga tahun depan, sebanyak Rp 600 miliar kami keluarkan tahun ini untuk research and development. Diharapkan tahun depan sudah keluar, dan kami harap bisa kami salurkan untuk konsumsi domestik terlebih dahulu,” papar Sudirman M. Rusdi, selaku Presiden Direktur PT ADM.

Sudirman menambahkan, mobil baru ini nantinya dapat diproduksi dengan kandungan komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 80 persen. Desainnya juga dibuat sendiri oleh tenaga kerja lokal. Kendati demikian, ia belum bisa berkomentar lebih jauh mengenai jumlah unit yang akan diproduksi. “Kami akan lihat hal itu nanti, sejauh ini baru lakukan riset dan pengembangan dahulu,” jelasnya.

Ketika dikonfirmasi mengenai model dan jenis yang akan dikembangkan, Sudirman menjelaskan bahwa untuk detilnya belum dapat diinformasikan. “Model dan bentuknya kami belum bisa informasikan. Namun yang pasti, kapasitas produksi kami ada di jenis kendaraan kompak dengan mesin 1,0- 1,5 liter,” kata Sudirman.

Lalu kapan mobil baru tersebut akan diniagakan di Tanah Air? “Tahun depan, Anda akan bisa ikut menikmatinya,” ungkap Prijono.

Saat hal tersebut dikonfirmasi kepada Suparno Djasmin, selaku Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), ia tidak menampik mengenai rencana tersebut. Akan tetapi pria yang akrab disapa Abong itu meluruskan mengenai informasi tersebut.

Abong menjelaskan, Untuk memasuki segmen baru, pabrikan selalu memiliki strategi, dan dilakukan untuk melengkapi portofolio produk. “Itu termasuk dalam improvement, soal kapan mulainya belum tahu, bukan tahun depan keluar barangnya. Pak Pri tak spesifik bilang kapan keluarnya,” kata Abong.

Source: baby avanza, avanza baby, mobil baby indonesiautosblog, harga mobil daehatsu, toyota baby avanza dan xenia, mobil avanza yang produk 2016, baby xenia avanza sedang di siap kan, baby avanza xenia, avanza bekas bab, avanza beby,