Motor Matik Terbaru Yamaha Grand Filano Di Indonesia

Oleh Dian Hadi Kusuma | 12/05/2015
Motor Matik Terbaru Yamaha Grand Filano Di Indonesia

Harga Motor Matik Yamaha Grand Filano. Sekedar mengingat, pada ajang Indonesia Motorcycle Shot (IMoS) 2014 kemarin, salah satu produsen motor asal Jepang, Yamaha memperkenalkan skutik Yamaha Grand Filano. Motor berpenampilan klasik ini sukses menarik perhatian banyak pengunjung. Dan kabar baiknya, skuter matik ini akan diluncurkan di Tanah Air tahun ini.

“Semua persiapan sudah selesai, tinggal cari waktu yang pas saja untuk launching Grand Filano,” jelas M. Masykur, selaku Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Ia mengatakan bahwa motor tersebut kemungkinan akan dirilis pada semester dua tahun 2015 ini.

Lalu berapa harga jual dari skuter matik tersebut? Mengingat motor baru ini didatangkan langsung dari Negeri Gajah Putih, Thailand, maka harga jualnya bisa dipastikan lebih mahal. Diprediksikan Yamaha Grand Filano akan dijual di atas Rp 20 juta dan masuk ke dalam kategori Yamaha CBU.

Yamaha Grand Filano dirancang dan dikembangkan guna menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi penggunanya. Lampu skutik ini akan menyala secara otomatis ketika kunci kontak diputar pada posisi on. Di samping itu, tangki bahan bakarnya disematkan di bagian konsol sehingga memudahkan pengendara ketika hendak mengisi bensin.

Jika melihat desainnya, Grand Filano menonjolkan kesan retro modern. Sekilas tampilannya terlihat miri pdengan skuter asal Italia, Vespa. Lampu depannya dibuat agak membulat dengan bodi yang menggembung.

Instrumen panel Yamaha Grand Filano terkesan sederhana. Speedometernya masih menggunakan model manual, sedangkan informasi lain seperti jam, konsumsi rata-rata BBM dan indikator bensin tampil melalui sistem digital.

Yamaha Grand Filano 2015 Indonesia 2

Pengalaman berkendara akan menjadi jauh lebih menyenangkan berkat jok berukuran lebar dan empuk. Sementara di bawah jok terdapat bagasi luas yang memiliki kapasitas sebesar 27 liter. Di dalam bagasi tersebut disematkan lampu kecil yang akan menyala secara otomatis ketika jok dibuka. Hal ini akan mempermudah pengguna untuk mengambil barang bawaan saat malam hari.

Motor ini memilki dimensi panjang 1.820 mm, dengan lebar 685 mm dan tinggi mencapai 1.145 mm. Ketinggian jok tempat duduk Grand Filano mencapai 790 mm, sedangkan bobotnya hanya mencapai 99 kg. Ban depan Yamaha Grand Filano memiliki ukuran 90/90-12, sedangkan ban belakangnya berukuran 90/90-12.

Gran Filano cukup lincah ketika melalui tikungan. Hal ini dapat dicapai berkat perpaduan pelek 12 inci dengan ban berprofil tebal. Dengan begitu handling skutik ini menjadi lebih maksimal. Selain itu daya cengkeram ban ke aspal juga menjadi lebih kuat.

Yamaha Grand Filano tidak hanya memiliki tampilan yang menarik saja, namun juga dibekali dengan sejumlah fitur seperti Smart Key Shutter, Smart Lock System dan Smart Stand Switch. Skutik ini juga dilengkapi dengan alarm untuk mempermudah pengguna saat mencari kendaraannya di tempat parkir.

Pada sektor jantung mekanisnya, Yamaha Grand Filano dibekali dengan mesin berteknologi Blue Core yang dipadukan dengan teknologi fuel injection. Alhasil motor menjadi lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Mesin tersebut memiliki kapasitas 125 cc dan dikombinasikan dengan transmisi CVT. Berbekal mesin ini, Yamaha Grand Filano dapat menghasilkan tenaga hingga 10,73 hp pada 6.500 rpm dengan torsi maksimum sebesar 9,7 Nm pada putaran 5.500 rpm. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat mencapai 60 km/liter.

Akan tetapi skutik ini memiliki kekurangan dalam hal kecepatan yang sanggup ditorehkan. Dalam hal ini pihak Yamaha mengatakan bahwa Grand Filano dihadirkan dengan karakter yang lebih mengarah ke efisiensi bahan bakar dan berkendara yang menyenangkan. Oleh karena itu, Yamaha tidak menjadikan speed sebagai fokus utamanya.

“Grand Filano itu tarikannya agak kurang atau smooth karena yang harus dicapai dia harus irit bukan performance. Dilihat dari bentuknya model ini tidak mungkin untuk ngebut, pasti yang pakai orangnya santun,” kata Masykur pada sesi test ride di Sentul International Karting Circuit (SIKC) yang diselenggarakan pada penghujung tahun lalu. Baca juga, Yamaha Grand Filano 2015 Indonesia dan Yamaha Grand Filano 125 Thailand 2015.

Source: