Motor Yamaha Fascino Rilis Di India, Indonesia Juga?

Oleh Dian Hadi Kusuma | 12/05/2015
Motor Yamaha Fascino Rilis Di India, Indonesia Juga?

Motor Yamaha Fascino Matik Retro Modern. Tampaknya Yamaha sedang gencar untuk meluncurkan motor baru andalannya. Kali ini pabrikan motor asal Negeri Matahari Terbit itu meluncurkan sosok skuter matik baru di India. Skutik tersebut diberi nama Yamaha Fascino yang hadir di hadapan publik dengan tema “rich and classy modern retro”. Sebelumnya skutik tersebut berhasil membuat penasaran banyak orang setelah Yamaha memajang teaser Fascino.

Motor matik ini memiliki tampilan yang unik dan terlihat mirip dengan Vespa. Yamaha Fascino ditujukan untuk menggoda kawula muda di Negeri Hindustan. Skutik ini mengandalkan mesin berkapasitas 113 cc sebagai sumber tenaganya. Melihat tampilannya, Yamaha Fascino terlihat mengesankan dengan lekukan-lekukan bodi yang dinamis, mengisyaratkan sosok jiwa muda yang aktif.

Menurut informasi yang dimuat oleh Motorbeam beberapa waktu yang lalu, Yamaha Fascino didesain dengan menggabungkan tiga skutik, antara lain Yamaha Mio, Honda Scoopy dan Vespa. Tampilan dari Yamaha Mio tampak jelas pada bagian fairing depan yang dibuat mengerucut ke arah bawah.

Sementara bagian belakang yang terlihat lebar tampak mirip dengan Scoopy, salah satu skutik andalan Honda. Jika melihat desain batok serta lampu depan yang didesain hampir bulat dan berukuran lumayan besar akan mengingatkan kita dengan sosok motor Vespa.

Yamaha Fascino 2015 India 2

Panjang keseluruhan Yamaha Fascino mencapai 1.815 mm, sedangkan lebarnya 675 mm dan tinggi 1.120 mm. Wheelbase atau jarak sumbu roda skutik ini 1.270 mm dan ground clearance-nya mencapai 130 mm. Bobot skutik ini mencapai 103 kg.

Bagian jok Fascino dirancang lebar sehingga pengguna dan penumpang dapat duduk dengan nyaman sepanjang perjalanan. Tidak hanya itu, ruang untuk meletakkan kaki pengendara juga cukup lega, cocok digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Melihat sistem pengeremannya, Fascino menggunakan disc brake berukuran 130 mm untuk rem depan dan belakang. Sementara suspensi depannya menggunakan jenis teleskopik, sedangkan bagian belakangnya menggunakan suspensi swingarm. Skutik ini juga dilengkapi dengan speedometer, odometer dan indikator bahan bakar.

Pihak Yamaha India menjelaskan, Yamaha Fascino dikembangkan dengan konsep elegan dan dinamis yang dibalut dengan konsep berkelas. Skutik ini dihadirkan dengan keseimbangan antara fungsi dan desain.

Di segmen skutik bermesin 110 cc, Yamaha Fascino akan berhadapan langsung dengan beberapa pesaing, seperti Mahindra Gusto, TVS Jupiter dan Honda Activa.

Menurut pemaparan Yamaha India kepada ndtv.com, pada pertengahan tahun 2015 ini Yamaha sedang fokus untuk memperketat persaingannya di pasar otomotif India. Kehadiran Yamaha Fascino bukan tanpa alasan. Sebab dari total keseluruhan populasinya, 50 persen penduduknya merupakan generasi muda.

Melihat dapur pacunya, skutik terbaru Yamaha ini dibekali dengan mesin air-cooled, 4-stroke berkapsitas 113 cc. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi continous variable transmission (CVT). Alhasil Yamaha Fascino dapat mengeluarkan tenaga sebesar 7 hp, dengan torsi maksimum sebesar 8,1 Nm. Tenaga tersebut dinilai sesuai untuk masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan.

Tidak cukup sampai di situ saja, pabrikan berlambang tiga garputala itu mengklaim bahwa skutik terbarunya paling irit di kelasnya. Hal ini dicapai berkat inovasi dari mesin Blue Core yang membuat Yamaha Fascino dapat menekan tingkat konsumsi bahan bakar hingga menyentuh angka 66 km/liter. Pencapaian tersebut juga ditunjang dengan digunakannya tangki bahan bakar berkapasitas 5,5 liter. Tangki BBM tersebut cukup besar untuk ukuran skutik

Ditujukan untuk menggaet kaum muda, Yamaha Fascino ditawarkan dengan corak-corak khusus, di antaranya Cool Cobalt, Haute White, Tuxedo Black, Rouge Red dan Sassy Cyan. Untuk mendapatkannya, calon konsumen hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rs. 52,500 atau jika dikurskan mencapai Rp 11 jutaan. Baca juga, Motor Matik Terbaru Yamaha Grand Filano dan Motor Matik Honda Terbaru 2015 Di Indonesia.

Source: metik retro, matic berdesain retro 2016, motor matic retro, motor retro 2016 matik, motor retro metik indonesia, motor retro modern murah, sistem kelistrikan motor yqmaha fascino, Spesifikasi dan harga yamaha grang fascino, Spesifikasi yamaha grand fascino,