Mobil Datsun Redi-GO Siap Jadi Varian Khusus Di Indonesia

Oleh Dian Hadi Kusuma | 12/05/2015
Mobil Datsun Redi-GO Siap Jadi Varian Khusus Di Indonesia

Mobil Datsun Terbaru Redi-GO, Setelah meraih kesuksesan dengan dua mobil LCGC (Low Cost Green Car) andalannya, tak lantas membuat Datsun berpuas diri. Rencananya, Datsun Indonesia akan kembali meluncurkan mobil barunya Untuk pasar otomotif nasional. Hal ini disampaikan langsung oleh Indriani Hadiwidjaja, yang menjabat sebagai Head of Datsun.

“Tahun ini akan ada kejutan, sesuai janji kita bahwa dalam tiga tahun kami akan memperkenalkan tiga produk,” kata Indriani saat ditemui pada perayaan hari jadi Datsun yang pertama di Indonesia.

Dari ketiga mobil murah terbaru tersebut, dua di antaranya kemungkinan besar merupakan penyegaran Go+ Panca dan Go hatchback. Sementara satu produk baru lainnya merupakan model baru yang dihadirkan sebagai kejutan.

”Kami, Datsun Indonesia, akan punya ’mainan’ sendiri yang berbeda dengan produk-produk Datsun di luar Indonesia,” ujar Indri.

Lalu mobil mana yang akan dirilis di Tanah Air? Sekedar mengingat, beberapa waktu yang lalu Datsun Indonesia pernah memamerkan salah satu mobil konsep yang diberi nama Datsun Redi-Go. Mobil tersebut diperkenalkan pada pameran otomotif tahun kemarin. Datsun Redi-Go merupakan hasil rencangan Datsun India. Jika dipasarkan di Indonesia, mobil ini akan masuk ke pasar segmen LCGC.

Datsun redi-GO CONCEPT

Mobil ini memiliki desain yang modern, berkarakter, tegas, tangguh, semangat dan positif. Di samping itu, Datsun Redi-Go dijuluki dengan mobil berkepribadian ganda. Pasalnya mobil ini dirancang dengan mengkombinasikan lima pintu ala hatchback dan rugged sport utility vehicle (SUV) stance. Redi-Go memiliki wheelbase yang cukup panjang, yakni mencapai 2.350 mm.

Melihat tampilan depannya, mobil ini mempunyai grille dengan desain khas Datsun D-Cut. Tampilannya semakin terlihat mengesankan berkat dihiasi oleh lampu berbentuk lancip dengan lampu LED di bagian bumper. Sedangkan bagian buritannya tak kalah menarik dengan lampu yang dibuat melekuk ke bodi.

Di pasar otomotif India, Datsun Redi-Go dikenal dengan nama I2. mobil tersebut dikembangkan dengan menggunakan platform CMF. Pada sektor performanya, Datsun I2 dibekali dengan mesin berkapasitas 800 cc. Mesin tersebut dapat memproduksi tenaga hingga mencapai 50 tenaga kuda.

Akan tetapi, saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Indri menyanggahnya. Ia mengatakan bahwa dalam waktu dekat Datsun Indonesia akan meluncurkan mobil baru yang dibuat khusus untuk pecinta otomotif di Indonesia. Mobil tersebut didesain dan dikembangkan sendiri oleh Datsun Indonesia.

“Redi-Go memang akan dipasarkan di India. Namun kami tidak akan memasarkan Redi-Go untuk saat ini karena itu bukan produk untuk Indonesia. Tetapi kalau ke depannya ada kebutuhan market untuk mobil seperti itu, kami akan pertimbangkan kembali,” ungkap Indri.

Dari pernyataan yang disampaikan oleh Indri, cukup sulit untuk mempredikksi seperti apa mobil baru yang akan meramaikan pasar otomotif nasional. Hingga saat ini belum diketahui pasti apakah salah satu pabrikan mobil asal Jepang itu akan menghadirkan mobil LCGC atau tipe baru dengan DNA Datsun yang mana pernah berjaya di dunia balap.

Sebelumnya Steve Adrianto, selaku Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai holding Datsun Indonesia telah memberikan sinyal mengenai kehadiran mobil baru Datsun. Saat itu ia mengatakan bahwa Datsun mempersiapkan model lain untuk melengkapi kehadirannya di Indonesia.

Lantas kapan mobil baru ini diluncurkan secara resmi di Indonesia? Indri membocorkan bahwa produk barunya akan meluncur sebelum pameran mobil IIMS dan GIIAS. “Sebelum pameran mobil lah, sebelum pameran mobil IIMS dan GIIAS,” terang Indri. Ia juga mengatakan bahwa Datsun Indonesia akan ikut meramaikan 2 pameran akbar tersebut. Baca juga, Datsun redi-GO Indonesia Sudah Pameran dan Mobil Murah Datsun Terbaru Di Indonesia.

Source: redi go dijombang,