Motor Sport Suzuki 150cc Dan 250cc Siap Masuk Indonesia!

Oleh Yogi Kurniawan | 14/05/2015
Motor Sport Suzuki 150cc Dan 250cc Siap Masuk Indonesia!

Motor Terbaru Suzuki 150cc Dan 250cc di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki beberapa motor andalan di Tanah Air, mulai dari motor matik atau skutik hingga motor sport. Dari beberapa motor yang dipasarkan di Indonesia, Suzuki Satria FU 150 menjadi yang paling diandalkan oleh Suzuki.

Bahkan dalam waktu dekat ini pabrikan motor asal Jepang itu akan meluncurkan Suzuki Satria F115 Young Star yang tidak lain merupakan adik dari Satria FU 150. Motor bermesin 115 cc ini dikabarkan akan memulai debut perdananya pada pekan ini di Jakarta.

Namun di sisi lain, banyak penggemar motor baru Suzuki yang mulai kecewa. Pasalnya Suzuki Indonesia dinilai lamban merespon keinginan mereka untuk meluncurkan motor sport baru, baik bermesin 150 cc ataupun 250 cc.

Hal ini tampaknya mendapat perhatian khusus dari Suzuki Indonesia. Menurut informasi yang didapat dari akun media sosial Laskar Suzuki, tampak sebuah foto yang menunjukkan sasis lengkap dengan mesinnya. Sasis tersebut masih berada di dalam peti kayu yang baru saja dibongkar. Apabila diperhatikan lebih jauh, sasis tersebut menyerupai sasis untuk motor sport.

Sasis tersebut merupakan tipe diamond. Seperti yang diketahui banyak orang, sasis tipe diamond banyak digunakan pada motor-motor sport yang dipasarkan di Tanah Air. Ciri khas dari sasis ini adalah posisi mesin yang tampak seperti mengantung.

Namun jika diperhatikan pada model pelek yang digunakan, mengingatkan kita akan sosok Satria FU 150 yang diniagakan saat ini. Tidak sampai di situ saja, bentuk mesinnya juga terlihat mirip dengan motor bebek sport andalan Suzuki, lengkap dengan konfigurasi blok mesin berwarna emas.

Akan tetapi tidak ada informasi lebih detail mengenai sosok foto yang beredar di dunia maya tersebut. Keterangan yang disertakan pada foto tersebut hanya tertulis “siap-siap ya…!!!!”. Lantas apakah benar sasis tersebut menjadi cikal bakal dari motor sport terbaru Suzuki di Indonesia?

Jika memang benar sasis dan mesin tersebut ditujukan untuk membangun motor sport baru, semoga bisa menjadi obat penyembuh pecinta Suzuki di Indonesia yang telah lama menanti hadirnya sosok sport baru dari Suzuki. Kehadiran motor sport baru juga akan semakin mempersengit persaingan di pasar otomotif nasional segmen sport yang sejauh ini didominasi oleh motor-motor lansiran Yamaha, Honda dan Kawasaki. Untuk lebih jelas mengenai motor baru apa yang akan diluncurkan oleh Suzuki Indonesia nantinya, mari kita tunggu bersama kehadirannya.

Sekedar catatan, Suzuki Satria FU 150 yang dijual di Indonesia saat ini memang belum mengadopsi sistem fuel injection. Hingga sekarang motor tersebut masih menggunakan mesin berkapasitas 150 cc, 4 tak, DOHC, 4 valve. Mesin tersebut dipadukan dengan siste transmisi 6-percepatan dan Suzuki Advance Cooling System. Berbekal mesin tersebut, Suzuki Satria FU 150 dapat menghasilkan tenaga sebesar 16 PS pada 9.500 rp dengan torsi puncak sebesar 12.7 kgm pada 8.500 rpm.

Berbicara mengenai dimensinya, Satria FU 150 memiliki panjang 1.945 mm, dengan lebar sebesar 652 mm dan tinggi mencapai 941 mm. Wheelbase bebek sport ini mencapai 1.280 mm, sedangkan ground clearance-nya 95 mm. Secara keseluruhan bobot motor ini mencapai 95 kg.

Suspensi depan motor andalan Automaker berlambang “S” khas ii menggunakan model teleskopik, pegas spiral, bantalan oli. Sedangkan suspensi belakang menggunakan lengan ayun, pegas spiral. Baik rem depan maupun rem belakang telah menggunakan jenis cakram yang membuat pengereman berjalan lebih maksimal.

Pada bagian rodanya, Suzuki Satria FU 150 menggunakan ban depan berukuran 70/90-17 38 S, sedangkan ban belakangnya memiliki ukuran 80/90-17 44S. Baca juga, Motor Sport Suzuki 250cc di Indonesia dan Motor Sport Suzuki Gixxer SF 150 Pesaing Yamaha R15.

Source: motor honda matic terbaru 250cc, mesin satriafu 250cc, motor 250cc terbaru suzuki, motor sport 150cc Suzuki Yang di pasarkan di Indonesia,