Mobil Mazda CX-3 Sudah Masuk Thailand, Indonesia Menyusul

Oleh Dendy Santoso | 21/05/2015
Mobil Mazda CX-3 Sudah Masuk Thailand, Indonesia Menyusul

Mobil Mazda CX-3 Indonesia, Pasar SUV (Sport Utility Vehilcle) semakin diminati oleh banyak konsumen. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi produsen mobil yang berkecimpung di segmen mobil SUV. Wajar saja automaker di dunia berlomba-lomba untuk menghadirkan SUV andalannya dengan beragam keunggulan dan desain yang sesuai dengan selera konsumen. Dari sekian merek mobil yang ada, Mazda kini tengah menjadi sorotan berbagai kalangan lantaran rencananya untuk menghadirkan mobil baru Mazda CX-3.

Bahkan alah satu produsen mobil asal Jepang ini telah mengirimkan prototipe CX-3 ke Negeri Gajah Putih, Thailand. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi masyarakat pecinta mobil di kawasan Asia Tenggara yang tidak sabar menantikan kehadiran mobil baru Mazda CX-3.

Dilansir dari situs Indianautosblog, Senin (18/05/2015), prototipe Mazda CX-3 itu tertangkap kamera ketika sedang berada di kargo salah satu maskapai di bandara Suvarnabhumi, Thailand. Kedatangan mobil baru andalan Mazda ini bisa menjadi obat penenang bagi masyarakat di Asia Tenggara. Alasannya, Mazda akan mulai memproduksi CX-3 di pabriknya yang berlokasi di Rayong, Thailand.

Rencananya automaker asal Negeri Bunga Sakura itu akan merilis CX-3 di pasar domestik Thailand pada bulan September atau Oktober mendatang. Akan tetapi jika terdapat halangan, waktu peluncurannya akan diundur paling lama awal tahun 2016 mendatang. Setelah memulai debut perdananya di Thailand, adik Mazda CX-5 ini juga akan meluncur di negara-negara lain di Asia Tenggara.

Sebagai informasi tambahan, Mazda CX-3 diposisikan sebagai produk global Mazda. Mobil ini telah diperkenalkan di berbagai pameran otomotif di dunia. Tampilannya terlihat menarik dan khas dengan mengusung bahasa desain KODO.

Mazda CX-3 2015 Indonesia 2

Di Thailand Mazda CX-3 nantinya akan ditawarkan dalam dua varian mesin. Pertama adalah mesin diesel berkapasitas 1.5 liter dan kedua adalah mesin bensin dengan kapasitas 2.0 liter. Menurut kabar yang berkembang, untuk pilihan mesin diesel juga akan ditawarkan dalam pilihan mesin turbo 1.5 liter yang dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan. Sedangkan mesin bensin 2.0 liter juga mengandalkan transmisi 6-percepatan.

Untuk pasar global, Mazda CX-3 dilengkapi dengan sejumlah fitur standar, seperti cruise control, lampu depan LED, fog lamp LED, jok belakang 60:40, kamera belakang, pelek alloy 18 inci, jok depan berpemanas, automatic climate control, bose audio system, jok kulit dan sunroof.

Lantas kapan mobil baru andalan Mazda ini akan mulai diniagakan di Tanah Air. Untuk hal ini Astrid Wijana, selaku Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI) pernah mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu kabar dari prinsipal untuk bisa memasarkan Mazda CX-3 di Indonesia.

“Kita masih menunggu kabar. Tahun ini juga rasanya belum,” jelas Astrid beberapa waktu yang lalu.

Astrid menambahkan, negara-negara lain di Asia Tenggara juga belum ada yang mendapatkan jatah CX-3. Dengan begitu kemungkinan besar jadwal peluncurannya menunggu sampai ada negara di ASia Tenggara yang sudah merilis CX-3.

“CX-3 saja baru diluncurkan di Jepang. Di Eropa juga baru dipamerkan belum masuk retail,” terang Astrid.

Mazda memang baru saja menjual CX-3 di Jepang dan Australia. Setelah dua negara tersebut, menurut keterangan yang disampaikan oleh Presiden Mazda, Masamichi Kogai Mazda CX-3 akan dipasarkan di Eropa pada pertengahan 2015, disusul Amerika Serikat dan Asia.

Mazda CX-3 memiliki ukuran panjang 4.275 mm, dengan lebar sebesar 1.550 mm, dan wheelbase atau jarak sumbu roda mencapai 2.570 mm. Dimensi tersebut cukup ringkas untuk ukuran sebuah kendaraan crossover. Mazda CX-3 ini akan bersaing ketat dengan beberapa kompetitor tangguh, seperti Honda HR-V, Nissan Juke dan Ford Ecosport.

Source: mazda 3 thailand 2016,