Mobil Suzuki Swift Masa Depan Akan Gunakan Mesin Baru

Oleh Dendy Santoso | 21/05/2015
Mobil Suzuki Swift Masa Depan Akan Gunakan Mesin Baru

Mesin Baru Suzuki Swift Boosterjet, Seperti yang diketahui bersama, mesin berukuran kecil yang telah dilengkapi turbocharged mulai dikembangkan oleh para produsen otomotif terkemuka di dunia. Jika melihat ke belakang, Ford Fiesta EcoBoost merupakan hatchback pertama yang memakai mesin 1.000 cc turbo.

Mobil andalan pabrikan otomotif asal Negeri Paman Sam, Amerika itu berkali-kali dianugerahi penghargaan sebagai International Engine of The Year. Hal inilah yang memicu automaker lain untuk mengembangkan mesin serupa yang bertenaga dan hemat bahan bakar.

Beberapa automaker yang dikabarkan membuat mesin semacam itu adalah Hyundai, Honda dan Suzuki. Kali ini Suzuki-lah yang memiliki kabar hangat dan menggembirakan bagi para penggemar otomotif di seluruh penjuru dunia.

Bagi Anda pecinta Suzuki Swift, ada kabar menarik untuk Anda. Pabrikan mobil berlambang “S” khas, Suzuki mulai mengungkapkan bahwa generasi terbaru dari Suzuki Swift akan menggunakan mesin baru.

Hatchback andalan Suzuki akan dipersenjatai dengan dapur pacu Boosterjet 1.0 liter turbocharged. Mesin tersebut sebelumnya diperkenalkan pada perhelatan Geneva Motor Show yang berlangsung pada bulan Maret 2015 kemarin.

“Mesin baru ini juga akan memakai teknologi direct injection, agar menghasilkan efisiensi BBM yang sangat baik, layout mesin yang kompak dan bobot mesin yang ringan,” beber Suzuki.

Suzuki Swift 2015 2

Menurut kabar yang dirilis oleh Autocarindia, Minggu (17/05/2015), hatchback premium Suzuki YRA atau yang juga dikenal sebagai konsep iK-2 pada Geneva Motor Show 2015 lalu juga akan mengusung mesin yang sama. Suzuki YRA nantinya akan diposisikan di atas Swift. Dengan demikian hatchback tersebut akan bersaing dengan beberapa rival seperti Honda Jazz dan Hyundai i20.

Selain itu, dikabarkan pula bahwa nantinya mobil baru suzuki yang lebih kecil seperti Swift generasi mendatang akan dibekali dengan mesin Boosterjet 1.0 liter turbocharged. Agar dapat bersaing dengan hatchback bermesin 1.000 cc turbo lainnya, setidaknya mesin Boosterjet 1.0 turbocharged ini harus dapat menghasilkan tenaga sebesar 124 PS dengan torsi 170 Nm.

Mesin Boosterjet 1.0 liter turbocharged dilengkapi dengan teknologi direct injection. Mesin itu dapat memberikan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Mesin tersebut memiliki keunggulan lain, yakni bobot yang lebih ringan. Hal ini dapat dicapai berkat tata letak yang dioptimalkan dan didukung dengan berbagai teknologi guna mereduksi beban.

Walaupun sudah mulai mengungkapkan mengenai mesin baru yang akan digunakan oleh Suzuki Swift, namun automaker asal Jepang itu masih belum membocorkan lebih jauh mengenai tenaga dan torsi dari mesin tersebut.

Sekedar informasi, Suzuki juga memiliki mesin Boosterjet dengan turbocharged berkapasitas 1.4 liter. Mesin tersebut kabarnya akan dibenamkan pada mobil-mobil untuk pasar otomotif di Tiongkok. Menurut informasi yang berkembang, mesin 1.4 liter tersebut akan disematkan pada crossover SX4 S-Cross dan juga sedan Ciaz.

Suzuki dikenal berpengalaman dalam mengembangkan berbagai jenis mesin, baik N/A ataupun Turbo. Mesin N/A Suzuki salah satunya dapat dijumpai pada model hatchback Suzuki Swift Sport. Mesin tersebut hanya memiliki kapasitas sebesar 1.600 cc. Kendati demikian tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 136 PS.

Sedangkan untuk mesin turbo pernah disematkan pada Suzuki Wagon R. Dulunya mobil tersebut mengandalkan mesin 1.000 cc turbo sebagai sumber tenaganya. Mesin tersebut banyak dicari oleh pemilik Karimun DX dan GX di Tanah Air untuk keperluan modifikasi engine swap.

Kehadiran Suzuki Swift bermesin turbo nantinya dapat membuat persaingan di segmen hatchback semakin panas. Bukan tidak mungkin model-model hatchback lainnya juga akan menggunakan mesin turbo yang bertenaga dan hemat BBM. Baca juga, Suzuki Swift Hybrid Dipasarkan 2017, Suzuki Swift RX 2015 Tipe Tertinggi, Selisih Harga Suzuki Swift Dengan Ertiga.

Source: mobil swift yang memakai turbo charged, harga baru suzuki yra 2017, mobil swift modifikasi anak muda, modifikasi suzuki swift 2016,