Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R AGS Indonesia

Oleh Ayunda Devi | 27/05/2015
Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R AGS Indonesia

Mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu yang lalu memperkenalkan mobil barunya, Karimun Wagon R AGS ke hadapan publik di Indonesia. Di samping itu pada kesempatan yang sama Suzuki juga memperkenankan para media untuk melakukan test drive sebelum diluncurkan secara resmi.

Dan kini kabar baiknya Suzuki Indonesia telah resmi memasarkan Karimun Wagon R. Mobil tersebut sebelumnya telah sukses menyedot perhatian banyak orang lantaran mengusung sistem transmisi baru bernama Auto Gear Shift (AGS). Transmisi baru andalan Suzuki tersebut merupakan inovasi terbaru di segmen Low Cost Green Car (LCGC).

Untuk saat ini, mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS baru dijual di wilayah Jabodetabek dan akan dilakukan secara simultan di 34 kota lainnya di Indonesia, meliputi pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua.

Varian terbaru dari Suzuki Karimun Wagon R ini mengusung tagline ‘Auto Gear Shift: Bisa Matic, Bisa Manual’. Sistem transmisi AGS pada Karimun Wagon R ini menggabungkan dua jenis transmisi, yakni manual dan matik. Kedua transmisi tersebut disematkan di dalam mesin mobil ini.

Transmisi semacam itu umumnya hanya terdapat pada mobil-mobil mewah. Akan tetapi dengan inovasi yang dilakukan Suzuki, pemilik Karimun Wagon R AGS dapat merasakan sensasi berkendara layaknya pada mobil premium yang ada saat ini. Hadirnya transmisi AGS pada Karimun Wagon R terbaru ini sekaligus menjadikannya sebagai LCGC pertama berteknologi canggih dengan harga yang terjangkau dan masuk akal atau value for money.

Suzuki Karimun Wagon R AGS 2015 Indonesia 1

“Keunggulan transmisi ini selain memberikan kenyamanan berkendara bagi konsumen juga menjadi representasi Karimun Wagon R sebagai mobil SUPER (Spacious, Useful, Practical,Efficient, Reasonable) yang ‘Lebih dari Cukup’, sesuai dengan tagline Karimun Wagon R,” papar Makmur, yang menjabat sebagai 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), di Jakarta, belum lama ini.

Melihat dapur pacunya, Suzuki Karimun Wagon R AGS dipersenjatai dengan mesin K10B berkapasitas 998 cc, 3 silinder, DOHC, 12 katup. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sampai dengan 67 hp pada 6.200 rpm dengan torsi maksimum mencapai 90 Nm pada putaran 3.500 rpm.

Mobil terbaru ini diklaim lebih irit bahan bakar. Hal tersebut dapat dicapai berkat sistem drive by wire yang akan menjaga pedal gas agar lebih responsif atas pijakan kaki. Dengan demikian, metode verkendara ECO dapat berjalan lebih optimal. Pihak Suzuki mengungkapkan, konsumsi bahan bakar Karimun Wagon R AGS dapat menembus angka 21,58 km/liter. Selisih tipis dengan Karimun Wagon R bertransmisi manual yang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 21,08 km/liter.

Teknologi transisi Auto Gear Shift tersedia untuk Karimun Wagon R dengan tipe GL, GX, Dilago dan GS. Menariknya, warna yang ditawarkan juga beragam. Untuk varian GL dan GX hadir dengan 8 pilhan warna, antara lain Burgundy Red, Cool Black, Graphite Grey, Lagoon Turquoise, Pearl White (kecuali tipe GL), Radiant Red, Silky Silver dan Splash Green.

Sementara untuk tipe Dilago hanya tersedia dalam dua warna, yakni Pearl White dan Silky Silver. Untuk tipe GS, Suzuki menawarkannya dalam enam pilihan warna, antara lain Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Cool Black, Radiant Red, dan Burgundy Red.

Suzuki Karimun Wagon R AGS terbaru ini dibanderol dengan harga yang bervariasi. Harga Karimun Wagon R AGS tipe GL dipatok dengan harga Rp 113 juta, tipe GX Rp 120 juta, tipe GS Rp 121,5 juta dan tipe Dilago menjadi yang termahal dengan banderol harga Rp 122 juta. Seluruh harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jabodetabek.

Source: suzuki karimun 2016,