Yamaha Vixion Terbaru 2015 Sudah Memenuhi Standar Eropa

Oleh Intan Nur Farida | 26/05/2015
Yamaha Vixion Terbaru 2015 Sudah Memenuhi Standar Eropa

Yamaha Vixion Facelift Baru 2015, Belum lama ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing meluncurkan generasi terbaru salah satu motor sport andalannya, yakni Yamaha V-ixion Advance 2015. Motor yang mengusung mesin 150 cc ini diklaim hadir dengan tujuh fitur baru. Salah satu di antaranya Yamaha V-ixion terbaru ini telah memenuhi standar EURO 3.

M Abidin, selaku General Manager Aftersales Service & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengungkapkan bahwa standar EURO 3 yang ada pada V-ixion Advance ini bukan sekedar emisi gas buang saja, melainkan mencakup beberapa aspek lain. Pemenuhan standar Eropa yang juga menjadi acuan di negara-negara Asean juga dipertimbangkan oleh Yamaha.

“Mulai dari klakson, ban, hingga emisi. Semuanya dirancang dan dibuat untuk memenuhi standar dunia itu,” kata Abidin ketika ditemui di sela acara peluncuran Yamaha V-ixion Advance di Serpong, Tangerang.

Lalu apa saja sentuhan ubahan yang dilakukan oleh Yamaha pada V-ixion terbarunya ini sehingga sesuai dengan standar tersebut? Berikut adalah penjelasan yang disampaikan oleh Abidin :

1. Ban

Ban pada Yamaha V-ixion terbaru ini dirancang khusus. Ban yang memiliki kode E-Mark ini dibuat dengan pertimbangan yang sangat matang sehingga memenuhi ketentuan non aromatic oil. Itu berarti, saat ban digunakan dan bergesekan dengan jalanan yang dilalui, maka ban tersebut tidak akan mengeluarkan aroma atau bau minyak dari salah satu unsur pembuatan ban.

“Sebab, di Eropa atau wilayah lainnya, aroma minyak dianggap sebagai polutan. Sehingga harus dihilangkan,” ujar Abidin.

Yamaha V-ixion Advance 2015 Indonesia 2

2. Klakson

Hal kedua yang membuat motor sport berlambang tiga garputala ini memenuhi standar EURO 3 adalah klakson. Klakson versi terbaru yang disematkan pada New Yamaha V-ixion Advance ini menggunakan standar UN-R41-03. Standar tersebut dipakai untuk menetapkan ambang batas kebisingan atau kekencangan suara klakson dari sebuah kendaraan bermotor. Dan tingkat kebisingan klakson Yamaha V-ixion terbaru sudah memenuhi standar karena berada di bawah ambang batas.

3. Speedometer

Mungkin beberapa orang bertanya-tanya apa yang membuat speedometer Yamaha V-ixion 2015 ini memenuhi standar EURO 3. Pemenuhan standar pada speedometer V-ixion diwujudkan melalui tampilan informasi kecepatan dan lain-lain secara jelas. Dengan begitu akan lebih mudah bagi pengendara untuk membaca informasi yang tertera. Tampilan yang jelas dan mudah dibaca dinilai sebagai salah satu bagian dari penunjang keamanan dan kenyamanan bagi pengguna New V-ixion Advance.

4. Emisi gas buang

Yang tidak kalah penting dari pemenuhan standar EURO 3 adalah emisi gas buang yang rendah. Emisi Yamaha V-ixion terbaru ini telah berada di bawah ambang batas standar EURO 3 yang disepakati oleh negara-negara Asean melalui Murual Recognition Agreement (MRA) supaya produk yang dibuat di salah satu negara di kawasan Asean juga dapat dipasarkan di negara lain.

Agar motor sport andalannya tersebut memenuhi standar EURO 3, produsen motor baru asal Negeri Samurai ini merancang ulang air duct dan knalpot sedemikian rupa. Air duct yang merupakan jalur filter udara ke ruang bahan bakar dibuat lebih tebal. Dengan begitu udara yang dihisap masuk ke ruang bakar akan menjadi lebih bagus dan banyak. Hal ini tentu membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.

Sedangkan untuk knalpotnya, pada bagian honey comb yang terletak di leher knalpot ditata ulang dengan menambahkan catalytic converter. Komponen ini dibuat dari tiga bahan, yakni Rhodium, Palladium dan Platinum. Dengan penggunaan catalytic conveter, gas buang yang dikeluarkan dapat diubah menjadi air dan debu.

Di samping itu, Yamaha Indonesia juga menurunkan tingkat kebisingan knalpot hingga di bawah standar yang ditetapkan. Apabila standar minimal kebisingan knalpot mencapai 77 desibel, maka tingkat kebisingan knalpot Yamaha V-Ixion hanya 76 desibel.

Source: vixion advance, vixion advance 2015, vixion advance terbaru,