All New Toyota Fortuner 2016 Siap Diperkenalkan Bulan Juli

Oleh Dian Hadi Kusuma | 27/05/2015
All New Toyota Fortuner 2016 Siap Diperkenalkan Bulan Juli

All New Toyota Fortuner 2016, Persaingan di segmen SUV (Sport Utility Vehicle) tampaknya semakin memanas. Pabrikan mobil yang mengisi segmen tersebut terus melakukan penyegaran pada produk andalannya. Tidak hanya sebatas tampilannya saja, para produsen juga melakukan perbaikan pada sisi performa dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur tercanggih. Salah satunya dilakukan oleh produsen otomotif raksasa asal Jepang, Toyota.

Toyota memiliki model andalan yang diberi nama Fortuner. Mobil tersebut telah berkiprah di pasar SUV dunia selama 10 tahun. Berbagai ubahan dan inovasi yang dilakukan Toyota pada Fortuner membuat mobil ini tetap banyak diminati hingga sekarang.

Bagi Anda pecinta Toyota Fortuner, ada kabar baik untuk Anda. Pada tahun 2015 ini Toyota berencana untuk menghadirkan generasi terbaru dari Fortuner. Toyota Fortuner terbaru tersebut akan meluncur dua bulan lagi.

Dilansir dari situs Indianautosblog, Jum’at (22/05/2015), Mr. Kyochi Tanada, selaku Presiden Toyota Thailand mengungkapkan rencananya untuk melahirkan generasi terbaru Fortuner pada tanggal 28 Juli. Mobil tersebut akan memulai debut perdananya di Negeri Gajah Putih, Thailand yang selanjutnya diprediksikan akan diikuti oleh model MPV Andalan Toyota, Innova.

Desain Fortuner terbaru juga mengalami perubahan total. Tampilan depannya tampak lebih agresif dengan lampu yang dibuat lebih lancip. Sementara bagian grille dilapisi dengan krom yang terhubung hingga bagian atas lampu utama.

Toyota Fortuner 2016 1

Diperkirakan Toyota Fortuner terbaru ini akan menggunakan konsep rancang bangun yang sama dengan Toyota Hilux model 2016 yang baru saja membuka selubungnya pada Kamis (221/05/2015) di Thailand. Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, Fortuner terbaru ini akan lebih mengutamakan segi keselamatan berkendara.

Sayangnya hingga saat ini belum ada informasi terkait fitur keselamatan yang akan diusung oleh generasi terbaru Toyota Fortuner. Akan tetapi jika melihat Toyota Hilux Revo yang merupakan saudara dekat sekaligus model yang mengusung teknologi FIRM (Frame with Integrated Rigidity Mechanism), mobil ini dibuat dengan memperpanjang dimensi dan perbaikan struktur bodi depan yang membuat pengemudi lebih aman dari benturan.

Hadirnya teknologi FIRM pada Fortuner akan membuat kualitas pengendaraan dan keselamatan semakin meningkat.

Selain itu perlindungan di sisi interior juga tidak diabaikan. Menurut kabar yang berhembus, Toyota Fortuner ini akan memaksimalkan fitur di dalam kabin, terutama penggunaan airbag. Jika pada generasi sebelumnya hanya dibekali dengan dua kantong udara saja, nantinya Toyota Fortuner 2016 akan lebih aman dengan 7 airbags.

Sedangkan untuk urusan performanya, Toyota Fortuner ini diprediksi akan menggunakan mesin baru yang sama seperti Toyota Hilux, yaitu diesel 2,8 liter 1GD-FTV dan 2,4 liter 2GD-FTV dari keluarga GD. Mesin tersebut akan menggantikan mesin lamanya, yakni 2,5 dan 3,0 liter. Untuk transmisinya akan mengandalkan enam percepatan auto’box yang menggusur transmisi 4-percepatan lamanya.

Sekedar informasi, Toyota Fortuner yang dipasarkan di Indonesia hadir dalam beberapa varian. Mobil terbaru ini memiliki dimensi panjang 4.705 mm, engan lebar sebesar 1.840 dan tinggi mencapai 1.850 mm. Jarak poros roda atau wheelbase mencapai 2.750 mm.

Sebagai contoh, untuk New Fortuner 2.5 G M/T dipersenjatai dengan mesin 2 KD-FTV VN Turbo Intercooler, Inline 4 silinder, 16 valve DOHC yang memiliki kapasitas sebesar 2.494 cc. Diameter dan langkah mesin tersebut 92.0 x 93.8. Berbekal mesin itu Fortuner dapat mengeluarkan tenaga hingga sebesar 144 Ps pada putaran 3.400 rpm dengan torsi maksimum sebesar 35 Kgm pada putaran 1.600-2.800 rpm.

Kehadiran Toyota Fortuner terbaru nantinya bisa dipastikan semakin memperketat persaingan di segmen SUV, bersama dengan beberapa kompetitor lainnya. Lantas kapan mobil ini akan meluncur di Tanah Air? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Toyota.

Img source : http://www.indianautosblog.com

Source: all new fortuner 2016, harga fortuner 2016, interior new fortuner 2016, interior all new fortuner 2016, fortuner terbaru 2016, harga all new fortuner 2016, new fortuner 2016 indonesia, harga toyota fortuner 2016, interior all new fortuner, mobil fortuner tahun 2016,