Akibat Tangki Bensin Motor Sering Kosong

Oleh Intan Nur Farida | 27/05/2015
Akibat Tangki Bensin Motor Sering Kosong

Tangki Bensin Motor Kosong, Agar motor kesayangan selalu memiliki performa maksimal dan panjang umur, maka perawatan menjadi salah satu syarat utama yang harus dipenuhi oleh sang pemilik. Perawatan bisa dilakukan dengan memperhatikan hal yang paling sederhana, seperti mengisi bahan bakar.

Bahan bakar merupakan bagian tak terpisahkan dari kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Dengan adanya bahan bakar maka kendaraan dapat melaju dan digunakan. Namun kadang kala motor dibiarkan begitu saja dalam keadaan tangki kosong. Ada beberapa alasan yang umumnya membuat pemilik tidak mengisi tangki motor bahan bakar, seperti ditinggal ke luar kota atau motor tersebut memang sudah tidak pernah digunakan lagi untuk beraktivitas.

Namun siapa sangka hal tersebut akan mempengaruhi kondisi tangki bahan bakar motor. Perlu diketahui, motor yang sering digunakan dan pengisian bahan bakar secara rutin dapat memberikan manfaat baik bagi motor itu sendiri. Lalu apa yang terjadi jika motor dibiarkan dalam kondisi tangki kosong tanpa bensin? Berikut adalah 6 kemungkinan yang bisa terjadi:

1. Korosi

Dampak Tangki Motor Sering Kosong 2

Ketika tangki motor dalam keadaan kosong, maka udara dapat masuk dalamnya. Udara yang masuk ke dalam tangki dapat memicu proses oksidasi yang pada akhirnya menimbulkan karat.

Lain halnya dengan tangki yang sering terisi bensin atau bahan bakar. Karat yang muncul biasanya tidak bertahan lama, sebab bahan bakar dapat membuat karat mudah lepas. Jika tangki sering kosong, bukan tidak mungkin karat tersebut akan semakin membesar dan bila dibiarkan saja dapat menyebabkan tangki bocor.

2. Endapan

Di samping korosi, tangki bahan bakar yang dibiarkan kosong dalam jangka waktu lama dapat memunculkan sisa-sisa bahan bakar yang mengendap. Hal tersebut dapat muncul terutama jika pemilik sering mengisi bahan bakar yang mengandung timbal. Sebab BBM tersebut dapat meninggalkan kotoran berupa serbuk kecil yang akan tertimbun perlahan-lahan.

Endapan yang muncul dapat menggangg kondisi tangki. Alasannya, endapan tersebut dapat menyumbat saluran tangki. Hal ini dapat membuat motor mengalami mogok mendadak.

3. Fuel pump

Fuel pump adalah peranti yang bertugas untuk menyalurkan aliran bensin ke mesin motor. Namun kinerjanya dapat terganggu jika endapan pada tangki dibiarkan menumpuk. Fuel pump memiliki satu kanal kecil yang digunakan untuk mengalirkan bensin ke dalam mesin. Ketika ada endapan yang menumpuk, maka fuel pump menjadi terganggu dan bensin tidak dapat dialirkan secara optimal.

4. Pengapian

Jika masalah yang terjadi pada fuel pump dibiarkan tanpa adanya penanganan khusus, maka beberapa masalah yang serius dapat muncul. Sebagai contoh terganggunya sistem pengapian pada motor tersebut. Hal ini dapat terjadi pada motor karburatur dan injeksi.

Pada dasarnya sistem pengapian pada motor bertujuan agar uap bahan bakar yang ada dapat segera dibakar dan diubah menjadi tenaga. Tenaga inilah yang akan mendorong mesin agar motor dapat melaju. Akan tetapi, ketika permasalahan fuel pump sudah merambat dan mempengaruhi kinerja sistem pengapian, maka satu-satunya jalan keluar adalah dengan menggantinya.

5. Boros

Tangki dalam kondisi berkarat, kotor dan terdapat endapan tidak hanya menyebabkan masalah pada dua komponen penting tersebut saja. Di samping itu, masalah yang terjadi adalah motor menjadi boros bahan bakar dan menurunnya performa motor. Penyebabnya bahan bakar yang digunakan oleh motor tidak dapat terolah dengan baik, sehingga bahan bakar tidak dapat dikonsumsi secara optimal.

6. Banyak biaya yang dikeluarkan

Jika permasalahan tersebut terjadi pada Anda, maka bisa dipastikan banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengganti atau memperbaiki komponen-komponen yang bermasalah. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda selalu memperhatikan kondisi dari motor Anda agar tidak merugikan diri Anda sendiri.

Source: tanki motor, akibat tangki motor kotor, akibat elektroda kotor berkarat dan bergelombang, tangki Sg, tangki motor sport, tangki motor kecil dan panjang, sebutkan akibat akibat elektroda kotor, modifikasi tangki bensin, menyumbat tangki bensin bocor, kenapa tanki banyak timbalnya,