Suzuki Satria F115 Young Star Pakai Kopling?

Oleh Dian Hadi Kusuma | 28/05/2015
Suzuki Satria F115 Young Star Pakai Kopling?

Motor Suzuki Satria F115 Kopling, Beberapa waktu yang lalu Suzuki kembali meluncurkan motor terbarunya. Motor tersebut adalah Suzuki Satria F115 Young Star yang merupakan adik kandung Suzuki Satria FU 150.

Motor bebek baru andalan Suzuki ini memiliki tampilan yang mirip dengan Satria FU 150 yang dipasarkan di Tanah Air saat ini. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia yakin bahwa Satria F115 Young Star akan meraih kesuksesan sama seperti Satria Fu 150.

Meskipun tampilannya tampak mirip, akan tetapi Satria F115 memiliki perbedaan yang sangat mencolok dari kakaknya. Selain kapasitas mesin yang lebih kecil, motor yang disebut sebagai “baby Satria” ini tidak memiliki kopling seperti Satria FU 150.

Beragam penilaian pun muncul mengenai hal ini. Selain itu ada pula pihak yang bertanya, apakah Suzuki Satria F115 Young Star nantinya juga akan ditawarkan dalam versi kopling?

Bagi Anda yang juga penasaran akan hal tersebut, setidaknya Anda bisa bernafas sedikit lega. Sebab pihak Suzuki mengatakan bahwa ada kemungkinan Satria F115 Young Star ditawarkan dalam versi kopling. “Kita pelajari, ada kemungkinan kita pakai kopling,” kata Endro Nugroho, selaku Deputy Managing Director 2W Division PT SIS beberapa waktu lalu.

Suzuki Satria F115 Young Star 2015 Indonesia 2

Dibekalkannya kopling pada sebuah sepeda motor memang memiliki kesan tersendiri bagi pecinta otomotif. Sebab kopling selalu berkaitan erat dengan kesan sporty, garang dan sesuai dengan karakter laki-laki. Hal inilah yang tampak sedikit hilang dari Suzuki Satria f115 Young Star.

Untuk hal ini Endro memiliki pertimbangan tersendiri. Suzuki memutuskan untuk tidak menyertakan kopling pada motor barunya sebab Satria F115 Young Star memang dihadirkan untuk konsumen pemula.

“Unik juga kalau kita balapan tidak pakai kopling. Tapi karena ini pemula jadi kita tidak memikirkan, biarkan saja. Mereka punya kelas dan punya kebanggaan sendiri,” jelas Endro.

Rencananya, motor berlambang “S” ini akan ikut serta dan masuk kelas pemula pada ajang Suzuki Indonesia Challenge (SIC).

Seperti yang dipaparkan Managing Director 2W PT SIS, Motoo Murakami pada saat peluncuran Satria F115, motor andalan Suzuki ini dihadirkan untuk anak muda yang memiliki karakter funky dan sporty. Selain itu motor ini dikembangkan dengan passion berkompetisi di dunia balap.

“Suzuki Satria F115 Young Star hadir untuk menyalurkan kemampuan anak-anak muda yang hobi balapan. Diharapkan akan ada anak muda yang mampu menjadi pembalap profesional di tingkat internasional,” terang Motoo.

Melihat desainnya, Suzuki Satria F115 Young Star terlihat kental dengan nuansa sporty. Hal tersebut terlihat dari posisi setang yang dirancang layaknya motor balap. Hal ini bertujuan untuk memmpermudah pengguna saat mengendarai Satria F115. Selain itu tampilan panel instrumen juga memiliki desain yang menarik dan mudah untuk dibaca, serta informatif ketika melesat dalam kecepatan tinggi.

Beralih ke sektor performanya, spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star dipersenjatai dengan jantung pacu yang memiliki kapasitas 115 cc, SOHC, dan dipadukan dengan teknologi Fuel Injection (FI) dan Electronic Control Module (ECM). Berbekal mesin ini, Suzuki Satria F115 Young Star sanggup menghembuskan tenaga hingga sebesar 9,1 hp dengan torsi puncak mencapai 9,1 Nm. Sedangkan konsumsi bahan bakar motor ini sanggup mencapai 63 km/liter.

Di pasar otomotif nasional, Suzuki Satria F115 Young Star ditawarkan dalam tiga warna, yakni merah (Celebration Red Black), hitam (Titan Black) dan livery MotoGP Edition. Untuk warna standar dilepas dengan harga Rp 16,5 juta, sementara edisi MotoGP dibanderol Rp 16,8 juta.

Source: satria f115 kopling, suzuki young star, apakah motor bebek satria fu 115 young star ada kupling nya ???, satria young star, satria young star kopling, satria young star tanpa kopling, spesifikasi suzuki satria f115 kopling, Suzuki Satria F115 Young Star, Suzuki Satria F115 Young Star Red, Suzuki Satria F115 Young Star: 50 km/lt,