Honda Diam-Diam Riset Motor Skuter Listrik Masa Depan

Oleh Dian Hadi Kusuma | 28/05/2015
Honda Diam-Diam Riset Motor Skuter Listrik Masa Depan

Motor Listrik Honda Terbaru, Saat ini kendaraan ramah lingkungan menjadi tren di dunia otomotif. Hal tersebut terlihat dari beberapa produsen yang mulai mengembangkan mobil maupun motor dengan teknologi baru yang dirancang sedemikian rupa agar ramah lingkungan.

Tren tersebut menjadi sebuah terobosan terbaru di dunia otomotif yang ke depannya dapat mengubah pandangan seseorang akan sebuah kendaraan bermotor yang selama ini dinilai menjadi sumber polusi udara. Seperti yang diketahui bersama, pemanasan global yang terjadi di seluruh penjuru dunia disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah asap kendaraan bermotor. Inilah yang menjadi perhatian semua kalangan, khususnya produsen otomotif.

Berbagai upaya pun dilakukan untuk meminimalisir dampak buruk pencemaran lingkungan. Salah satu upaya yang tengah marak dilakukan adalah dengan membuat kendaraan bertenaga listrik, baik mobil listrik ataupun motor listrik. Dari sekian automaker yang membuat motor listrik, salah satunya yang menarik perhatian adalah Honda.

Produsen otomotif asal Negeri Samurai ini dikabarkan sedang mengembangkan skuter listrik yang ramah lingkungan. Dilansir dari Motorbeam, kabar perihal rencana Honda tersebut beredar setelah sejumlah desain dan sketsa yang merupakan bagian dari pengajuan paten, tersebar luas di jagat maya.

Jika melihat sketsa yang diduga merupakan milik Honda Motorcycle dan Scooter India itu, Honda akan menggunakan basis skuter Honda Metropolitan untuk merancang motor bertenaga baterainya. Bila diperhatikan sekilas, tampilannya terlihat mirip dengan desain Vespa Piaggio yang dikenal kental dengan nuansa retro.

Skuter Listrik Honda 2016 2

Sebagai tambahan, Honda Metropolitan merupakan skuter matik yang mengusung mesin berkapasitas kecil,yakni hanya sebesar 49 cc, 4-stroke dengan silinder tunggal. Skuter matik tersebut mengandalkan sistem perpindahan gigi V-Matic sebagai penyalur tenaga dari mesinnya.

Skuter matik ini menggunakan suspensi jenis garpu downtube kembar di bagian depan dan suspensi tunggal untuk bagian belakangnya. Di samping itu motor lansiran pabrikan otomotif asal Jepang ini juga telah dibekali dengan Combi Brake System (CBS).

Mungkin bagi masyarakat Tanah Air tidak begitu popular dengan nama Honda Metropolitan. Wajar saja, sebab motor ini hanya dipasarkan di negara-negara maju saja.

Walaupun rencana Honda telah bocor di dunia maya, namun hingga saat ini belum ada kejelasan kapan skuter listrik yang masih dalam tahap pengembangan tersebut akan mulai diproduksi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan skuter bertenaga baterai tersebut akan dihadirkan pada perhelatan Indian Auto Expo Februari 2016 mendatang.

Jika melirik negara asalnya, Jepang, sebelumnya Honda telah meluncurkan skuter matik listriknya yang diberi nama Honda EV-NEO. Selain di pasar Jepang, motor listrik tersebut juga ditujukan untuk pasar Eropa.

Lalu seperti apa keunggulan yang dimiliki oleh skuter listrik ini? Honda EV-NEO dapat menempuh jarak hingga 34 km hanya dalam sekali isi baterai. Kelebihan lain yang dimiliki oleh skuter ini adalah kemampuannya yang dapat menahan beban hingga 30 kg.

Lain halnya dengan skuter listrik baru Honda yang kental dengan kesan retro, Honda EV-NEO didesain dengan konsep futuristik dan sudut-sudut yang mengotak. Namun menariknya, jika melihat sisi sampingnya skuter ini terlihat mirip dengan motor jadul Honda Supercub.

Honda mengatakan, EV(Electric Vehicle)-NEO dirancang sebagai kendaraan yang menghadirkan sensasi baru dalam mengendarai motor.

Berbicara masalah performa, Honda EV-NEO ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 3.8 PS pada putaran 5.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 2.8 kw pada putaran 2.000. Tenaga yang dihasilkan hampir sama dengan motor bermesin 50 cc. Selain dapat menempuh jarak sejauh 34 km, kecepatan rata-rata Honda EV-NEO ini bisa mencapai 30 km/liter.

Img source: http://otomotif.metrotvnews.com

Source: motor matic 2016, motor matic baru 2016, motor honda matic 2016, motor matik terbaru 2016, harga honda ev neo, motor matik global 2016, rencana honda nuansa retro, scooter matic 2016, scoopy dari masa ke masa, sketsa bagian bagian motor matic,