Motor Sport Murah TVS 300cc Dijual Di Indonesia

Oleh Intan Nur Farida | 05/06/2015
Motor Sport Murah TVS 300cc Dijual Di Indonesia

Motor Sport Murah TVS BMW 300cc, Kabar yang berhembus mengenai adanya kerjasama antara BMW dengan TVS Motor Company untuk membuat sepeda motor bermesin di bawah 500 cc rupanya bukan omong kosong belaka. TVS Indonesia mengkonfirmasi bahwa pihaknya menjalin kerjasama dengan produsen otomotif asal Jerman itu untuk membuat motor 300cc dengan harga murah. Motor tersebut rencananya akan dirilis pada semester awal 2016 mendatang.

“TVS akan memulai ekspansi yang lebih massif bersama BMW untuk memproduksi sepeda motor baru yang berbeda dari yang pernah dipasarkan TVS maupun BMW di segmen 300cc,” papar Anandakhrisnan, yang menjabat sebagai President Direktur PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) saat ditemui pada acara peluncuran DVS Dazz DFI di Jakarta.

Anandakhrisnan melanjutkan, target kerjasama ini adalah untuk menghadirkan sepeda motor berkelas namun dengan harga jual yang lebih murah. “Dimana, kita ingin memanfaatkan pengembangan teknologi dan desain BMW dengan proses produksi keseluruhannya di TVS India agar bisa lebih murah,” ujarnya.

Hingga saat ini, proses kerjasama tersebut berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. “Sekitar 80-90 orang para ahli sudah siap dengan fasilitas tersendiri di India yang dibedakan dengan fasilitas produksi TVS lainnya,” ungkap Rizal Tandju, Marketing Manager TMCI.

TVS Draken X21 2016 2

Seluruh proses produksi akan dilakukan di negeri Hindustan, India. Hal ini dilakukan untuk menekan harga pembuatan mesin, rangka hingga komponen lainnya. Walaupun begitu, sepeda motor ini akan kental dengan karakter khas motor lansiran Jerman karena BMW yang bertugas untuk memberikan ide desain dan teknologinya.

Selain dipasarkan di Tanah Air, motor tersebut nantinya juga akan dipasarkan ke ASEAN dan negara-negara Asia. “Tidak hanya untuk pasar domestik, selanjutnya akan diekspor ke negara ASEAN dan lebih luas Asia,” kata Rizal.

Namun sayangnya belum bisa dipastikan seperti apa bentuk motor dan spesifikasi motor tersebut. Akan tetapi menurut kabar yang berkembang, motor produksi BMW dan TVS ini akan memiliki bentuk yang mirip dengan motor konsep yang pernah dipamerkan TVS pada perhelatan Pekan Raya Jakarta 2014 lalu. Motor konsep tersebut diberi nama TVS Draken. Selain itu dikabarkan motor BMW-TVS tersebut akan dihadirkan pada pameran otomotif roda dua EICMA 2015 yang akan diselenggarakan di Milan, Italia.

Sebagai tambahan informasi, kerjasama antara BMW dan TVS ini bukanlah yang pertama kalinya. Kedua pabrikan otomotif ini telah menjalin kerjasama sejak tahun 2013.

Stephan Schaller, CEO BMW Motorrad mengatakan, nantinya motor tersebut akan diproduksi dengan menggunakan sistem satu silinder, dengan kode produksi K03. “Satu silinder adalah permulaan yang baik. TVS juga bisa memakai teknologi mesin terbaru itu untuk produknya sendiri,” terang Schaller, dilansir dari situs Indianautosblog.

Pada awal tahun 2015 kemarin motor hasil kolaborasi antara BMW dan TVS ini sempat tertangkap kamera saat sednag menjalani uji coba. Menurut informasi yang hangat diberitakan, motor tersebut mengusung mesin 4-stoke satu silinder dengan pendingin cairan. Di pasar motor sport murah, motor BMW-TVS ini akan berhadapan langsung dengan KTM Duke 390 dan Kawasaki Z300.

Kawasaki Z300 hadir dengan mengandalkan mesin 3 tak, 2 silinder segaris, paralel twin yang memiliki kapasitas sebesar 296 cc. Mesin tersebut telah dibekali dengan teknologi DOHC dan memiliki kompresi pembakaran 10.6:1. Berbekal mesin tersebut, Kawasaki Z300 dapat menghembuskan tenaga hingga 38 hp pada 11.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 27 Nm pada putaran 10.000 rpm.

Sedangkan KTM Duke 390 dipersenjatai dengan mesin 1 silinder, DOHC, 4 katup berkapasitas 373 cc. Mesin itu telah mengandalkan teknologi fuel injection dan sistem pendingin liquid cooled. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 43 hp. Mesin tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-percepatan.

Source: motor terbaru 2016 mendatang, motor 300cc murah, motor sport murah 2016, motor indonesia 2016, motor murah 2016, motor sport baru 2016, Motor tvs terbaru 2016, motor bmw 300cc, motor sport termurah 2016, gambar motor sport TVS HONDA YAMAHA TERBARU,