Skuter Matik Premium Peugeot Masuki Pasar Otomotif Indonesia

Oleh Intan Nur Farida | 05/06/2015
Skuter Matik Premium Peugeot Masuki Pasar Otomotif Indonesia

Motor Matik Terbaru Peugeot, Persaingan di pasar otomotif nasional tampaknya semakin menarik. Dalam dua bulan ke depan, produk andalan Peugeot akan hadir di Tanah Air untuk meramaikan pasar kendaraan roda dua. Jajaran motor skuter premium ini bisa menjadi pilihan menarik bagi pecinta otomotif di Indonesia yang mendambakan sensari baru dalam berkendara.

Hadirnya Peugeot di Indonesia ini diperkuat dengan penandatanganan perjanjian exclusive general distribution (agen pemegang merek) antara PT Garasindo International Motor (GIM) dengan Peugeot Scooters.

Muhammad Al Abdulah, CEO PT Garasindo Inter Global, perusahaan induk GIM telah mengakui terjadinya kesepakatan antara Garasindo dengan Peugeot Scooters. Akan tetapi pria yang akrab disapa Al itu masih belum bisa mengatakan skuter Peugeot apa saja yang dihadirkan di Tanah Air pada bulan Agustus mendatang.

“Semua model real premium yang dimiliki Peugeot akan kita niagakan di Indonesia. Model apa saja itu, saya belum bisa mengungkap. Sabar, dalam waktu dekat pasti kami umumkan,” jelasnya.

Peugeot Metropolis 2015 Indonesia

Akan tetapi sumber terdekat dengan Gaikindo memiliki beberapa informasi mengenai ciri-ciri skuter Peugeot yang akan diluncurkan di Indonesia. Ia mengatakan, skuter-skuter Peugeot yang dipilih menggunakan mesin berkapasitas 125 cc sampai 400 cc.

Di samping itu Al pernah mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menjual model-model skuter Peugeot bermesin 50 cc. Dengan demikian, maka diperkirakan GIM akan menghadirkan skuter Peugeot Django, Citystar dan Satelis. Ketiga skuter berdesain premium ini mengusung mesin 125 cc.

Sedangkan untuk model keempat yang dipilih adalah skuter bermesin 400 cc. Motor tersebut merupakan skuter super premium roda tiga Peugeot Metropolis. Skuter ini memiliki dua roda di depan dan satu di belakang. Tidak sampai di situ saja, Peugeot Satelis 300 cc dan Satelis 400 cc diprediksi akan menyusul.

Rencana GIM untuk menghadirkan Peugeot Django bisa menjadi ancaman serius bagi pesaingnya, yakni Vespa Primavera dan GTS. Selain itu model Citycar dan Satelis bisa mengusik keberadaan Honda PCX dan Yamaha N-MAX yang dipasarkan di Tanah Air. Dan untuk Peugeot Metropolis bisa dipastikan akan bersaing dengan Piaggio MP3.

Untuk tahap awal, sepeda motor Peugeot akan didatangkan langsung dari negara asalnya, Perancis. Lalu untuk ke depannya, bila prospek bisnis semakin meyakinkan, maka perakitan secara lokal akan diupayakan untuk dilakukan.

Peugeot Scooters bukanlah nama baru di pasar sepeda motor dunia. Produsen otomotif ternama asal Eropa ini telah memproduksi produk-produk andalannya sejak 1898 lewat model perdana Motobycyclette. Peugeot Scooters merupakan merek motor premium ketiga yang didatangkan oleh Garasindo. Sebelumnya Garasindo telah menghadirkan produk-produk Zero Motorcycle dari Amerika Serikat (AS) dan Italjet dari Italia.

Mendengar rencana Peugeot yang akan hadir di Tanah Air, Piaggio hanya menangginya dengan santai. “Apa yang kami lakukan sudah benar. Kami masuk ke pasar motor matik premium lebih awal dan perkembangan pasar untuk jenis ini selalu meningkat setiap tahunnya,” jelas Marco Noto La Diega, Managing Director PT Piaggio Indonesia (PID).

Ia menjelaskan, Piaggio tidak merasa diasaingi dengan kehadiran Peugeot. Alasannya, semua produk memiliki segmentasi dan pasarnya yang berbeda-beda. “Setiap produk pasti memiliki keunggulan dan kita memiliki yang tidak dimiliki produk lain, sehingga kita tidak merasa khawatir,” ujarnya.

Ia justru mengatakan bahwa hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa strategi yang dilakukan oleh Piaggio Indonesia berhasil. Kehadiran produk yang dibawa Piaggio dapat menumbukan pasar skutik premium di Tanah Air. Seperti yang diketahui bersama, hingga saat ini pilihan skutik Piaggio di Indonesia cukup beragam, mulai dari entry level hingga segmen di atasnya.

Source: motor matik premium pegiot, spesifikasi fino FI 110cc 2014,