Honda Sonic Ternyata Sudah Dipamerkan Di Jakarta

Oleh Intan Nur Farida | 12/06/2015
Honda Sonic Ternyata Sudah Dipamerkan Di Jakarta

Motor Baru Honda Sonic, Seperti yang diketahui bersama, persaingan di segmen motor bebek terlihat semakin sengit. Sebelumnya pabrikan motor berlambang tiga garputala, Yamaha merilis Yamaha MX King 150 yang ditujukan untuk menyaingi keberadaan Suzuki Satria FU 150.

Di samping itu, Suzuki merilis ‘baby Satria’ yang diberi nama Suzuki Satria F115 Young Star dan disusul oleh Kawasaki yang meluncurkan Athlete Pro. Dan kini Honda tampkanya juga akan mengambil bagian di segmen motor underbone.

Beberapa waktu yang lalu salah satu pabrikan otomotif ternama asal Negeri Bunga Sakura ini menjadi bahan perbincangan banyak orang perihal bocoran informasi bahwa Honda tengah mengembangkan motor underbone terbarunya untuk Indonesia. Dan hal tersebut semakin diperkuat dengan kehadiran Honda Sonic pada Pameran Jakarta Fair kemayoran 2015. PT Astra Honda Motor (AHM) tampak percaya diri dengan menghadirkan Sonic 125.

Lalu apa tujuan Honda Indonesia menghadirkan motor ini? Ketika hal tersebut ditanyakan langsung kepada pihak Honda, banyak yang memilih untuk menutup informasi dan terkesan masih malu-malu untuk mengatakan sesuatu.

“Buat yang itu saya tidak tahu. Yang jelas ini motor display dari PT Astra Honda Motor (AHM),” terang Wiyarto Mulyono, Group Head of Corporate Communication PT Wahana Makmur Sejati selaku main dealer Honda di Jakarta dan Tangerang.

Honda Sonic 2015 Indonesia 2

Menurut informasi yang ada, Honda Sonic yang dipajang oleh AHM itu menggunakan mesin berkapasitas 125 cc sebagai sumber tenaganya. Yang membuatnya terlihat beda, motor ini hadir dengan sejumlah sentuhan modifikasi bergaya balap. Jika dilihat sekilas Honda Sonic 125 tersebut tampaknya mengusung konsep Thailook, sesuai dengan negara asal motor ini.

Pijakan kaki dirancang lebih mundur dengan mengandalkan part Yoshimura. Sedangkan knalpot atau saluran gas buang dibuat menjulang ke atas dengan menggunakan produk Pro Speed. Cakram motor ini juga menggunakan Yoshimura.

Salah satu sumber mengatakan, motor baru tersebut didatangkan langsung dari Negeri Gajah Putih, Thailand. “Kalo yang ini masih didatangkan dari Thailand! Tahun depan akan dijual yang 150 cc. Tapi akan buatan Indonesia. Biar Astra Honda Motor (AHM) bisa langsung mencukupi kebutuhan inden konsumen,” kata sang sumber yang tidak ingin memberitahukan namanya tersebut.

Honda Sonic bermesin 150 cc buatan AHM nantinya diperkirakan akan dibanderol dengan harga Rp 20 jutaan. Harga yang cukup terjangkau bagi pecinta sepeda motor yang menyukai kecepatan.

Honda Sonic 125 menggunakan jantung pacu CBR 125 Eropa, yakni mesin 4 tak, single cylinder, dengan liquid cooling. Berbekal mesin ini Honda Sonic 125 dapat menorehkaan kecepatan maksimum hingga 140 km/jam. Untuk suplai bahan bakarnya menggunakan karburator jenis Keihin AVK28. Alhasil tenaga yang dihasilkan lebih besar dan top speed yang dapat dicapai lebih besar meskipun displacement mesin kecil.

Dengan mesin berkapasitas 124,7 cc, Honda Sonic 125 dapat menghasilkan tenaga hingga 13,4 hp pada 10.500 rpm dengan torsi puncak sebesar 10,2 Nm pada 7.500 rpm. Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin disalurkan ke roda belakang melalui sistem perpindahan gigi 5-percepatan.

Melihat dimensinya, motor underbone berlambang sayap mengepak ini memiliki ukuran panjang 1.900 mm, dengan lebar 660 mm dan tinggi 960 mm. Jarak sumbu rodanya 1.251 mm, sedangkan ground clearance mencapai 130 mm. Berat kosong Sonic 125 ini mencaai 102,5 kg.

Motor ini dibangun dengan menggunakan rangka tipe twin tube frame. Untuk suspensi depannya, Honda Sonic 125 menggunakan model teleskopik. Sedangkan suspensi belakangnya menggunakan tipe tunggal atau monoshock. Ban depan motor ini berukuran 60/100 – 17M / C 33P dan ban belakangnya memiliki ukuran 80/90 – 17M / C 44P. Bagaimana brosis? sepertinya akan berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia nantinya, berharap lebih ciamik!

Img source: http://jackbiker.com

Source: motor sonic 2015, honda sonic terbaru 2015, harga motor honda sonic, harga honda sonic 2015, motor sonik 2015, gambar motor sonic terbaru, sonic baru, motor sonic baru, harga motor honda sonic 2015, sonic motor 2015,