Kawasaki Masih Punya 2 Motor Baru 2015 Untuk Indonesia

Oleh Dias Mahendra | 06/06/2015
Kawasaki Masih Punya 2 Motor Baru 2015 Untuk Indonesia

Motor Terbaru Kawasaki Tahun 2015, Setelah menghadirkan deretan motor trail terbarunya, rupanya Kawasaki Motor Indonesia (KMI) masih mempunyai dua motor baru lagi yang siap untuk meramaikan persaingan pasar otomotif nasional tahun ini. Seperti yang diketahui bersama, hingga saat ini agen pemegang merek Kawasaki di Tanah Air itu telah meluncurkan 8 motor barunya.

“Kami masih akan meluncurkan dua unit lagi. Sebelumnya sudah delapan, jadi total tahun ini 10 unit,” kata Michael Chandra Tanadhi, yang menjabat sebagai Deputy Head Sales and Promotion Department Kawasaki Motor Indonesia.

Hanya saja ia tidak bersedia untuk membocorkan lebih jauh mengenai dua motor baru yang akan diluncurkan itu. Ketika dikonfirmasi mengenai kemungkinan menghadirkan skuter matik bermesin besar, Kawasaki J300, ia mengungkapkan bahwa pihaknya belum memiliki rencana untuk menghadirkan model tersebut ke pasar sepeda motor Indonesia.

“Skutik, kami belum ada rencana. Masih di motor sport saja,” terangnya.

Perlu diketahui, sepanjang tahun 2015 ini Kawasaki Indonesia telah meluncurkan delapan produk baru. Beberapa di antaranya adalah Ninja H2 dan H2R, Ninja 300 dan ZX10R, serta KLX 150 Series.

Kawasaki Ninja H2 yang merupakan motor gede baru andalan Kawasaki dirilis pada akhir tahun 2014 kemarin. Motor ini memulai debut pertamanya di Milan, Italia, tepatnya pada pameran otomotif dunia, EICMA.

Tampilan motor gede ini lain daripada yang lain. Desain Kawasaki Ninja H2 kental dengan nuansa futuristik dan aerodinamis. Moge ini dirancang bersama dengan anak perusahaan Kawasaki yang bergerak di sektor industri pesawat terbang, yakni Kawasaki Aerospace Company.

Tidak hanya itu saja, moge ini dibalut dengan cat khusus yang merupakan hasil pengembangan KHI (Kawasaki Heavy Industries). Cat tersebut merupakan kombinasi antara larutan ion perak dan berbagai zat pereduksi dan juga bahan kimia lainnya. Alhasil Kawasaki Ninja H2 terlihat semakin istimewa dan mewah.

Melihat performanya, moge ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 988 cc, 4 silinder, DOHC, 4 tak, berpendingin cairan yang dipadukan dengan transmisi 6-precepatan. Mesin tersebut didukung dengan perangkat supercharged. Perangkat ini berfungsi untuk memberikan dorongan ke mesin supaya tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar. Supercharged ini memiliki beberapa komponen, seperti impeller (turbin), crankshaft, Set Up gear dan gear khusus yang dijuluki Planetary Gear.

Sekedar informasi, sebelumnya teknologi supercharged belum pernah diterapkan pada sebuah sepeda motor. Dengan demikian, Kawasaki Ninja H2 merupakan motor pertama yang menggunakan teknologi canggih tersebut.

Berbekal mesin dan perangkat supercharged tersebut, moge ini dapat menghembuskan tenaga hingga mencapai 200 hp pada 11.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 144,5 Nm pada 10.500 rpm. Motor ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,5 detik, dengan kecepatan maksimum mencapai 299 km/jam.

Sementara Kawasaki Ninja 300 yang diluncurkan pada bulan Maret kemarin hadir dengan mesin berkapasitas 296 cc, dua silinder sejajar 4-langkah, DOHC, 8 katup, berpendingin cairan. Mesin tersebut memiliki tenaga sebesar 39 PS pada 11.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 27 Nm pada 10.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan melalui transmisi 6-percepatan.

Sekilas tampilannya tak jauh berbeda dari adiknya, yakni Ninja 250. Hanya saja mesin dan harga Kawasaki Ninja 300 menjadi pembedanya. Saat pertama dirilis, motor sport ini dibanderol Rp 83,9 juta.

Sedangkan untuk Kawasaki Ninja ZX-10R hadir di Tanah Air dengan banderol harga Rp 348 juta. Moge lansiran salah satu pabrikan motor asal Jepang ini dibekali dengan mesin 4 silinder dengan kapasitas 998 cc. Kawasaki merancang motor ini khusus dengan keseimbangan antara kecepatan dan kemudahan untuk cornering.

Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut berada di kisaran 200 hp. Agar pengalaman berkendara semakin memuaskan, Kawasaki membenamkan fitur S-KTRC (Sport-Kawasaki Traction Control) dan KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System).

Source: klx terbaru 2016, modifikasi ninja motor trail 250 cc, motor kawasaki zx terbaru 2017,