Kelebihan Fitur Keselamatan Accord, Mazda 6 Dan Camry

Oleh Ayunda Devi | 09/06/2015
Kelebihan Fitur Keselamatan Accord, Mazda 6 Dan Camry

Keselamatan Mobil Accord, Mazda 6 Dan Camry, Memiliki mobil dengan sederet fitur keselamatan yang dapat menjamin keselamatan penggunanya merupakan impian dari banyak orang. Oleh karena itu produsen mobil di seluruh penjuru dunia saling berkompetisi untuk menciptakan kendaraan yang aman untuk dikendarai.

Hal ini juga dilakukan oleh salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Honda. Baru-baru ini Honda merilis model terbaru Honda Accord. Mobil sedan terbaru andalan Honda ini beda dari sebelumnya, sebab Accord telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan baru. Sebelumnya Mazda6 juga hadir menyapa masyarakat Indonesia dengan fitur keselamatan Canggih. Begitu pula dengan Toyota dengan sedan andalannya, Camry.

Ketiga mobil sedan itu saling bersaing di segmen mid-size. Lalu dari ketiga mobil tersebut, manakah yang lebih aman untuk dikendarai? Tentunya di samping tampilan mewah yang memanjakan mata.

Honda Sensing pada Accord

Honda Sensing adalah sistem canggih yang mengandalkan dua tipe sensor, yakni Monocular Camera dan Millimeter Wave Radar. Sistem ini terdiri dari beberapa fitur, di antaranya Adaptive Cruise Control (ACC) yang bekerja melalui Millimeter Wave Radar pada bagian depan kendaraan. Fiturini dapat membaca jarak kendaraan di depan dan mampu mengatur akselerasi atau deselerasi secara otomatis.

Honda Accord 2015 Indonesia

Lalu ada Collision Mitigation Braking System (CMBS) yang berfungsi memberikan peringatan secara bertahap kepada pengemudi jika sistem mendeteksi adanya potensi benturan dengan kendaraan di depan. Sistem dapat memberikan peringatan audio visual, mengencangkan seatbelt dan mengaktifkan rem secara bertahap untuk menghindari benturan.

Yang terakhir adalah Lane Keeping Assist System (LKAS). Ketika sistem ini diaktifkan pada kecepatan tertentu, sensor Monocular Camera akan membantu kendaraan agar tetap berada di dalam jalur dengan mendeteksi marka jalan. Saat sistem mendeteksi kendaraan melewati marka jalan, Lane Keeping Assist System akan memberikan peringatan suara dan menambah torsi kemudi sehingga memudahkan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan ke jalur semula.

Mazda i-Activsense pada Mazda6

i-ActivSense yang dibenamkan pada Mazda6 memiliki beberapa fitur canggih pendukung keselamatan. Salah satunya adlaah Smart City Brake Support (SCBS) System. Pada sistem ini, rem akan bekerja secara otomatis saat menghindari benturan dengan kendaraan di depan pada kecepatan rendah antara 4 km/jam sampai 30 km/jam.

Fitur selanjutnya adalah Lane Departure Warning System (LDWS). Fitur ini dapat mendeteksi marka jalan dan memberikan peringatan saat mobil berpindah jalur. Sistem tersebut akan mengeluarkan suara peringatan jika pindah jalur di kecepatan 60 km/jam tanpa mengaktifkan lampu sein.

Untuk mengoptimalkan fitur LDWS, Mazda menyertakan Lane-keep Assist System (LAS). Fitur ini akan memberikan bantuan kepada pengemudi berupa tenaga putar roda kemudi ke arah yang berlawanan saat arah mobil telah melewati jalur.

Fitur keselamatan Toyota Camry

Sebagai salah satu penghuni di segmen mid-size sedan, Toyota Camry dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan yang canggih. Di antaranya adalah fitur Emergency Brake Signal yang dapat menyalakan lampu hazard secara otomatis jika pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Sementara untuk kabinnya, Toyota Camry memiliki fitur New WIL (Wishplash Injury Lessening). Fitur ini mempunyai desain headrest yang dapat menyerap energi benturan pada leher pengemudi ketika terjadi benturan dari belakang. Headrest tersebut dapat bergerak maju guna menahan leher dan kepala saat terjadi benturan.

Di samping itu ada pula Collapsible Steering Column yang merupakan struktur batang kemudi yang dapat melipat dan patah ketika kendaraan mengalami benturan. Dengan demikian, kecelakaan yang parah akibat benturan dapat terhindarkan.

Perlu diketahui, baik Honda Accord, Mazda6 maupun Toyota Camry telah dibekali dengan fitur penunjang keselamatan lainnya. Beberapa di antaranya adalah tujuh airbags, mulai dari depan, samping sampai lutut. Selain itu juga disematkan fitur rem ABS, EBD, BA, dan kontrol traksi.

Melihat segi kelengkapan fitur keselamatan, Toyota Camry sedikit tertinggal dari kompetitornya. Lain halnya dengan Honda Accord dan Mazda6 yang telah dipersenjatai berbagai fitur keselamatan aktif.

Source: kekurangan mazda 6 2008, kelebihan dan kekurangan mazda 6, perbandingan toyota camry vs all new acord, perbandingan new camry vs accord, perbandingan mazda 6 accord dan camry 2016, Mobil all new accord vs all new camry, kelebihan mazda 6 tahun 2008, kelebihan mazda 6 2008, kelebihan dan kekurangan all new camry, review kelemahan mazda 6 2008,