Perbedaan Yamaha MT-25 Dan R25 Tidak Cuma Desain!

Oleh Ayunda Devi | 09/06/2015
Perbedaan Yamaha MT-25 Dan R25 Tidak Cuma Desain!

Perbandingan Yamaha R25 Dan MT-25, Baru-baru ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan motor sport terbarunya, Yamaha MT25. Saudara kembar Yamaha R25 dalam wujud naked ini berhasil menyita perhatian banyak kalangan, terutama pecinta otomotif di Tanah Air.

Lalu apa yang membedakan dua motor sport terbaru ini? Melihat tampilannya, sudah terlihat bahwa MT25 hadir tanpa dilengkapi dengan fairing seperti Yamaha R25. Namun rupanya ada perbedaan lain dari kedua motor ini. Dyonisius Beti, selaku Vice President PT YIMM mengatakan, Yamaha MT25 ini berbeda dengan R25 dari segi tampilan, tarikan dan manuver.

“Secara konsep, ini memang berbeda dengan R25. Kalau R25 desainnya lebih dengan fairing dan racy gimmick, tetapi ini (MT25) dia top power, raja di jalanan. Kekencangannya, manuvernya, perbedaannya di situ,” ujar Dyonisius.

Maka dari itu, Yamaha MT25 ditujukan untuk pengguna harian yang menghendaki aspek balap, akan tetapi tidak sekental bila dibandingkan dengan Yamaha R25. Di samping itu, MT25 dinilai cukup mudah untuk beradaptasi disaat menghadapi kemacetan lalu lintas.

“Ini lebih untuk sehari-hari sehingga posisi ridingnya enggak terlalu racy. Di kemacetan dan sebagainya ini enak lah. Ini merupakan top class di Indonesia untuk saat ini. Ini merupakan top class untuk kelas street bike ya,” paparnya.

Yamaha R25 2015 Indonesia

Yamaha MT25 dibekali dengan mesin yang sama seperti Yamaha R25, yakni dapur pacu injeksi berkapasitas 250cc, 2 silinder, DOHC, 8 katup dengan teknologi balap DiAsil Cylinder & Forged Piston. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 6-percepatan. Tenaga yang dapat dikeluarkan mesin itu mencapai 26,5 kW pada putaran 12.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 22,6 Nm pada putaran 10.000 rpm.

Anggota keluarga baru dari MT Series ini mengadopi lampu depan tunggal jenis Halogen H4 12v 60/55. Lain halnya dengan Yamaha R25 yang hadir dengan dua lampu. Melihat desainnya, Yamaha MT25 memiliki banyak lekukan bila dibandingkan dengan R25.

Perbedaan lain yang tampak dari kedua motor sport berlambang tiga garputala ini adalah pada stang kemudinya. Yamaha MT25 menggunakan stang kemudi yang mirip dengan milik Yamaha Byson. Stang tersebut disematkan lebih tinggi dan lebih dekat dengan pengendara. Sementara Yamaha R25 menggunakan stang model jepit, lengkap dengan tampilan racing layaknya stang motor MotoGP.

Sedangkan speedometer MT25 menampilkan beberapa informasi, seperti shift timing light, gear position, clock, analog meter, odometer, fuel trip meter, trip meter, average fuel economy, instant fuel economy, oil change indicator, oil pressure, temperature meter, neutral indicator, engine trouble warning light, dan self diagnosis.

Naked bike ini hadir dengan tank cover dan air shroud yang didesain gahar. Hal ini merupakan ciri khas dari line-up MT Series. Yamaha MT25 dirancang dengan mengadopsi rangka tipe diamond dengan optimum rigidity balance. Motor ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga tampilan keseluruhannya terlihat kompak dan ramping. Sedangkan di bagian bawah tangki bahan bakar terdapat lubang angin yang berfungi untuk mendinginkan mesin.

Untuk semakin meningkatkan segi kenyamanannya, MT25 juga dibekali dengan rubber engine mount pada rangka dan damper pada handel. Alhasil getaran dapat diminimalisir ketika dikendarai.

Dyonisius mengungkapkan, walaupun merupakan saudara kembar, ada strategi pemasaran yang berbeda antara R25 dan MT25. “Untuk MT-25 itu strateginya agak berbeda, kalau R25 untuk orang yang hobi show off kalau MT-25 ini untuk kalangan eksekutif yang mau tampil beda dari motor yang biasa dan bisa dipakai ke kantor. Segmentasinya berbeda, cara peluncurannya juga kita lakukan berbeda,” jelasnya.

Sekedar informasi, Yamaha R25 full fairing yang mengawali debut perdananya di Indonesia pada tahun 2014 ini hadir dalam dua versi. Pertama adalah non ABS (Antilock Brake System) yang dijual dengan harga Rp 53 juta dan versi ABS yang dipatok Rp 60,225 juta. Sementara Yamaha MT-25 dibanderol Rp 46 juta.

Source: mt 25 pakai stang jepit, perbedaan mt25 dengan r25, perbedaan stang byson dan mt25, perbedaan tampilan mt25 dengan r25, perbedaan tangki r25 dan mt25, perbedaan tangki yamaha r25 vs mt25, perbedaan yamaha mt25 sama r25, apakah beda knalpot racing r25 dengan mt25, stang jepit mt25, stang jepit ninja atau r25 yang lebih kuat,