Harga Motor Listrik Zero Di Indonesia Cukup Mahal, Capai Rp 359 Juta!

Oleh Intan Nur Farida | 13/06/2015
Harga Motor Listrik Zero Di Indonesia Cukup Mahal, Capai Rp 359 Juta!

Harga Motor Listrik Zero Indonesia, Motor listrik Zero akhirnya resmi dijual di Indonesia oleh PT Garasindo Technologies (GT). Agen Pemegang Merek (APM) Zero Motorcycles di Indonesia itu melego motor listriknya mulai dari Rp 180 juta hngga Rp 359 juta. Harga tersebut belum termasuk pajak.

Rieva Muchsin, Presiden Direktur PT Garasindo Technologies mengungkapkan, peluncuran Zero Motorcycle merupakan bukti keseriusan Garasindo terhadap lingkungan. Sebab motor listrik tidak menghasilkan polusi.

“Semoga dengan adanya motor listrik di Indonesia, kita bisa sedikit mengurangi polusi udara di Indonesia, khususnya di Jakarta,” jelas Rieva.

Rieva menuturkan, perawatan motor listrik sangat muda dan efisien sebab tidak membutuhkan penggantian oli maupun perawatan berkala. Tidak hanya itu saja, Garasindo memberikan garansi resmi untuk baterai dan elektriknya selama 5 tahun atau 50.000 km.

Dhani Yahya, yang menjabat sebagai Managing Director PT Garasindo Technologies mengatakan, baterai Zero SR bisa tahan setelah ditempuh lebih dari 500.000 km. Setelah mencapai 500.000 km, kapasitas baterai hanya turun sebesar 20 persen.

Zero Motorcycle 2015 Indonesia 2

“Lifecycle baterai contohnya tipe SR setelah 500.000 km, kapasitas baterai menurun 20 persen. Berbeda-beda tiap tipe,” kata Dhani.

Ia melanjutkan, dengan begitu umur baterai motor listrik Zero dinilai tahan lama. Pasalnya jarak 500.000 km merupakan jarak yang sangat panjang dan lama untuk ditempuh.

“Saya rasa cukup aman. Karena kendaraan roda dua untuk sampai 500.000 km, Anda harus tour dunia dulu mungkin,” ungkapnya.

Menurut Rieva, Zero Motorcycles mampu memberikan pengalaman berkendara yang lain berbeda dari motor lainnya. Selain itu motor tersebut juga mempunyai performa yang mengesankan. Motor ini juga dapat dikendarai hingga sejauh 300 km.

Bahkan Garasindo Technologies juga menawarkan Z-Force® Motor bagi calon pembeli yang ingin mendapatkan tanga motor listrik yang lebih maksimal. Z-Force® Motor memiliki bobot dan volume yang sama dengan mesin motor besar konvensional. Mesin tersebut dapat menghembuskan tenaga hingga 130% lebih besar dan 150% torsi yang lebih kuat.

Menariknya mesin itu tidak memerilukan pendinginan dengan menggunakan likuid ataupun udara. Hanya berbekal cooling fins, Z-Force® Motor tertutup rapat dan tidak membutuhkan perawatan berkala. Z-Force® Motor dapat membuat motor listrik Zero berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,3 detik saja.

Motor listrik ini dapat diisi ulang di rumah dengan memakai stop kontak konvensional. “Bisa di-charge di rumah dengan tegangan 220 volt. Tinggal sambungkan kabel colokan dari motor ke sumber listriknya. Dari kondisi nol hingga 100 persen membutuhkan waktu pengisian delapan jam. Kalau mau aman, pakai stabillizer 1.300 watt. Ini supaya pas listriknya turun atau mati mendadak, tetap aman,” papar Rieva.

Di Tanah Air, Garasindo Technologies menghadirkan 4 motor listrik lansiran Zero Motorcycle. Di antaranya adalah Zero SR, F, Zero S dan DS.

“Harga yang ditawarkan oleh Zero Motorcycles memiliki value for money berkat insentif khusus yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Sehingga para konsumen mendapatkan sebuah motor berperforma dan berteknologi tinggi yang setara bahkan lebih baik dengan motor besar lainnya namun dengan harga jauh di bawah motor besar konvensional,” terang Dhani.

Berikut adalah harga keempat model motor listrik Zero Motorcycle:

  • Zero Motorcycles FX ZF 2.8: Rp 180 juta
  • Zero Motorcycles FX ZF 5.7: Rp 220 juta
  • Zero Motorcycles DS ZF 9.4: Rp 249 juta
  • Zero Motorcycles DS ZF 12.5: Rp 279 juta
  • Zero Motorcycles DS ZF 12.5+power tank: Rp 329 juta
  • Zero Motorcycles S ZF 9.4: Rp 249 juta
  • Zero Motorcycles S ZF 12.5: Rp 279 juta
  • Zero Motorcycles S ZF 9.4+power tank: Rp 329 juta
  • Zero Motorcycles SR ZF 12.5: Rp 309 juta
  • Zero Motorcycles SR ZF 12.5+power tank: Rp 359 juta

Source: harga zero motorcycles indonesia,