Toyota Camry ESport Terbaru Meluncur, Lebih Garang!

Oleh Ayunda Devi | 15/06/2015
Toyota Camry ESport Terbaru Meluncur, Lebih Garang!

New Toyota Camry ESport, Seperti yang diketahui, Toyota Camry sejatinya merupakan sebuah mobil sedan yang dikemas dalam nuansa kemewahan. Akan tetapi Toyota melakukan hal menarik pada sedan andalannya ini. Kini Toyota Camry dirilis dengan tampilan yang sporty dan stylish. Mobil yang baru saja mengaspal di Negeri Gajah Putih, Thailand ini diberi nama Toyota Camry ESport 2015.

Kesan sporty dan gahar dari mobil Camry terbaru ini tidak hanya terlihat dari disematkannya body kit add-on ataupun penambahan stiker hiasan saja. Namun pabrikan mobil asal Jepang itu juga melakukan sejumlah perbaikan lain pada tampilan eksterior Camry.

Sentuhan penyegaran terlihat jelas di bagian depan. Desain grille depan dan headlamp didesain baru sehingga memperkuat nuansa agresif dari Camry ESport ini. Jika dilihat sepintas, headlap tersebut tampak mirip dengan headlamp Honda Civic FD2 atau Subaru WRX STI. Tidak hanya itu saja, untuk menunjang tampilan depan yang baru itu, lekuk tubuh Camry dibuat lebih curvy dari varian standarnya.

Perubahan juga terlihat di bagian belakang yang semakin tampil mengesankan. Toyota melakukan perpaduan antara bootlid spoiler dan twin tail pipe exhaust yang berada di bagian bawah. Sentuhan perubahan di bagian ini semakin mempertegas perbedaan antara Toyota Camry ESport dengan Camry model lainnya.

Beralih ke bagian interior, Toyota Camry ESport hadir dengan dashboard berdesain eksklusif dan mengesankan. Selain itu di bagian konsol tengah dan dinding pintu dipermanis dengan aksen silver. Toyota juga menghadirkan kesan sporty yang terlihat pada pijakan rem dan gas, serta jok dengan dua warna dan lingkar kemudi palang tiga.

Toyota Camry Esport 2015 Thailand 2

Berbicara mengenai fitur, Toyota Camry ESport memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Camry standar. Varian baru ini tetap dibekali dengan fitur cruise control, jok elektrik dengan memory seat, wireless charging dan lain-lain. Yang membedakannya, Camry ESport memiliki sunroof yang membuat sensari berkendara semakin menyenangkan.

Sebagai pembanding, Toyota Camry dipersenjatai dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 2,5 liter. Dalam keadaan standar, mesin tersebut dapat menghantarkan daya hingga sebesar 181 hp dengan torsi puncak mencapai 231 Nm.

Sementara untuk varian Camry ESport yang mengandalkan mesin yang sama dapat menghembuskan tenaga hingga 185 HP dengan torsi maksimum 235 Nm. Transmisi yang digunakan Toyota Camry ESport adalah otomatis 6-percepatan. Mesin tersebut telah mendapat sentuhan upgrade agar performanya semakin maksimal.

Di pasar Thailand, sedan mewah yang hadir lebih sporty tersebut dijual dengan harga 1.639.000 Baht atau jika dikurskan mencapai sebesar Rp 647 jutaan.

Di Indonesia sendiri, PT Toyota Astra Motor (TAM) memasarkan tiga varian Camry, antara lain New Camry 2.5G, New Camry 2.5V dan New Camry 2.5 Hybrid. TAM membanderol sedan andalannya itu mulai Rp 545,3 juta sampai dengan Rp 744,5 juta untuk varian Camry 2.5 Hybrid.

Toyota Camry memiliki panjang 4.850 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi mencapai 1.470 mm. Wheelbase mobil baru Toyota ini mencapai 2.775 mm dengan ground clearance 160 mm.

Untuk sektor pacunya, Toyota Camry dibekali dengan mesin 2AR-FE In-Line 4 silinder, 16 valve, DOHC, VVT-i berkapasitas 2.494 cc. Diameter x langkah mesin tersebut 90.0 mm x 98.0 mm. Berbekal mesin tersebut, Toyota Camry dapat menghasilkan tenaga hingga 181 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 23,3 Kgm pada 4.000 rpm.

Sementara untuk Toyota Camry hybrid mengandalkan mesin 2AR-FXE, Hybrid, in-line 4 silinder, 16 valve, DOHC, VVT-i dengan kapasitas 2.494 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga sebesar 156,6 PS pada 5.700 rpm dengan torsi maksimum 20,9 Kgm pada 4.800 rpm.

Source: