Double Cabin Daihatsu Gran Max Sedang Diuji Coba!

Oleh Dias Mahendra | 15/06/2015
Double Cabin Daihatsu Gran Max Sedang Diuji Coba!

Double Cabin Pickup Gran Max, Berita baru datang dari salah satu produsen mobil asal Negeri Samurai, Daihatsu. Belum lama ini beredar foto yang menampilkan sosok Gran Max. Namun tidak seperti Gran Max pada umumnya, mobil ini terlihat berbeda.

Mobil pickup baru yang diduga merupakan varian terbaru Gran Max dengan bodi kabin ganda ini diperoleh dari djoshe.wordpress.com yang mengatakan mendapatkan foto dari unggahan diinternet. Selain itu ia juga mengatakan bahwa mobil putih dengan pelat nomor “B’ berwarna putih itu tertangkap kamera saat sedang melintas di simpang Tugu Kartosuro, Jawa Tengah.

Sayangnya gambar tersebut hanya memperlihatkan bagian belakang Daihatsu Gran Max misterius ini. Sedangkan tampilan samping dan depannya nyaris tidak tampak. Kendati demikian, jika dicermati dari desain lampu belakangnya yang vertikal akan mengingatkan kita dengan MPV Gran Max. Tampilan belaknagnya berbeda dengan Gran Max kabin tunggal atau versi mewah Luxio yang telah diniagakan oleh Daihatsu Indonesia.

Informasi lain yang didapat dari foto tersebut adalah adanya perubahan pada bodi Gran Max. Bodi MPV Gran Max dipotong hingga tersisa tiga perempat atau ruang jok baris ketiga dihilangkan. Perubahan ini membuat bak Gran Max terlihat cukup dalam lantaran interior yang disulap menjadi ruang terbuka. Selain itu bagian belakang tempat jok baris pertama dan kedua ditutup oleh panel dan ditambahkan kaca supaya pengemudi dapat melihat keadaan di belakang.

Sekedar informasi, sekitar enam tahun lalu Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Tanah Air sempat memamerkan model konsep Gran Max pikap berkabin ganda. Mobil tersebut dihadirkan pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009.

Mobil konsep tersebut merupakan hasil modifikasi bodi MPV, dengan kapasitas menjadi 5-penumpang. Pintu gesernya tetap dipertahankan sehingga membuatnya berbeda dari mobil pikap berkabin ganda pada umumnya. Kala itu Daihatsu Indonesia mengatakan Gran Max kabin ganda tersebut ditujukan untuk menjadi kendaraan kerja bagi pebisnis bunga atau florist.

Dealer Daihatsu di Pondok Indah pernah menjual Daihatsu Gran Max pikap kabin ganda bernama Blind Van. Dari penuturan salah satu sumber, bodi baru menggunakan karoseri Delima Jaya. Delima Jaya memang telah membuat banyak versi bodi untuk Gran Max.

Astra Daihatsu Motor memasarkan MPV Gran Max dalam enam varian. Harga jualnya berkisar Rp 119,42 juta hingga Rp 153 juta. “Untuk pembuatan karoseri, seperti Blind Van, mesti saya cek lagi karena ini kan pesanan khusus. Tambah karoseri bisa sampai Rp 40 juta, belum lagi BBN dan KIR. Sepertinya, cuma kami (Daihatsu Pondok Indah) yang buat,” jelas sang sumber tersebut.

Sayangnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti apakah pikap yang tertangkap kamera di Jawa Tengah tersebut merupakan buatan dealer di sekitar lokasi tersebut ataukah hanya hasil modifikasi pecinta Daihatsu Gran Max.

Sebagai informasi, Daihatsu Gran Max pikap memiliki ukuran panjang 4.195 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi mencapai 1.850 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase-nya mencapai 2.650 mm dan ground clearance 175 mm.

Beralih ke jantung pacu, mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni K3-DE, DOHC, 4 silinder segaris, 16 katup, berpendingin air dengan kapasitas sebesar 1.298 cc. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 88 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi sebesar 11,7 Kg.m pada putaran 4.400 rpm.

Selanjutnya ada mesin 3SZ-VE, DOHC, VVT-i, berpendingin cair kapasitas 1.495 cc. Mesin tersebut dapat menghantarkan tenaga hingga sebesar 97 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 13,7 Kg.m pada 4.400 rpm.

Source: gran max double cabin, daihatsu double cabin, grand max double cabin, harga grand max double cabin, grand max 2017, modifikasi interior gran max, Gran max 2017, grandmax double cabin, gran max pick up 2017, daihatsu grand max 2017,