Nissan Juke-R Rilis Varian Nismo, Tenaga Lebih Garang!

Oleh Ayunda Devi | 16/06/2015
Nissan Juke-R Rilis Varian Nismo, Tenaga Lebih Garang!

Mobil Baru Nissan Juke-R Nismo, Mungkin masih hangat dipikiran kita sosok kendaraan Nissan Juke-R yang sempat mampir di Indonesia pada bulan April kemarin. Mobil yang sebelumnya asing ditelinga masyarakat Indonesia ini memang baru sekali mengaspal di Indonesia. Tetapi hal yang membuatnya menarik, Nissan Juke-R memiliki performa yang jauh lebih gahar dibandingkan dengan Juke standar yang dijual di Indonesia saat ini.

Mobil tersebut merupakan mobil edisi terbatas hasil racikan Nissan Inggris dengan performa yang ganas. Sirkuit Sentul menjadi saksi bisu bagaimana performa Nissan Juke-R ini. Namun bagaimana jadinya jika Juke-R model 2015 dibuat lebih gahar lagi dengan sentuhan Nismo?

Menurut kabar yang dirilis oleh Worldcarfans beberapa waktu lalu, pabrikan mobil asal Negeri Bunga Sakura itu mengumumkan bahwa pengembangan Nissan Juke-R Nismo telah selesai dilakukan. Mobil tersebut akan mulai diperkenalkan ke hadapan publik melalui perhelatan Goodwood Festival of Speed yang akan diselenggarakan pada 25 Juni mendatang. Hanya itu saja informasi resmi yang disampaikan oleh Nissan. Kendati demikian berbagai spekulasi terus bermunculan.

Melihat gambar teaser yang ada, Nissan Juke-R Nismo akan mendapatkan sejumlah perubahan di beberapa bagian. Spoiler depan dibuat lebih rendah dan air intake dirancang lebih besar. Sementara lengkungan di atas roda menjadi lebih panjang.

Kunci utama yang membuat Nissan Juke-R dapat melesat 0-100 km/jam dalam waktu 3,7 detik adalah penggunaan dapur pacu V6 berkapasitas 3,8 liter milik GT-R. Dengan mengandalkan mesin tersebut, crossover andalan Nissan ini dapat meletuskan tenaga hingga mencapai 458 hp, dan sanggup melesat hingga kecepatan 257 km/jam.

Nissan Juke-R Nismo 2015 2

Tidak hanya itu saja, bagian suspensinya diganti dengan setingan suspensi kompetisi dengan karakter keras. Di samping itu dilakukan pula pengurangan bobot dibeberapa titik dan aerodinamis yang sangat baik. Untuk sistem penggeraknya, Nissan Juke-R Nismo akan menggunakan sistem all wheel drive. Sama halnya dengan Juke-R, Juke-R Nismo akan dilengkapi dengan FIA-spec roll cage, jok bucket dan paddle shift untuk mengontrol girboks kopling ganda yan canggih.

Warna merah yang menjadi ciri khas Nismo kini tersemat di Nissan Juke-R. Kemungkinan besar Juke-R Nismo akan hadir dengan keistimewaan tersendiri. Selain itu bukan tidak mungkin Juke-R Nismo tetap dipersenjatai dengan mesin V6 3.8L.

Akan tetapi untuk setting tenaganya dibuat menyerupai GT-R Nismo yang dapat menghasilkan tenaga hingga mencapai 597 hp dengan torsi puncak 652 Nm. Meningkat signifikan dibandingkan dengan Juke-R yang hanya memiliki tenaga sebesar 478 hp. Jika hal tersebut benar, maka bisa dipastikan Nissan Juke-R Nismo tersebut dapat berlari 0-100 km/jam dengan catatan waktu yang lebih cepat dari 3,7 detik dan kecepatan maksimum atau top speed hingga mencapai 322 km/jam.

Performa dari Nissan Juke-R Nismo ini bisa diadu dengan beberapa mobil super atau supercar seperti Ferrari 458 Italia dan Lamborghini Gallardo. Hal tersebut memang unik, mengingat Juke-R adalah sosok kendaraan crossover. Sebagai tambahan, di segmen crossover, Nissan Juke standar memiliki beberapa pesaing seperti Honda HR-V, Ford EcoSport.

Dengan performa yang mengesankan, harga jual yang dipatok pada mobil terbaru tersebut akan jauh lebih mahal. Namun sayangnya hingga saat ini belum ada informasi lebih jauh apakah Nissan juke-R Nismo akan dipasarkan untuk umum atau tetap limited edition seperti halnya Juke-R. Jika melihat banderol harga Nissan Juke-R, harganya mencapai 590.000 US$ atau mencapai Rp 7,8 miliar. Diprediksi Nissan Juke-R Indonesia versi Nismo nantinya akan diniagakan dengan banderol harga Rp 10,3 miliar. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Nissan.

Source: pasar nissan juke lesu 2016,