Pilih Mobil Celerio, Brio, Etios, Sirion, Mirage, Atau March?

Oleh Ayunda Devi | 16/06/2015
Pilih Mobil Celerio, Brio, Etios, Sirion, Mirage, Atau March?

Pilihan City Car Terbaik Indonesia, Di pasar otomotif Tanah Air, setidaknya kita mengenal lima model city car, antara lain Honda Brio, Toyota Etios Valco, Mitsubishi Mirage dan Nissan March. Namun baru-baru ini segmen city car diramaikan dengan kehadiran sosok mobil baru dari Suzuki Indomobil Sales (SIS), yakni Suzuki Celerio. Menariknya, city car berlambang ‘S’ itu hadir dengan mesin berkapasitas 1,0 liter.

Bagi Anda yang sedang berniat membeli city car baru tetapi bingung mana yang tepat untuk Anda, berikut akan diulas mengenai komparasi mesin, fitur keselamatan dan harga jual dari keenam model city car tersebut:

1. Suzuki Celerio

City car ini dikembangkan di Negeri Hindustan, India. Berbekal tampilannya yang cukup menarik dan kapasitas mesin yang kecil, Celerio berhasil menarik perhatian banyak orang.

Melihat dapur pacunya, Suzuki Celerio dibekali dengan mesin K10B tiga silinder, DOHC berkapasitas 998 cc. Mesin tersebut diklaim memiliki tenaga 66 hp pada 6.000 rpm. Mesin itu disandingkan dengan dua pilihan transmisi, akni manual dan otomatis.

Melihat segi fitur-fiturnya, Celerio dilengkapi dengan 3-point ELR seatbelts pada kursi depan dan 3-poin ELR seatbelts x 2, 2-point seatbelt untuk kursi tengah. Untuk menunjang keselamatan mobil ini telah dibekali dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, serta sistem pengereman ABS. Tak lupa Suzuki menyematkan fitur immobilizer, keyless entry dan security alarm.

Suzuki Celerio 2015 Indonesia

Untuk harganya, Suzuki Celerio bertransmisi manual dipatok seharga Rp 146 juta. Sementara untuk versi transmisi CVT dibanderol Rp 158 juta. Seluruh harga berstatus on the road Jabodetabek.

2. Honda Brio 1,2 S AT

City car lansiran Honda ini mengusung mesin 1,2 liter, SOHC, 4 silinder, 16 katup. Honda mengklaim mobil tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 86 hp pada 6.000 rpm dan torsi 109 Nm pada 4.500 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmsi CVT.

Melihat dimensinya, Honda Brio memiliki panjang 3.610, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Mobil ini telah dilengkapi dengan SRS Airbag dan i-SRS airbag, 3-points ELR seatbelts x 2 di depan, 3-points ELR x2 dan 2-point ELR x 1 di belakang. Selain itu disematkan pula rem ABS dan EBD pada Brio AT ini.

Sama halnya dengan Celerio, Honda Brio 1,2 S AT mengusung fitur immobilizer, keyless entry dan security alarm system. Honda Indonesia memasarkan mobil ini dengan harga Rp Rp 154 juta.

3. Toyota Etios Valco

Mobil andalan Toyota Astra Motor (TAM) ini mengandalkan mesin 1,2 liter, 4 silinder, 16 katup, DOHC sebagai sumber tenaganya. Mesin berseri 3 NR-FE ini memiliki daya sebesar 78 hp pada 5.600 rpm dengan torsi 103 Nm pada 3.100 rpm.

Jika ingin mendapatkan mobil ini dengan fitur keselamatan yang melimpah, maka Etios Valco tipe G bisa menjadi pilihannya. Toyota membekalinya dengan fitur SRS airbag pada pengemudi dan penumpang, points ELR seatbelts x 2 di depan, 3-points ELR x2 dan 2-point ELR x 1 di belakang dan ada pula rem ABS + EBD.

TAM memasarkan etios Valco tipe G dengan harga Rp 171,1 juta.

4. Daihatsu Sirion

City car yang baru saja mendapat penyegaran ini mengusung mesin K3-VE, DOHC, VVT-i berkapasitas 1,2 liter, 4 silinder. Berkat mesin tersebut Sirion dapat memberikan tenaga sebesar 88 hp dan torsi puncak 116 Nm pada 4.400 rpm.

Untuk fitur keselamatannya, Daihatsu Sirion dibekali dual SRS airbag, seatbelt depan dengan pretensioner dan force limiter. Selain itu ada pula fitur immobilizer dengan alrm, kursi ISOFX, 3 points rear seatbelt, brake pedal assist dan collapsible steering column.

Astra Daihatsu Motor (ADM) menjual Sirion dengan harga Rp 166,825 juta untuk transmisi otomatis dan Rp 155,825 juta untuk transmisi Manual.

5. Mitsubishi Mirage Exceed

Mobil ini dibekali dengan mesin 1,2 liter, 12 katup, 3 silinder, DOHC. Tenaga mesin tersebut mencaai 75 hp pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil lima penumpang ini memiliki 2 airbags, dan telah dibekali ABS + EBD. Selain itu hadir juga fitur keyless operating system, tombol start/stop dan immobilizer. Mobil ini dijual seharga Rp 177 juta.

6. Nissan March 1,2 XS AT

Untuk varian ini, Nissan March mengusung mesin HR12DE 1,2 liter. Mesin tersebut memiliki tenaga 74 hp pada 6.000 rpm dan torsi 103 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil ini memiliki beberapa fitur keselamatan seperti dual airbags, 3-points ELR seatbelts x 2 di depan, 3-points ELR x2 dan 2-point ELR x 1 di belakang. Selain itu ada pula fitur security alarm with shock sensor dan keyless entry. Nissan March 1,2 XS AT dipatok seharga Rp 171,85 juta.

Source: perbandingan city car, perbandingan mobil city car, perbandingan city car terbaik, perbandingan city car 2015, komparasi city car, etios vs sirion, brio vs srion vs etios, daihatsu sirion vs toyota etios valco, pilih daihatsu sirion atau toyota etios valco, perbandingan citycar,