Yamaha Byson Dan Yamaha Vega RR Sudah Pakai Mesin Injeksi

Oleh Dias Mahendra | 17/06/2015
Yamaha Byson Dan Yamaha Vega RR Sudah Pakai Mesin Injeksi

Yamaha Byson Dan Yamaha Vega RR Injeksi, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membawa kabar baik untuk anda, khususnya pecinta motor Yamaha. Di awal bulan Ramadhan tahun ini, tepatnya pada Kamis 18 Juni 2015, Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Tanah Air itu akan meluncurkan motor barunya. Motor tersebut akan dirilis di salah satu restoran di Ancol. Lalu yang menjadi pertanyaan, motor baru apa yang akan dihadirkan oleh Yamaha Indonesia?

Yang pasti momen tersebut akan digunakan oleh YIMM untuk menerapkan teknologi injeksi di seluruh motor terbaru Yamaha. Hal ini dilakukan untuk mencapai standarisasi Euro 3 yang mulai berlaku di Indonesia pada bulan Agustus 2015 mendatang. “Yang belum injeksi akan diinjeksikan sebelum Agustus,” ungkap M. Masykur, Assistant General Manager Marketing PT YIMM.

Dengan demikian, hanya ada dua kemungkinan yang muncul, yakni Yamaha Byson dan Yamaha Vega RR. Kedua motor tersebut hingga saat ini memang masih mengandalkan sistem karburator.

Untuk motor sport Byson bersistem injeksi telah meluncur di Negeri Hindustan, India. Di sana motor tersebut memiliki julukan lain, yakni Yamaha FZ-S FI. Garis bodi dibuat tetap gagah khas line-up FZ, namun kini lebih meruncing.

Melihat dimensinya, Yamaha FZ-S FI memiliki panjang 1.990 mm, dengan lebar sebesar 770 mm dan tinggi mencapai 1.050 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya 1.330 mm dan ground clearance mencapai 160 mm. Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 12 liter.

Yamaha Vega RR 2015 Indonesia

Motor yang mengawali debut perdananya di India pada tahun 2008 itu dijual dengan harga Rp 15 jutaan. Yamaha Byson versi India ditawarkan dalam dua varian, yakni FZ V2.- FI yang dipasarkan seharga 76.350 rupee atau setara Rp 15 jutaan dan FZ-S yang dipatok dengan harga 78.250 rupee atau mencapai Rp 15,5 juta.

Hal yang menarik, kapasitas mesin FZ-S FI justru turun dari 153 cc menjadi 149 cc. Sementara bore x stroke mesin tersebut 57,3 x 57,0 mm. Akan tetapi untuk segi performa dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih maksimal berkat diadopsinya teknologi Blue Core.

Mesin tersebut memiliki tenaga sebesar 13,1 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 12,8 Nm pada putaran 6.000 rpm. Tenag ayang dihasilkan mesin disalurkan ke roda belakang melalui tranmisi constant mesh 5-percepatan.

Yamaha FZ-S Fuel Injection ini telah mendapat sejumlah penyegaran. Perubahan terlihat di bagian depan, seperti headlight berdesain baru, tail light, tangki yang lebih kekar, new tail section dan dudukan pelat nomor baru. Dudukan pelat nomor juga dibuat baru, sementara desain knalpot dirancang lebih segar.

Motor ini menggunakan rangka tipe diamond yang dipadukan dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang monocross. Untuk sistem pengeremannya, Yamaha FZ-S FI mengusung model disc di bagian depan dan drum di bagian belakang. Motor sport ini menggunakan ban depan berukuran 100/80-17M/C (52P)NYLOGRIP ZAPPER-FX1 dan ban belakang dengan ukuran 140/60-R17M/C (63P)revz-Y.

Sementara untuk Yamaha Vega RR yang dipasarkan saat ini di Indonesia memiliki dimensi panjang 1.930 mm, lebar 660 mm dan tinggi 1.055 mm. Jarak sumbu rodanya 1.235 mm, sementara jarak terendah ke tanah 126 mm. Tangki bahan bakar Vega RR berkapasitas 4,2 liter.

Yamaha Vega RR dipersenjatai dengan jantung mekanis 4 langkah, 2 valve SOHC, silinder tunggal, berpendingin udara yang memiliki kapasitas sebesar 114 cc. Bore x langkah mesin ini 50,0 x 57,9 mm. Berbekal mesin tersebut Vega RR dapat menghasilkan tenaga sebesar 8,16 PS pada putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak sebesar 8,3 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Lalu manakah yang akan meluncur lebih dahulu? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari YIMM.

Source: vega rr injeksi, modifikasi vega rr, apakah vega rr sudah injeksi, vegarr modif, vega rr modif, vega rr 2015 sudah injeksi belum ?, modif yamaha vega rr, knalpot motor byson standarisasi, cc vega rr, yamaha vega rr,