Harga Mobil Kia Rio Terbaru Di Indonesia

Oleh Ayunda Devi | 17/06/2015
Harga Mobil Kia Rio Terbaru Di Indonesia

Harga Mobil Kia Rio Baru, Beberapa waktu yang lalu produsen mobil baru asal Negeri Gingseng, Kia mengadakan soft launching Rio terbaru untuk kalangan terbatas. Selepas acara tersebut, informasi mengenai Kia Rio facelift terus bermunculan. Kali ini informasi yang beredar adalah harga jualnya. Walaupun belum resmi dipasarkan di Tanah Air, namun Rio terbaru sudah bisa dipesan di dealer-dealer resmi Kia.

Membahas sekilas tentang tampilannya, Kia Rio terbaru akan hadir dengan tampilan interior yang hampir mirip dengan model pendahulunya. Mobil ini dibuat lebih gagah, hasil dari rekonfigurasi bingkai lampu kabut. Sedangkan bagian bumper belakang didesain lebih sporty dengan acuan desain Pro Cee’d.

Hatchback andalan Kia ini akan ditawarkan dalam tiga varian, yakni manual, matik dan Platinum. Menurut penjelasan yang disampaikan oleh salah satu kepala cabang dealer Kia di sekitar Jakarta, tipe manual dan matik dibanderol dengan harga yang lebih mahal Rp 3 juta dari model sebelumnya.

“Harga VIN 2015 Rio manual Rp 209 juta dan matik Rp 223 juta,” jelasnya.

Kia Rio 2015 Indonesia 2

Sementara tipe Platinum yang diposisikan sebagai varian termewah dan terlengkap pastinya memiliki harga jual yang lebih tinggi. Varian tersebut akan dipasarkan seharga Rp 241 juta. Rio Platinum dipatok lebih tinggi Rp 18 juta dibandingkan dengan varian matik. Kendati demikian Kia menyematkan beberapa perlengkapan tambahan, seperti daytime running light (DRL), tombol start/stop, dua airbag untuk pengemudi dan penumpang ganda, dan pelek berukuran 17 inci.

Namun untuk saat ini unit yang tersedia di dealer-dealer kia hanya varian manual dan matik, sementara untuk tipe Platinum belum dapat dipesan. Kia Rio Platinum akan diperkenalkan bersama dengan peluncuran resmi New Rio yang diperkirakan akan dilakukan di bulan puasa.

Menurut Ridjal Mulyadi, selau General Manager marketing Kia Mobil Indonesia penambahan nama Platinum pada Kia Rio akan digunakan untuk varian terlengkap. Metode tersebut sama seperti yang digunakan pada city car Picanto dan model crossover Kia Sportage.

Untuk pasar global, New Kia Rio hadir dalam dua pilihan warna, yakni digital yellow dan urban blue. Namun Ridjal mengungkapkan, Kia Rio untuk Indonesia hanya ditawarkan dalam warna urban blue saja, digital yellow tidak disertakan. Kini Kia Indonesia sedang menunggu finishing produksi tipe Platium. Jika telah selesai akan segera didistribusikan ke dealer-dealer resmi.

Sebagai gambaran, Spesifikasi mobil Kia Rio memiliki dimensi panjang 4.045 mm, dengan lebar 1.720 mm dan tinggi 1.455 mm. Wheelbase-nya mencapai 2.570 mm, sedangkan ground clearance 140 mm.

Untuk mempermudah pengemudi saat berkendara, mobil ini dibekali dengan teknologi MDPS (Motor Driven Power Steering) pada power steering-nya. Selain itu Noise, Vibration dan Harshness (NVH) Kia Rio juga cukup rendah sehingga semakin memanjakan penggunanya selama perjalanan. Agar tidak merasa jenuh, Kia Rio juga dibekali dengan fitur hiburan seperti Audio Double Din yang dapat memutar musik MP3, CD, Bluetoothe, USB, ataupun konektor AUX yang dikombinasikan dengan 4 speaker utama.

Selain itu terdapat glove box cooling di sisi kursi untuk mengakomodasi keinginan pemilik untuk membuat minuman dingin. Sedangkan untuk fitur keselamatannya, Kia Rio model lama dilengkapi dengan single airbag pada kemudi, Antilock Brake System (ABS) dan sensor mundur.

Beralih ke bagian dapur pacunya, hatchback andalan Kia ini dibekali dengan mesin Gamma CCVT DOHC berkapasitas 1.396 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 107 PS pada 6.300 rpm dengan torsi puncak sebesar 13,8 Kg.m pada 4.200 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Source: kia rio manual indonesia 2016,