Motor Terbaru 2015 Honda Sonic 150 Rilis Usai Lebaran

Oleh Ayunda Devi | 19/06/2015
Motor Terbaru 2015 Honda Sonic 150 Rilis Usai Lebaran

Motor Underbone Honda Sonic 150, Kabar mengenai rencana Astra Honda Motor (AHM) untuk meluncurkan motor bebek model ayam jago kembali berhembus. Menurut isu yang beredar, saat ini motor baru tersebut sudah mulai memasuki proses pra produksi. Dengan kata lain, motor terbaru ini akan meluncur tidak lama lagi.

Selain itu, motor yang dikabarkan tetap mengusung nama Honda Sonic ini akan memulai debut perdananya usai lebaran. “Sebelum Ramadhan kita cuma rilis big bike, setelah lebaran baru bebek 150cc-nya,” kata seorang sumber dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Informasi lain yang berhasil didapat, motor tersebut akan menggunakan basis yang sama dengan Honda CBR150R dan CB150R. Hal tersebut juga dilakukan oleh pabrikan motor berlambang tiga garputala, Yamaha pada MX King. Motor bebek bermesin 150 cc itu mengadopsi dari model sport YZF-R15 dan New V-Ixion.

Jika resmi dirilis nanti, motor bebek Honda ini tidak hanya bersaing langsung dengan motor bebek Yamaha MX King saja, namun juga akan dihadang oleh Suzuki Satria F150 yang lebih dahulu berkiprah di Tanah Air dengan suspensi depan panjang atau ayam jago.

Bila diperhatikan, Satria F150 dan Honda Sonic 150 memiliki kesamaan, yakni sama-sama mengandalkan konstruksi kepala silinder DOHC 4 klep. Akan tetapi motor berlambang sayap mengepak itu lebih unggul karena telah menggunakan radiator. Sementara Suzuki Satria F150 masih mengandalkan oil cooler.

Honda Sonic 150 2015 Indonesia 2

Update : Spesifikasi dan Harga Honda Sonic 150R

Dari gambar-gambar yang beredar luas di dunia maya, Honda Sonic memiliki desain yang menarik dengan tarikan garis body yang tajam. Di samping itu, suspensi belakang motor ini mengadopsi model monoshock. Tampilannya semakin mengesankan dengan diusungnya pelek desain palang 10 yang tampak sporty. Pelek tersebut terlihat mirip dengan milik Honda CBR1000RR.

Perlu diketahui, mesin 150 cc yang dibenamkan pada Honda CBR150R dapat menghasilkan tenaga sampai 13,11 kW atau 17,8 PS pada putaran 10.500 rpm dengan torsi puncak sebesar 12,66 Nm (1,29 kgf.m) pada putaran 8.500 rpm. Mesin tersebut dapat membuat CBR150R melesat 0-200 meter dalam catatan waktu 10,6 detik dan kecepatan maksimum mencapai 122 km/jam.

Sedangkan Satria F150 yang selama ini merajai penjualan motor bebek bermesin 150 cc memiliki tenaga sebesar 16 PS pada putaran 9.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 12,7 kgm pada 8.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi enam percepatan.

Kabar mengenai rencana Honda Indonesia untuk meluncurkan motor bebek ayam jago rupanya mendapat tanggapan dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek Yamaha di Tanah Air. Mohammad Masykur, selaku Asisten GM Marketing YIMM mengatakan bahwa pihaknya belum tertarik untuk menghadirkan motor di segmen motor ayam jago.

“Enggak apa-apa kalau itu (Honda Sonic) mau muncul. Tapi yang jelas kami belum tertarik memproduksi sepeda motor model seperti itu,” terang Masykur.

Dalam hal ini, YIMM memiliki alasan tersendiri mengapa pihaknya belum tertarik untuk terjun di segmen tersebut. Masykur menjelaskan, sebelumnya YIMM pernah merilis Yamaha Champ di Indonesia pada tahun 1990-an. Namun penjualan motor tersebut kurang memuaskan dan pada akhirnya diputuskan untuk tidak diproduksi lagi.

“Kami dahulu juga sudah pernah merilis sepeda motor model ayam jago, yakni Yamaha Champ di tahun 1990-an. Pasar stagnan dan tidak berkembang,” ujarnya.

Selain itu, Menurut Masykur segmen sepeda motor ayam jago kurang efektif untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Lain halnay dengan motor bebek atau skuter matik yang banyak dipilih oleh konsumen.

“Saat ini Suzuki juga bermain di sana dan kami melihat pasarnya juga enggak banyak. Jadi kami memang belum ada rencana membuat motor ayam jago,” papar Masykur.

Img source: http://paperiders.wordpress.com

Source: honda sonic 150R, sonic 150r, motor sonic, Motor sonic terbaru, motor sonik, sonic 150 r, all new cb150r, gambar sepeda motor honda sonic, gambar motor honda sonic, honda sonic 150 r,