Mobil Honda Brio Versi SUV Siap Mengaspal Di Indonesia

Oleh Intan Nur Farida | 19/06/2015
Mobil Honda Brio Versi SUV Siap Mengaspal Di Indonesia

Mobil Honda Brio SUV Terbaru, Beberapa waktu lalu tersiar kabar bahwa salah satu produsen otomotif ternama asal Negeri Bunga Sakura, Honda tengah mempersiapkan mobil baru. Mobil tersebut adalah Honda Brio yang hadir dalam wujud SUV (Sport Utility Vehicle).

Dan menurut kabar yang hangat dibicarakan baru-baru ini, pendatang baru di segmen mobil berdimensi besar ini akan dipasarkan di India dan Indonesia pada tahun 2016 mendatang. Informasi tersebut rupanya bukanlah sebatas kabar burung belaka.

Menurut kabar yang dilansir dari salah satu situs otomotif India, Rushlane, Rabu (17/06/2015), membenarkan bahwa pasar yang dituju adalah Indonesia dan India. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi para pecinta otomotif, khususnya penggemar SUV di Tanah Air. Honda Brio SUV dikabarkan akan mengawali debut perdananya pada ajang Auto Expo yang diadakan Februari 2016 di India.

Baca Juga : Bocoran Mobil Terbaru Honda WR-V 2017

Di samping itu, kabar lain mengatakan bahwa Honda Brio versi SUV ini akan menggunakan desain yang serupa dengan Honda Vision XS-1 COncept crossover. Mobil baru Honda tersebut sempat diperkenalkan di perhelatan akbar Delhi Auto Expo yang diselenggarakan tahun 2014 kemarin. Bila kabar tersebut memang terbukti benar, maka tidak menutup kemungkinan SUV terbaru Honda itu akan hadir dengan desain yang unik hasil perpaduan dua mobil tersebut.

Honda Brio SUV 2016 2

Di Negeri Hindustan, Honda Brio SUV memiliki kode nama 2SJ. Mobil tersebut akan menantang SUV yang telah lebih dahulu menghiasi ranah otomotif di India, yakni Renault Duster. Selain itu Brio SUV juga akan menghadapi persaingan dari Hyundai Creta yang baru akan dirilis dalam waktu dekat.

Tidak sampai di situ saja, selain hadir sebagai pendatang baru di pasar SUV, mobil baru lansiran Honda itu juga akan tampil lebih eksklusif dengan deretan kelebihan sebuah kendaraan SUV. Berdasarkan informasi yang berkembang beberapa waktu lalu, diperkirakan harga jual Honda Brio SUV akan lebih tinggi dibandingkan dengan model MPV (Multi Purpose Vehicle) Honda Mobilio.

Dengan demikian, jika dipasarkan di Tanah Air mobil tersebut akan berada di antara Honda Mobilio dan Freed. Saat ini Honda Mobilio diniagakan dengan harga mulai dari Rp 171,5 juta. Sedangkan Honda Freed dibanderol mulai Rp 227,5 juta. Kedua harga tersebut berstatus on the road Jakarta. Diperikirakan Honda Brio akan dijual seharga 8,5 lakh atau sekitar Rp 190 jutaan.

Honda Brio SUV diklaim memiliki kelebihan dengan hadirnya kursi tiga baris yang dapat digunakan untuk memuat tujuh penumpang. Sementara untuk sektor dapur pacunya mobil ini akan mengandalkan mesin berkapasitas 1,5 liter. Walaupun mengusung platform Brio, Honda akan melakukan sejumlah perubahan agar terlihat berbeda.

Salah satunya terdapat pada diameter roda yang dibuat lebih besar. Selain itu ground clearance atau jarak bebas ke tanah Brio SUV juga disesuaikan dengan postur kendaraan SUV. Tak lupa disematkan pula aksesori penunjang seperti over fender.

Di Indonesia, Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda telah memiliki satu mobil berjenis crossover. Mobil tersebut adalah Honda HR-V. Mobil ini pertama kali muncul di hadapan publik melalui Tokyo Motor Show (TMS) yang diselenggarakan November 2013 silam. Mobil ini hadir dengan tampilan yang modern dan sporty.

Honda HR-V ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni mesin berkapasitas 1.5 L dan 1.8 L untuk tipe tertinggi, Prestige. Mesin berkapasitas 1.497 cc, SOHC, 16 valve, i-VTEC mempunyai daya sebesar 120 PS pada 5.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm. Sedangkan untuk mesin 1.799 cc dapat menghembuskan tenaga 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm.

Source: mobil honda terbaru 2016 indonesia, mobil baru 2016 di indonesia, mobil honda terbaru 2016 di indonesia, mobil 2016 terbaru, mobil honda baru, brio suv 2017, info mobil terbaru honda 2017, honda brio suv 2017, honda brio baru 2017, model baru mobil honda 2017,