Honda S660 Punya Versi Mugen, Tenaga Lebih Besar!

Oleh Dendy Santoso | 23/06/2015
Honda S660 Punya Versi Mugen, Tenaga Lebih Besar!

Mobil Honda S660 Indonesia, Produsen mobil asal Negeri Bunga Sakura, Honda belum lama ini mengumumkan bahwa pihaknya akan menghadirkan kei car andalannya, Honda S660. Mobil ini merupakan kendaraan jenis roadster yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Rencananya Honda akan menghadirkan kembali S660 dalam wujud penyegaran yang dibuat lebih kental dengan karakter sport.

Honda dikabarkan sudah bekerja sama dengan tuner ternamanya, Mugen. Pada pengembangannya, beberapa peranti opsional telah dipersiakan oleh Mugen untuk mengubah tampilan standar pabrikan dari Honda S660. Sentuhan ubahan yang dilakukan Mugen pada mobil tersebut terdapat di bagian body kit dengan karakter yang lebih agresif. Bagian bumper, side skirt dan sayap belakang dibuat mengesankan guna memikat hati siapapun yang memandangnya.

Secara keseluruhan tampilan eksteriornya lebih tajam, khususnya pada bagian bumper depan dan front spoiler dengan gaya robotic. Di samping itu, sisi fascia Honda S660 ini juga tampil memikat dengan fender baru dan ornamen ventilasi pada engine hood.

Yang membedakan S660 standar dengan versi Mugen ada pada grille depan. S660 versi Mugen tampil gahar dengan balutan warna hitam. Bagian sampingnya, terdapat side sill yang lebih panjang hingga hapir menyentuh bagian belakang. Selain itu sektor kaki-kaki juga mendapat ubahan dengan mengusung alloy wheel gunmetal looks yang memiliki dimensi 16-17 inci yang tampil sporty.

Honda S660 Mugen 2016 2

Di bagian belakang, Honda S660 Mugen ini dipermanis dengan spoiler belakang berbahan serat karbon yang ringan dan menambah sisi aerodinamika. Diffuser dan beberapa ornamen body kit di bagian bumper hingga taillight dibalut dengan warna gelap sehingga semakin mendongkrak kesan garang dari mobil ini. Sementara di bagian atapnya kini memakai model hardtop roof.

Perubahan tidak hanya dilakukan di bagian eksterior saja, namun juga meliputi sisi interior. Di antaranya penambahan aksesoris seperti karpet Mugen, cover spion carbon, tuas transmisi carbon dan emblem Mugen di beberapa titik.

Tak lupa peningkatan di sektor performa turut dilakukan sehingga tenaga barunya meningkat hingga 60 persen. Hal tersebut didapat setelah mesin tiga silinder tersebut mendapat ubahan remaping ECU. Alhasil tenaga Honda S660 naik menjadi 100 HP. Rencananya Honda akan meluncurkan S660 versi Mugen ini pada pertengahan tahun 2016 mendatang.

Berdasarkan kabar yang dimuat oleh Motoring, setelah resmi dirilis beberapa bulan lalu di pasar domestik Jepang, Honda S660 kabarnya juga akan diniagakan di Australia. Mobil terbaru 2015 ini akan dijual di Negeri Kanguru itu pada tahun 2016. Akan tetapi terdapat perbedaan spesifikasi mesin antara S660 untuk Jepang dan untuk ekspor.

Kapasitas mesin mobil tersebut diganti menjadi 1.0 liter, sementara nama yang dipakai adalah HOnda S1000. Meskipun kapasitas mesin cukup kecil, Honda telah membekalinya dengan perangkat turbo sebagai suplai tenaga instan mesin.

Honda S660 yang dipasarkan di Jepang saat ini memiliki dimensi yang bongsor dan mungil, yakni dengan pajang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi mencapai 1.180 mm. Sementara untuk jantung mekanisnya, kei car ini mengandalkan mesin berkapasitas 660 cc, 3 silinder yang memiliki tenaga sebesar 64 dk dengan torsi maksimum sebesar 104 Nm.

Honda menawarkan dua pilihan transmisi yang bisa dipilih oleh konsumen, yakni enam percepatan dan CVT 7-percepatan yang dapat diaktifkan melalui mode Sport pada tuas transmisi dan Paddle Shift di balik kemudi.

Untuk fitur keselamatannya, spesifikasi Honda S660 dilengkapi dengan fitur SRS airbags, City Brake Active System, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Source: honda jazz 2016, honda crv versi mugen 2016, mobil honda mugen, modifikasi honda jazz mugen 2016,