Bocoran Tanggal Rilis All New Xenia 2015 Indonesia

Oleh Yogi Kurniawan | 24/06/2015
Bocoran Tanggal Rilis All New Xenia 2015 Indonesia

Tanggal Rilis Daihatsu Xenia Terbaru 2015, Tampaknya dalam waktu dekat segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) di Tanah Air akan kembali memanas. Pasalnya, selain Toyota yang berencana untuk menghadirkan Avanza facelift, Daihatsu juga melakukan hal serupa untuk mobil keluarga andalannya, Xenia.

Astra Daihatsu Motor (ADM) kabarnya akan meluncurkan model terbaru dari Xenia pada 12 Agustus mendatang. Sama halnya dengan saudara kembarnya, Avanza, Daihatsu Xenia juga akan hadir dengan sejumlah perubahan baik di segi eksterior, interior maupun mesin.

Rencananya diluncurkan pada 12 Agustus, itu kalau tidak ada halangan dan perubahan. Peluncurannya berbarengan dengan saudaranya (Avanza). Tapi, selisihnya berapa jam, itu masih belum final. Tapi lebih dahulu saudaranya,” ungkap salah seorang pejabat ADM beberapa waktu lalu.

Sang sumber menerangkan, ubahan pada Xenia terbaru tidak akan berbeda dengan Toyota Avanza. Hal ini dilakukan untuk meneruskan konsep mobil kembar yang sama-sama dianut oleh Toyota dan Daihatsu selama ini.

Daihatsu Xenia 2015 Indonesia 2

Menurutnya, tampilan interior dan eksterior diubah dengan mempertimbangkan dinamika pasar, yaitu dengan melihat apa yang telah dilakukan oleh para kompetitornya. Ia melanjutkan, Daihatsu Xenia terbaru nantinya akan dibekali dengan beberapa fitur baru, seperti dual airbag, Pretension with Load Limiter dan sistem pengereman ABS (Antilock Brake System) untuk tipe tertinggi.

“Penjualan Daihatsu Xenia masih tinggi bagi Daihatsu, sementara low MPV dari kompetitor juga terus berdatangan. Karena itu, kami juga terus melakukan perubahan dan penyempurnaan fitur baik keamanan dan kenyamanan,” jelas sumber tersebut.

Untuk sektor performanya, Daihatsu Xenia terbaru akan mengandalkan mesin baru berteknologi Dual Variable Valve Timing with Intelligence (Dual VVT-i). Dengan teknologi tersebut, tenaga yang dihasilkan akan menjadi lebih besar.

“Dengan teknologi ini tenaganya lebih besar. Tapi berapa selisihnya, maaf saya tidak hafal,” ujar sang sumber.

Sama seperti model yang dipasarkan saat ini, Daihatsu Xenia model terbaru akan tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni 1.000 cc dan 1.300 cc. Perlu diketahui, mesin 1.000 cc memiliki daya sebesar 63 dk, sedangkan mesin berkapasitas 1.300 cc mempunyai tenaga 92 dk.

Walaupun tenaga yang dihasilkan lebih besar, namun mesin baru tersebut diklaim lebih hemat bahan bakar. Hal tersebut dicapai berkat teknologi baru yang disematkan. Sehingga kinerja injektor bahan bakar menjadi lebih akurat dalam menyemburkan kabut bahan bakar ke ruang bakar mesin.

“Mesin ini, termasuk yang digunakan Avanza, dibuat oleh Daihatsu Motor di pabrik Cikarang. Ini kan seperti model-model sebelumnya. Hanya, kalau Avanza kan berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc,” terang sumber itu.

Meskipun menggunakan mesin berteknologi yang sama dan diproduksi oleh pabrik yang sama, harga Daihatsu Xenia akan lebih murah dari Avanza.

“Cara memandangnya bukan seperti itu, tetapi Xenia dibuat untuk segmentasi yang berbeda. Karena ini kan mobil kembar dan dibuat dan dipasarkan oleh dua pabrikan besar yang bersaudara, lha kalau saling kanibal kan enggak lucu. Kualitas sama, kalau pun beda itu di fitur tambahan,” kata sang sumber.

Namun sayangnya ia masih menutup informasi rapat-rapat mengenai selisih harga jual antara Daihatsu Xenia terbaru dengan model sebelumnya. Ia hanya memberikan sedikit gambaran bahwa harga jual Xenia terbaru tersebut akan lebih mahal Rp 10 juta dibandingkan dengan Xenia yang dipasarkan saat ini.

Hadirnya Daihatsu Xenia terbaru bisa menjadi pilihan menarik bagi keluarga Indonesia, khususnya pecinta MPV Daihatsu. Terutama dengan adanya tampilan dan mesin baru, Xenia terbaru ini layak untuk dinanti.

Source: daihatsu xenia 2017,