Small SUV Chevrolet Trax Indonesia, Pesaing Baru HR-V

Oleh Intan Nur Farida | 24/06/2015
Small SUV Chevrolet Trax Indonesia, Pesaing Baru HR-V

Chevrolet Trax Terbaru Indonesia, Pasar otomotif nasional akan kembali kedatangan mobil baru. Kali ini mobil tersebut datang dari General Motors (GM) Indonesia yang berencana akan menghadirkan produk baru Chevrolet untuk mengisi segmen SUV-B.

“Chevrolet akan meluncurkan varian baru di segmen SUV (Sport Utility Vehicle) B Segmen. Lihat saja nanti,” ujar Meilita Iskandar, yang menjabat sebagai Direktur Marketing PT GM Indonesia.

Mobil tersebut akan diluncurkan di salah satu pameran otomotif besar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang pada bulan Agustus 2015 mendatang.

Menurut informasi yang didapat saat acara buka puasa bersama GM Indonesia di Jakarta, Senin (22/06/2015), prediksi mobil yang akan diluncurkan mengerucut pada model yang dipasarkan di Negeri Gingseng, Korea Selatan.

Jika melihat situs resmi Chevrolet Korea Selatan, maka tidak menutup GM Indonesia akan mengimpor mini crossover Trax. Mobil ini merupakan satu-satunya model SUV selain Captiva yang diniagakan di Korea Selatan. Akan tetapi pihak GM Indonesia lebih memilih untuk diam mengenai prediksi tersebut. Bahkan Meilita  juga tidak bersedia memberikan banyak informasi.

Chevrolet Trax 2015 Indonesia 2

“Segmen itu akan berkembang sesuai tren, memang saat ini MPV-B (low MPV) termasuk top segmen, tapi SUV-B dan SUV-C sedang berkembang juga. Kita akan luncurkan produk SUV-B, tunggu saja saat kita unveiling di pameran,” kata Meilita.

Kendati demikian ada salah satu sumber internal GM Indonesia yang berbaik hati memberikan informasi terkait hal tersebut. Ia mengatakan bahwa Chevrolet Trax Indonesia akan menjadi penyelamat untuk perusahaan. crossover ini akan membantu General Motors Indonesia untuk bangkit dari turunnya performa salah satu penopang penjualan Chevrolet, yakni Spin. Sekedar mengingat, produksi Chevrolet SPin di pabrik Bekasi akan berhenti pada akhir bulan Juni ini.

Di Tanah Air, Chevrolet Trax akan menghadapi persaingan dari Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Ford EcoSport dan Nissan Juke. Menurut data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), wholesales sepanjang Januari-Mei 2015 di segmen low SUV terlihat mengalami perkembangan meski kondisi pasar tengah lesu. Penjualannya mencapai 33.094 unit, naik signifikan dari periode yang sama tahun lalu di mana penjualannya hanya mencapai 23.425 unit.

Kembali ke spesifikasi Chevrolet Trax, crossover ini memiliki dimensi yang cukup kompak. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan HR-V dan Terios atau Rush tetapi lebih lebar. Trax memiliki panjang 4.245 mm, dengan lebar 1.775 mm dan tinggi mencapai 1.670 mm.

Sementara Honda HR-V hadir dengan panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm dan tinggi 1.580 mm. Untuk Daihatsu Terios dan Toyota Rush memiliki panjang 4.420 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi mencapai 1.740 mm.

Tidak hanya dimensinya saja yang menarik perhatian, Chevrolet Trax yang dipasarkan di Korsel dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.4 liter turbocharged. Mesin tersebut mampu menghembukan tenaga hingga sebesar 140 tenaga kuda dengan torsi maksimal mencapai 200 Nm.

Jika varian mesin tersebut ditawarkan di Indonesia, maka tidak menutup kemungkinan Chevrolet Trax akan memiliki nilai dan daya tarik yang lebih tinggi dalam hal performa. Chevrolet Korsel mengatakan, mesin turbo yang dibenamkan pada Trax itu menawarkan torsi maksimum di putaran rendah yang berguna saat pemakaian sebenarnya.

Di Amerika, Chevrolet Trax memiliki rating EPA 34 mil per galon untuk jalan bebas hambatan. Di samping itu, fitur menarik juga disematkan pada crossover ini, salah satunya adalah OnStar 4G LTE Wi-Fit. Menariknya, Chevrolet Trax juga ditawarkan dalam menggerak All-Wheel Drive (AWD).

Source: harga dan spesifikasi chevrolet trax,