Diam-Diam Honda Siapkan CR-V Terbaru 7 Kursi Penumpang

Oleh Dendy Santoso | 24/06/2015
Diam-Diam Honda Siapkan CR-V Terbaru 7 Kursi Penumpang

All New Honda CR-V 7 Penumpang, Ada kabar menarik dari produsen otomotif ternama asal Jepang, Honda. Kabarnya Honda sedang mengembangkan mobil barunya. Mobil tersebut merupakan SUV (Sport Utility Vehicle) andalannya, CR-V namun dalam konfigurasi tujuh penumpang.

Menurut kabar yang dirilis oleh Motoring, Senin (22/06/2015), salah sumber Honda di Australia menyebutkan bahwa langkah ini merupakan salah satu strategi yang dibuat oleh Honda untuk menggebrak pasar dengan menghadirkan model terbaru dari CR-V. Kehadiran Honda CR-V terbaru secara otomatis akan berhadapan dengan beberapa pesaing, seperti Nissan X-Trail dan SUV kelas atas, Land Rover Discovery Sport.

Namun sayangnya belum diketahui dengan pasti apakah generasi kelima Honda CR-V tersebut akan ditawarkan dalam dua versi, lima penumpang dan tujuh penumpang atau tidak. Di samping itu belum ada informasi lebih lanjut apakah SUV tersebut akan mengusung wheelbase yang sama atau tidak.

Jika melihat salah satu rivalnya, Nissan X-Trail, ukuran CR-V memang sedikit lebih pendek. X-Trail memiliki panjang mencapai 4.640 mm, sementara CR-V hanya mencapai 4.590 mm. Begitu pula dengan wheelbase atau jarak sumbu roda, di mana wheelbase X-Trail 2.705 mm dan CR-V 2.620 mm.

Honda CR-V 2015 2

Model terbaru dari Honda CR-V ini rencananya akan diluncurkan secara global pada tahun 2017 mendatang. Stephen Collins, yang menjabat sebagai Direktur Honda Australia mengatakan, saat ini Honda CR-V mengalami penurunan penjualan. Akan tetapi mobil tersebut masih terselamatkan berkat tersedianya varian mesin diesel berkapasitas 1.6 liter.

“Kami tidak sepenuhnya puas dengan penjualan CR-V, sehingga kami akan fokus untuk paruh kedua di 2015,” ungkapnya.

Sekedar informasi, saat ini Honda menempatkan CR-V untuk bersaing di pasar SUV lima penumpang. Sedangkan untuk tujuh penumpang Honda telah memiliki Honda Pilot. Namun sayangnya mobil tersebut hanya dijual di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Di pasar otomotif Tanah Air, Honda CR-V juga hadir dalam konfigurasi lima penumpang. Akan tetapi Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia juga menawarkan kursi opsional yang diterapkan di baris ketiga. Kursi belakang ini dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan.

Spesifikasi Honda CR-V yang dipasarkan di Indonesia disediakan dalam dua varian mesin, yakni mesin 2.0 liter dan 2.4 liter. Untuk mesin 2.0 liter, i-VTEC, SOHC mampu mengeluarkan daya hingga 155 PS pada putaran 6.500 rpm dengan torsi mencapai 190 Nm pada 4.300 rpm. Sedangkan varian mesin 2.4 liter memiliki tenaga sebesar 190 PS pada putaran 7.000 rpm dengan torsi puncak hingga 222 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Melihat dimensinya, Honda CR-V memiliki panjang 4.595 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi mencapai 1.685 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.620 mm.

Honda CR-V memiliki tampilan yang stylish dan menarik tanpa menghilangkan kesan maskulin. Di bagian eksterior, terdapat garis-garis siluet tajam yang mengitari seluruh fisik mobil. Sementara bagian bumper terlihat lebih sporty dengan sudut-sudut foglamp berbentuk lonjong dan menyirip. Tak lupa Honda juga menyematkan LED daytime running light (DRL) pada SUV ini.

Lampu sein dan tail lights didesain baru dan terlihat menyatu. Tampilannya terlihat serasi dengan spoiler belakang yang berdesain elegan. Honda CR-V telah dibekali dengan fitur Smart Entry yang memudahkan pengguna untuk membuka tutup pintu. Di bagian rodanya, mobil terbaru ini menggunakan 18 inci Alloy Wheels dengan desain tegas. Power Tailgate menjadi fitur menarik lainnya yang siap memanjakan pemilik.

Di sisi interior, Honda CR-V tampil dengan nuansa modern. Bagian dashboard didesain tegas dan dipadukan dengan layar 7 inci. Untuk roda kemudinya telah dibekali dengan fitur Steering Wheel Mounted Controls yang membuat pengemudi dapat mengontrol layar i-MID tanpa perlu melepaskan tangan dari setir.

Source: harga honda crv 2017, crv 2017 indonesia, honda CRV terbaru 2017, crv terbaru 2017, crv 2017, new crv 2017 indonesia, mobil honda crv 2017, honda crv 7 penumpang, jumlah kursi honda crv, kapasitas mobil crv,