Nissan X-Trail Hybrid Dan Infiniti QX80 Lebih Irit Dari Versi Standar

Oleh Dias Mahendra | 27/06/2015
Nissan X-Trail Hybrid Dan Infiniti QX80 Lebih Irit Dari Versi Standar

Nissan X-Trail Hybrid Dan Infiniti QX80 Indonesia, Beberapa waktu yang lalu berhembus kabar bahwa Nissan Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Nissan di Tanah Air akan membawa X-Trail Hybrid ke Indonesia. Tampaknya niat NMI untuk menghadirkan varian hibrida dari model SUV (Sport Utility Vehicle) andalannya sudah bulat.

Bahkan selain mendatangkan Nissan X-Trail Hybrid, NMI juga tengah mempersiapkan mobil baru lainnya. Mobil tersebut merupakan lansiran brand Infiniti, QX80. Mobil mewah berjenis SUV ini dipersiapkan masuk ke pasar otomotif nasional untuk bersaing dengan kompetitor sekelasnya.

Nissan X-Trail Hybrid 2015 Indonesia

“X-Trail merupakan SUV hybrid pertama yang baru saja diluncurkan di Jepang dan luar biasa sukses. Ini akan menjadi flagship (model teratas) kita sehingga masyarakat bisa merasakan canggihnya mobil hybrid kita,” jelas Steve Ardianto, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, yang dilansir dari laman Detik Oto, Kamis (25/06/2015).

Sedangkan model Infiniti QX80 merupakan kendaraan SUV yang memiliki ukuran besar dan meraih kesuksesan di luar negeri. Rencana untuk menghadirkan Infiniti QX80 di Indonesia merupakan salah satu strategi Nissan Motor Indonesia dalam memasarkan Infiniti di Indonesia.

“Biasanya mobil mewah itu di sedan, tapi Infiniti harus diperbaharui untuk model yang unik yaitu SUV atau MPV,” paparnya.

Menurut Steve, Infiniti QX80 merupakan model yang unik. Ia yakin bahwa mobil ini akan sukses saat dijual di Tanah Air. “Saya yakin akan bisa sukses karena produknya menawarkan sesuatu yang lain dari yang lain,” ungkapnya.

Saat ditanya perihal waktu peluncuran Nissan X-Trail Hybrid dan Infiniti QX80, sayangnya Steve masih memilih untuk tidak banyak berkomentar. “Tunggu saja, coming soon,” katanya singkat.

Tidak menutup kemungkinan mobil baru tersebut akan diluncurkan oleh Nissan di pameran mobil IIMS 2015 yang diselenggarakan bulan Agustus 2015 mendatang.

Sekedar informasi, spesifikasi Nissan X-Trail Hybrid mengandalkan mesin bensin yang telah diperbarui sehingga dapat terintegrasi dengan sistem hybrid. Dapur pacu tersebut juga dilengkapi dengan teknologi low-friction guna meminimalisir gesekan pada mesin.

Mesin yang dibenamkan pada X-Trail varian Hybrid memiliki kapasitas sebesar 2.000 cc, sama seperti varian X-Trail 2.0. Akan tetapi, mesin tersebut disandingkan dengan mesin hibrida berupa motor listrik berkode RM31. Motor listrik tersebut sanggup meletuskan daya sebesar 40 tenaga kuda dengan torsi puncak mencapai 160 Newton Meter.

Sedangkan mesin berkode MR20DD yang digunakan X-Trail Hybrid memiliki tenaga mencapai 137 tk dengan torsi maksimum sebesar 199 Nm. Nissan mengklaim, konsumsi bahan bakar SUV tersebut dapat mencapai 20,6 km/liter. Jauh lebih irit dari varian standar yang hanya sanggup menorehkan 16,4 km/liter.

Menghadirkan Nissan X-Trail Hybrid di Indonesia merupakan salah satu strategi NMI yang bisa dibilang cukup berani. Pasalnya pasar kendaraan hibrida di Indonesia sangatlah kecil. APM lain sudah ada yang memasarkan kendaraan hybrid di Indonesia, akan tetapi model tersebut kurang diminati oleh konsumen. Dalam hal ini, NMI memiliki alasan tersendiri mengapa pihaknya berniat memboyong X-Trail Hybrid ke Indonesia.

“Hybrid itu suka tidak suka adalah tren di dunia. Kalau buat Indonesia terus terang pasarnya memang belum besar karena pada dasarnya di Indonesia hybrid itu problem utamanya adalah soal harga. Tapi kalau kita ketinggalan dengan tren itu saya pikir itu sebuah keputusan yang tidak tepat. Jadi meskipun marketnya tidak besar kita harus menciptakan image di hybrid juga,” terang Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division PT NMI.

Kehadiran Nissan X-Trail Hybrid dan Infiniti QX80 di pasar otomotif Tanah Air akan menjadi pilihan menarik bagi calon konsumen yang menginginkan pengalaman berkendara yang baru.

Source: