Yamaha Vega Terbaru Mesin Injeksi Rilis Agustus 2015

Oleh Ayunda Devi | 27/06/2015
Yamaha Vega Terbaru Mesin Injeksi Rilis Agustus 2015

Motor Bebek Murah Yamaha Vega Injeksi, Satu per satu motor lansiran Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengusung sistem injeksi. Walaupun telah meluncurkan banyak motor baru, Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Tanah Air itu masih memiliki dua motor baru yang belum diluncurkan. Menurut prediksi pengamat otomotif, salah satu motor baru tersebut adalah Yamaha Vega RR yang akan dibekali mesin fuel injection (FI).

Mohammad Masykur, Asisten General Manager Marketing YIMM mengatakan, pihaknya masih mempunyai produk baru yang akan dirilis selepas Hari Raya Idul Fitri 2015.

“Ada produk baru nanti habis Idul Fitri. Bebek dan matik, kali ini bukan sport. Pokoknya ditunggu saja, karena akan ada banyak kejutan dari Yamaha,” ujar Masykur, disela peluncuran skuter premium Yamaha NMAX non-ABS di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2015.

Walaupun belum bersedia untuk mengungkapkan lebih jauh mengenai motor baru tersebut, Masykur mengatakan bahwa sepeda motor tersebut merupakan versi penyegaran dari model yang telah dipasarkan oleh YIMM di Indonesia. Rencananya dua motor tersebut akan diluncurkan pada bulan Agustus 2015 mendatang.

Yamaha Vega 2015 Indonesia

“Kayanya bulan Agustus, tapi saya belum tahu tanggalnya, apakah awal bulan atau akhir bulan,” kata Masykur.

Taufik Hidayat, salah seorang pengamat otomotif meyakini bahwa motor bebek terbaru yang dimaksudkan oleh Masykur adalah versi penyegaran dari Yamaha Vega RR injeksi. Ia memprediksi, besar kemungkinan pabrikan motor berlambang tiga garputala tersebut akan membenamkan mesin injeksi milik Yamaha Force pada Vega RR terbarunya.

Tentu Taufik memiliki alasan tersendiri mengenai prediksinya tersebut. Jika melihat jajaran sepeda motor yang dijual oleh YIMM di Tanah Air, Yamaha Vega RR merupakan satu-satunya motor bebek yang belum menggunakan mesin berteknologi injeksi. Setelah Vega RR versi injeksi diluncurkan, Yamaha Indonesia kemungkinan akan menghentikan produksi Yamaha Force.

Lalu bagaimana untuk model skuter matik yang akan dirilis oleh YIMM? Untuk skutik baru ini, Taufik mengaku bahwa dirinya belum mendapat informasi lebih jauh. Kendati demikian ia memprediksi bahwa motor tersebut adalah Yamaha X-Ride dengan teknologi Blue Core.

Yamaha Vega RR yang dipasarkan di Tanah Air saat ini memiliki dimensi panjang 1.930 mm, lebar 660 mm dan tinggi mencapai 1.055 mm. Jarak terendah ke tanah atau ground clearance motor ini mencapai 126 mm. Motor berbobot 96 kg ini memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 4,2 liter.

Motor bebek ini mengusung rangka tipe steel tube underbone. Sementara untuk suspensinya, Vega RR mengandalkan suspensi teleskopik. Ban depan motor ini berukuran 70/90-17 38P dan ban belakangnya 80/90-17 44P.

Vega RR mengusung mesin dengan kapasitas 114 cc 4 langkah, 2-valve, SOHC dengan sistem pendingin udara. Diameter x langkah mesin tersebut 50 mm x 57,9 mm. Berbekal mesin ini, Yamaha Vega RR sanggup meghasilkan tenaga 8,16 S pada putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak sebesar 8,3 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Untuk skutik bergaya trail, Yamaha X-Trail hadir dengan dimensi panjang 1.880 mm, lebar 745 mm, tinggi 1.085 mm dan ground clearance 152 mm. Motor ini memiliki berat isi mencapai 98 kg, sementara kapasitas tangki bahan bakarnya berkapasitas 4,8 liter.

Skuter matik ini dirancang dengan menggunakan rangka tipe Steel underbone. Suspensi depannya menggunakan jenis teleskopik, sementara suspensi belakangnya mengusung unit swing, suspensi tunggal.

Yamaha X-Ride menggunakan mesin 4 langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas, silinder tunggal yang memiliki kapasitas sebesar 113,7 cc. Mesin tersebut memiliki daya maksimum sebesar 7,75 PS pada 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm pada 5.000 rpm. Diameter x langkah mesin itu 50,0 mm x 57,9 mm.

Source: yamaha vega rr injeksi, vega rr fuel injection, yamaha vega r 2008, vega r modif ban besar, vega r 2008 modifikasi, underbone vega lokal, tentang mesin vega rr (koran oromotif), motor vega terbaru 2017, motor modifikasi Vega bulan, modifikasi vega r new 2008,