Tips Aman Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Oleh Ayunda Devi | 01/07/2015
Tips Aman Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Tips Mudik Menggunakan Motor, Seperti yang diketahui bersama, banyak masyarakat Indonesia yang memilih mudik dengan menggunakan sepeda motor. Padalah banyak institusi yang menawarkan program mudik dengan mengandalkan alat transportasi yang lebih nyaman dan aman.

Bagi anda yang berencana pulang kampung dengan sepeda motor, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan demi keselamatan anda selama perjalanan. Wedijanto Widarso, General Mnager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, selain sepeda motor, pengemudi juga harus dalam keadaan fit.

“Karena akan melakukan perjalanan jarak jauh maka kondisi pengendaranya juga harus fit,” jelas pria yang memiliki sapaan akrab Wedi ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh anda adalah kondisi dari sepeda motor. Menurut Wedi, motor yang akan anda gunakan harus dalam kondisi prima. Tujuannya agar selama perjalanan anda merasa nyaman dan aman.

Agar motor dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi anda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan servis, baik ke bengkel umum atau ke bengkel resmi (AHASS). Bila anda memutuskan untuk melakukan servis ke AHASS, maka nanti ada mekanik yang siap memberikan informasi mengenai kondisi tunggangan anda. Apabila ada bagian yang perlu diganti, pihak bengkel akan menginformasikan terlebih dahulu kepada anda.

Tips Mudik dengan Sepeda Motor 2

Jika perjalanan yang akan anda tempuh jauh, dianjurkan untuk tidak menggunakan ban yang sudah gundul. Selain itu jangan lupa untuk memeriksa kondisi sistem pengereman dan kelistrikan. Semua komponen tersebut harus dicek ulang agar semua berfungsi sebagaimana mestinya.

Bagian lain seperti filter udara, injektor dan busi juga memerlukan perhatian khusus sebelum melakukan perjalanan. Jika sepeda motor yang digunakan masih menggunakan karburator, jangan lupa untuk membersihkan dan mengatur uulang agar kondisinya tetap normal.

“Setelah sampai di kota tujuan misalkan di Jogja sejauh 580 km, tidak perlu diservis lagi. Anda baru servis jika batas servisnya sudah pada waktunya. Intinya sampai batas servisnya habis saja baru melakukan servis lagi, sekarang kita perpanjang jadi 4.000 km, tadinya di 2.000 tapi sekarang kita perpanjang,” ujarnya.

Sementara itu, Joel D Mastana, Professional Trainer Safety Riding dalam workshop bertema Understanding Safety Gear yang diselenggarakan beberapa waktu lalu di Jakarta menerangkan bahwa saat ini pemerintah tidak menciptakan infrastruktur yang memadai untuk pengguna sepeda motor.

”Sementara, kendaraan umum sangat kurang saat Lebaran. Hal itu diperparah dengan kebanyakan sepeda motor yang dipunyai masyarakat tak memenuhi standar perjananan jarak jauh. Masalah timbul saat kembali ke tradisi harus mudik,” ujar Joel.

Oleh karenanya, Joel mengungkapkan ada banyak yang harus dipersiapkan oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor. Berikut adalah hal-hal yang harus disiapkan sebelum mudik menggunakan motor:

  1. Pastikan kondisi sepeda motor baik dengan melakukan servis di bengkel langganan
  2. Kesehatan dan mental pengendara sepeda motor harus dalam keadaan baik. Di samping itu disarankan untuk tidak membawa barang berlebihan. Jika barang yang hendak dibawa memang banyak, lebih baik dikirim via paket sebelum mudik.
  3. Lakukan manajemen waktu, usahakan untuk tiba ditujuan sebelum gelap. Umumnya tingkat stamina akan menurun saat hari sudah gelap.
  4. Jangan lupa untuk memakai perlengkapan keselamatan yang sesuai untuk berkendara. Kelengkapan ini dibutuhkan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat perjalanan. Usahakan untuk memilih perlengkapan yang tidak menimbulkan panas berlebihan hingga membuat dehidrasi dan emosi. Agar keamanan lebih terjaga, gunakan perlengkapan pengaman siku dan lutut.
  5. ”Namun, demi keamanan, tips paling aman adalah jangan naik sepeda motor untuk mudik. Karena saat itulah banyak kecelakaan yang diistilahkan sebagai ’pembunuhan massal’ terjadi,” saran Joel.

Source: motor mudik, motor untuk mudik,