Mobil Volkswagen Polo 1.2 TSi Terbaru Meluncur Di IIMS 2015

Oleh Intan Nur Farida | 05/07/2015
Mobil Volkswagen Polo 1.2 TSi Terbaru Meluncur Di IIMS 2015

Volkswagen Polo 1.2 TSi Baru 2015, Volkswagen Indonesia memiliki kabar baik bagi Anda pecinta otomotif. Produsen mobil asal Jerman itu mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan tiga mobil baru tahun 2015 ini. Ketiga produk baru tersebut di antaranya segmen B-hatchback Polo1.2 Tsi, hot-hatchback Scirocco dan VW Golf.

Jonas Chendana, yang menjabat sebagai National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor mengungkapkan, ketiga model tersebut akan dirilis di dua pameran ternama, yakni IIMS dan GIIAS.

“Tahun ini VW Indonesia akan meluncurkan tiga produk baru di IIMS dan GIIAS,” terangnya.

Untuk model VW Scirocco dan Golf akan hadir dengan beberapa sentuhan penyegaran. Sedangkan VW Polo 1.2 hadir dengan perubahan yang siginifikan. Sektor performa mobil ini akan didukung dengan mesin Volkswagen TSi (Turbo Stratified Injection). Mesin ini akan menggantikan mesin lamanya, Polo 1.4 Multi-Point Injection (MPI).

Pada saat dihadirkan nantinya, Volkswagen Polo 1.2 TSi akan bersaing ketat dengan dengan Honda Jazz. Disela acara buka puasa bersama awak media, di Jakarta (01/07/2015) Jonas mengatakan bahwa segmen B-hatchback menjadi target volume VW tahun ini. Ia menjelaskan, selain MPV, segmen hathback dinilai masih sangat potensial.

Volkswagen Polo 1.2 TSi 2015 Indonesia 2

“Ini akan menjadi andalan utama buat bertarung dengan merek Jepang yang selama ini menguasai segmen tersebut. VW Polo yang kita bawa mengusung mesin 1.2 TSi (Turbo Stratified Injection) standar Euro3,” paparnya.

Menurut Jonas, Polo dengan mesin TSi sudah dinanti oleh konsumen Tanah Air. Seperti yang diketahui, di kelas mobil penumpang VW Indonesia, hanya Polo yang belum mengusung mesin yang memadukan teknologi supercharger dan turbocharger tersebut.

Walaupun mesin yang digunakan lebih kecil, performa yang dihasilkan tidak boleh diremehkan. Menurut data spesifikasi, 1.2L TSi memiliki dua pilihan tenaga,yakni 88 hp dan 108 hp. Akan tetapi Garuda Mataram Motor, selaku agen pemegang merek (APM) Volkswagen di Indonesia belum mengumumkan spesifikasi untuk pasar otomotif nasional. Kendati demikian dua pilihan tenaga tersebut akan lebih menjanjikan dibanding mesin 1.4 MPI yang hanya memiliki tenaga 85 hp.

Di samping megandalkan teknologi mesin Volkswagen yang efisien dan handal, Volkswagen 1.2 TSi juga akan dilengkapi dengan sejumlah fitur VW Golf. Harga VW Polo 1.2 TSi Indonesia akan dipatok dengan harga Rp 269 juta on the Road (OTR). Harga tersebut lebih murah Rp 29 juta dari model lamanya yang dipatok Rp 298 juta dan berbeda tipis dengan banderol Honda Jazz RS seharga Rp 255 juta.

Bagi Anda yang sedang mencari hatchback, Polo 1.2L TSi bisa menjadi pilihan menarik yang layak untuk dipertimbangkan jika dilihat dari segi harga. Di pasar hatchback Tanah Air, Harga Honda Jazz dijual mulai Rp 206-255 juta, sedang Mazda2 berkisar Rp 223-280,8 juta dan Toyota Yaris mulai Rp 224-265 juta. Ada pula hatchback asal Amerika Serikat, Ford Fiesta yang dijual mulai dari Rp 212-301 juta.

Sementara itu, Volkswagen Indonesia berencana untuk mendirikan pabrik perakitan di Tanah Air. Hal ini diungkapkan oleh Andrew Nasuri, selaku CEO GMM. Terobosan untuk membuat tempat produksi lokal merupakan langkah yang cukup berani. Pasalnya volume penjualan mobil terbaru VW di Indonesia tidak sebesar dengan produk lansiran Negeri Samurai, Jepang.

Akan tetapi keputusan ini diambil bukan tanpa alasan. Sebab dua tahun belakangan ini penjualan VW di Indonesia menunjukkan angka yang signifikan. Khususnya model VW Tiguan yang berhasil menyumbangkan 70% dari total omzet Volkswagen di Tanah Air.

Saat dikonfirmasi mengenai pabrik yang akan dibuat, Andrew membocorkan bahwa keputusan tersebut sudah matang tahun ini. “Nanti kita umumkan detailnya setelah lebaran, kira-kira bulan September lah, yang jelas pembangunan dimulai tahun depan,” pungkas Andrew.

Source: vw polo 1 2 tsi indonesia, vw polo 2016, mobil hatchback terbaru, vw polo 2016 indonesia, VW Polo 1 2 TSI, dijual mobil bekas vw polo 1 2 lt turbo, vw golf indonesia vs ford fiesta 2016, polo vw 1 2 meluncur, mobil vw tahun 2016, mobil vw polo,