Harga Skuter Peugeot Django Di Indonesia, Rp 30 Jutaan

Oleh Intan Nur Farida | 05/07/2015
Harga Skuter Peugeot Django Di Indonesia, Rp 30 Jutaan

Harga Peugeot Django Indonesia, Pasar roda dua Tanah Air akan kedatangan motor baru dalam waktu dekat. Produk baru tersebut merupakan jajaran skuter andalan Peugeot yang akan dihadirkan oleh PT Garasindo Internasional Moto (GIM).

Line-up Peugeot Scooter ini nantinya akan dipamerkan pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang akan diadakan pada bulan Agustus mendatang. Pada debut perdananya di Indonesia, Peugeot Scooter akan membawa tiga model, yakni Django 150 cc, City Star 200 cc dan skuter roda tiga Metropolis 400cc. Dari beberapa model yang akan didatangkan, Peugeot Django akan menjadi model andalannya.

Sebelumnya pihak Garasindo berencana untuk menghadirkan Peugeot Django dengan varian mesin 125 cc. Akan tetapi rencana tersebut batal dilakukan. Garasindo lebih memilih untuk menjual Django dengan mesin berkapasitas 150 cc injeksi untuk pasar Indonesia.

Rupanya Garasindo telah mempersiapkan strategi jitu dalam hal pemasaran skuter klasik ini. Garasindo berencana akan memproduksi Peugeot Django di Indonesia.

“Peugeot Scooter targetnya grand launching di IIMS. Saat ini diimpor dari Perancis, yang Django kemungkinan besar akan kami produksi di sini,” terang Al.

Peugeot Django 150 2015 Indonesia 2

Skuter Django dipilih untuk diproduksi secara lokal lantaran model ini akan dipasarkan dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan model lainnya. Namun mengenai kapan skuter ini akan diproduksi lokal, Al masih menanti keputusan dari prinsipal di Perancis.

“Saat di motor show nanti kan kami juga sekalian memperkenalkan kepada masyarakat dan melihat feedback-nya. Itu salah satu cara perkenalan produk untuk proses menuju ke manufacturing,” paparnya.

Garasindo berharap, dengan diproduksinya Django secara Completely Knock Down (CKD) akan bisa berdampak positif bagi perusahaan lokal pemasok komponen.

“Motor sudah CKD dan selanjutnya manufacturing, secara matematika bisnis lebih menguntungkan. Suplier lokal kita sudah sangat banyak karena yang saya dengar tahun 2013 saja pemasok sudah menyiapkan (komponen) roda dua untuk 10 juta unit. Pemasok tier 1, 2, dan 3 sudah menambahkan kapasitas masing-masing,” kata Al.

Akan tetapi, pria yang memiliki sapaan akrab Memet ini menegaskan bahwa dengan diproduksinya Django secara lokal tidak lantas membuat harga jualnya menjadi lebih murah. Peugeot Django ini diperkirakan akan dijual dengan harga Rp 30 jutaan.

Dengan harga jual tersebut, bisa dipastikan Peugeot Django akan menghadapi persaingan dari dua skuter ternama, yakni Vespa Primavera dan Sprint. Kedua model andalan Vespa ini diniagakan dengan harga Rp 30,8 juta untuk model Primavera dan Rp 32,75 juta untuk model Sprint.

Walaupun demikian, Spesifikasi Peugeot Django tidak bisa dipandang sebelah mata. Skuter yang memiliki desain retro ini memiliki keunikan tersendiri. Pabrikan asal Perancis itu menawarkan banyak pilihan personalisasi untuk pemiliknya. Tak tanggung-tanggung, Peugeot Django tersedia dalam 24 pilihan warna bodi, tiga model spion, tujuh model jok dan list chrome. Dengan demikian ada 118.000 kombinasi personalisasi yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan pemiliknya.

“Kami bermain di premiun. Kami enggak akan lari ke bawah dulu. CKD atau manufacturing tidak sekadar mengejar harga, tapi pemasok (komponen) yang mesti kita selamatkan. Bukannya sok nasionalis tapi harus sejalan. Bahkan malahan kami juga mau ekspor (Django),” ungkapnya.

Jika hal tersebut terlaksana, Indonesia akan menjadi negara ketiga yang dipercaya sebagai manufaktur Peugeot Scooter setelah Perancis dan Cina.

Sebagai informasi, Peugeot Django dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 125 cc 4-tak dengan transmisi CVT. Motor ini menggunakan roda-roda berdiameter 12 inci. Gaya retro pada skuter ini terlihat di bagian depan dan buritan.

Source: harga prageot jango, harga scooter peugeot, motor django, motor eropa 30 jutaan, peugeot skuter indonesia,