Desain Terbaru Kia Sportage 2015 Berkiblat Ke Eropa

Oleh Intan Nur Farida | 05/07/2015
Desain Terbaru Kia Sportage 2015 Berkiblat Ke Eropa

Mobil Kia Sportage Terbaru 2015, Di segmen SUV (Sport Utility Vehicle) kompak, produsen mobil asal Negeri Gingseng, KIA memiliki model bernama Sportage. KIA Sportage yang dipasarkan saat ini bisa dibilang masih segar dan menarik. Akan tetapi sepertinya hal tersebut tak membuat KIA untuk tidak menghadirkan model terbarunya.

Baru-baru ini tersebar spyshot yang menunjukkan wajah terbaru dari generasi ketiga KIA Sportage. Wajah barunya kini terlihat lebih kental dengan kesan mobil Eropa. Sebagai contohnya, grille baru yang tersemat pada mobil ini terlihat kental dengan gaya Eropa. Walaupun KIA tetap mempertahankan ‘Tiger Nose’ yang merupakan ciri khas dari mobil buatan KIA, tetapi grille tersebut dibuat menyatu dengan lampu sign baru yang lebih tajam dan tipis.

Sedangkan lampu utamanya juga didesain lebih tipis. Jika dilihat sekilas tampilan depan KIA Sportage tampak mirip dengan fascia depan Porsche. Akan tetapi kesan tangguh dari mobil ini diperkuat oleh KIA dengan bumper yang memiliki desain mirip Sorento. Sementara tampilan belakangnya tampil lebih sederhana. Jika diperhatikan desainnya mirip dengan KIA Rio akan tetapi dalam wujud yang lebih tinggi.

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dari model terbaru Kia Sportage ini, termasuk fitur-fitur yang akan dibenamkan pada mobil tersebut. Selain itu sisi interior dari kompak SUV ini juga  masih menjadi tanda tanya. Diharapkan KIA juga akan melakukan sentuhan penyegaran yang signifikan di bagian kabin Sportage.

Kia Sportage 2016 2

Sedangkan untuk jantung pacunya diharapkan KIA akan menawarkan dua varian mesin, yakni mesin bensin dan diesel, tak terkecuali 1.2 liter T-GDi yang memiliki daya 132 bhp (98 kW) dan 2.0 liter T-GDI yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 245 bhp (182 kW).

Rencananya KIA akan menghadirkan generasi ketiga Sportage ini pada penghujung tahun 2015 ini. Mobil terbaru di Indonesia tersebut akan menyusul saudara dekatnya, New Hyundai Tucson yang telah lebih dahulu diperkenalkan pada bulan Februari kemarin. Di pasar Tanah Air, Kia Sportage bertarung sengit dengan Honda HR-V dan Nissan Juke.

Beberapa waktu yang lalu KIA sempat tertangkap tangan sedang melakukan pengujian terhadap Sportage terbaru. Menurut kabar mobil tersebut sedang menjalan uji coba di sirkuit Nurburgring.

KIA Sportage yang dipasarkan saat ini tampil dengan perawakan yang gagah berbekal pelek 17 dan 18 yang tersemat di bagian kaki-kaki. Mobil ini memiliki grille brdesain menarik yang dilabur dengan warna hitam yang membuatnya terlihat elegan. Di bagian belakang terdapat lampu ala BMW yang memiliki garis-garis lurus.

Di bagian interior, KIA Sportage menawarkan kesan mewah dan modern. Untuk varian Platinum, interior Sportage dibalut dengan warna putih dan abu-abu. Sedangkan interior varian LX dan EX hadir dengan warna hitam. Mobil  ini juga dibekali dengan fitur AC digital, berikut Dual ZOne Mode dan Climate Control. Namun fitur tersebut hanya terdapat pada varian Platinum. Sedangkan pada varian lainnya masih menggunakan tombol analog yang dipadukan dengan Climate Control.

KIA Sportage terbaru ini juga dibekali dengan head unit yang dilengkapi dengan pemutar DVD, bluetooth, USB dan AUX. Selain itu terdapat pula fitur Electronic Stability Control (ESC), Hill Descent Control dan Downhill Brake Control yang akan memudahkan pengemudi selama pejalanan.

Pada dapur pacunya, KIA Sportage dipersenjatai dengan mesin Nu Engine 2.0 L D-CVVT. Mesin ini diklaim dapat menghaslkan tenaga hingga sebesar 158 PS pada putaran 6.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 19,6 kg.m pada putaran 4.000 rpm.

Source: