Motor Terbaru Yamaha Kode BE1, Penerus X-Ride?

Oleh Ayunda Devi | 15/07/2015
Motor Terbaru Yamaha Kode BE1, Penerus X-Ride?

Motor Baru Yamaha Kode BE1 2015, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tampaknya tengah mempersiapkan motor barunya. Motor tersebut memiliki kode BE1. Bahkan motor tersebut sudah terdaftar di situs Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Melihat Tanggal Terima Data Terakhir milik Kemenperin, motor baru berlambang tiga garputala ini masih berstatus ‘P’ atau dalam proses. Dengan kata lain, bila Yamaha bersungguh-sungguh motor tersebut bisa saja dirilis akhir tahun 2015 atau awal tahun depan.

Menurut kabar yang berkembang, Yamaha BE1 ini adalah Yamaha X-Ride yang telah mendapat sentuhan update. Namun ada pula yang memprediksibahwa motor tersebut adalah generasi baru Xeon 125.

Namun sayangnya pihak Yamaha Indonesia menutup rapat-rapat informasi mengenai motor ini. Hingga saat ini masih belum ada kepastian seputar motor baru Yamaha itu. Ada sedikit bocoran yang terungkap megenai produk baru Yamaha itu.

Menurut informasi yang didapat, motor tersebut akan menggunakan suspensi depan jenis Up Side Down. Selain itu motor ini juga menggunakan pelek berukuran 13 inci dan telah dibekali dengan lampu LED.

Yamaha X-Ride 2015 Indonesia 2

Perlu diketahui, Yamaha X-Ride yang mengusung rangka berjenis Steel Underbone menggunakan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang Unit Swing. Sementara untuk rodanya, skutik tersebut menggunakan ukuran 14 inci. Di sisi lain, Yamaha Xeon juga memakai jenis suspensi yang sama dengan X-Ride.

Sebagai informasi tambahan, dalam peluncuran skuter Yamaha NMAX non-ABS di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2015, Mohammad Masykur selaku Asisten General Manager Marketing YIMM sempat mengatakan bahwa pihaknya masih memiliki produk baru. Rencananya produk baru tersebut akan dirilis usai Lebaran Idul Fitri 2015.

“Ada produk baru nanti habis Idul Fitri. Bebek dan matik, kali ini bukan sport. Pokoknya ditunggu saja, karena akan ada banyak kejutan dari Yamaha,” demikian kata Masykur yang dikutip dari laman Otosia beberapa waktu lalu.

Namun Masykur tidak bersedia memberikan informasi lebih dalam mengenai motor baru tersebut. Kendati demikian, ia mengatkan bahwa kedua sepeda motor tersebut merupakan versi penyegaran dari yang sudah dipasarkan oleh YIMM. Masykur menambahkan, dua produk baru Yamaha itu akan diluncurkan pada bulan Agustus 2015 mendatang.

“Kayanya bulan Agustus, tapi saya belum tahu tanggalnya, apakah awal bulan atau akhir bulan,” ungkap Masykur.

Lalu apakah matik baru yang dimaksud oleh Masykur adalah Yamaha BE1? Sayangnya hal tersebut belum diketahui dengan pasti.

Sebagai gambaran, Yamaha X-Ride yang dijual di Tanah Air saat ini menempati segmen skutik semi off-road. Motor yang hadir sejak tahun 2013 silam ini memiliki tampilan yang beda dari skutik pada umumnya. Yamaha mendesain skuter matik ini dengan gaya motor off-road. Keunggulan yang dimiliki X-Ride adalah kemampuannya untuk menaklukkan medan berat dan dapat digunakan untuk menerjang banjir. Hal tersebut tentu sangat cocok dengan kondisi jalanan Indonesia saat ini.

Untuk sektor performanya, Yamaha X-Ride dibekali dengan mesin berkapasitas 113,69 cc, 4-stroke, SOHC, pendingin udara. Mesin tersebut dapat menghembuskan daya hingga 7,75 PS (5,7 kW) pada putaran 8.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 8,5 Nm pada putaran 5.000 rpm. Dapur pacu ini disandingkan dengan teknologi YMJET-FI yang membuat motor lebih hemat bahan bakar.

Berbekal mesin tersebut, X-Ride dapat melesat hingga kecepatan 95 km/jam. Untuk konsumsi bahan bakarnya, konsumsi bbm Yamaha X-Ride mampu menorehkan 52 km/liter untuk penggunaan jalanan kota. Sedangkan jika digunakan di medan yang berat, konsumsinya mencapai 38-40 km/liter.

Entah motor apa yang akan diluncurkan nantinya, yang pasti kehadiran motor baru Yamaha berkode BE1 menarik untuk ditunggu.

Source: yamaha xride 2016, motor x ride 2016, Kode motor Yamaha, x-ride 2016, kode yamaha, kode tipe motor honda, apa yang di masud tife BE1, kode kode motor yamaha, kode type motor yamaha terbaru di stnk, klasemen x ride,