SUV Mercedes-Benz CLA Dan GLC Dipamerkan Di IIMS 2015

Oleh Dendy Santoso | 11/08/2015
SUV Mercedes-Benz CLA Dan GLC Dipamerkan Di IIMS 2015

SUV Mercy CLA Dan GLC Terbaru Indonesia, Mercedes-Benz Indonesia (MBI) memastikan bahwa pihaknya akan ikut serta dalam dua pameran otomotif besar yang akan diselenggarakan bersamaan di bulan Agustus ini. Tidak hanya menghadirkan model yang telah ada, perusahaan otomotif asal Jerman ini juga akan memperkenalkan mobil-mobil barunya. Di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, MBI akan merilis 2 produk baru, yakni CLA Shooting Brake dan GLC.

Mercedes-Benz CLA Shooting Brake sebelumnya telah diperkenalkan pada ajang LA Auto Show 201. Mobil ini memiliki dimensi yang sama seperti sedan coupe CLA 4-pintu. Hanya saja CLA Shooting Brake memiliki bodi layaknya sebuah kendaraan estate.

Saat presentasi aktivitas di konferensi pers Dyandra Promosindo untuk IIMS 2015, di Jakarta, pada hari Selasa (05/08/2015), Ananta Wisesa selaku Section External Manager MBI memaparkan, CLA Shooting Brake memadukan tingkat kenyamanan kendaraan wagon dan elegan model kupe.

Hanya saja MBI belum mengungkapkan soal pilihan mesin yang akan ditawarkan untuk pasar otomotif nasional. Sekedar informasi, CLA-Class tersedia dalam tiga varian mesin, yakni bensin berkapasitas 1.6 liter dan 2.0 liter, serta mesin diesel dengan kapasitas sebesar 2.1 liter. Sementara untuk transmisinya ditawarkan dalam dua versi, yakni manual enam tingkat percepatan dan otomatis tujuh percepatan.

Sementara itu, setelah adanya perombakan nama model-model untuk global, akhirnya MBI memasarkan Sport Utility Vehicle (SUV) barunya di Tanah Air. Mobil tersebut adalah Mercedes-Benz GLS, yang tidak lain merupakan nama baru untuk model SUV kompak. Sebelumnya SUV ini disebut dengan nama GLK (Geländewagen Luxus Kompaktklasse). GLC bisa dikatakan merupakan kelas SUV (model GL) di kelas C-Class.

Mercedes-Benz GLC 2015 Indonesia

“Untuk GLC-Class, ini merupakan mobil baru di Indonesia karena pendahulunya adalah GLK-Class dan GLK itu tidak pernah hadir di Indonesia atau di negara-negara yang bersetir kanan seperti Inggris karena hanya diproduksi dengan setir kiri. Tapi kemudian GLK tidak diproduksi lagi, dan diganti dengan GLC. Sekarang GLC diproduksi dalam versi setir kanan,” ujar Elera Makki, Deputy Director Corporate Communications and External Affairs MBI beberapa waktu lalu yang dikutip dari laman Okezone.

Di Eropa, Mercedes-Benz GLC dijual dalam tiga varian mesin, yakni GLC 220d dan GLC 250d yang menggunakan mesin diesel, tipe GLC 250 bermesin bensin, serta GLC 350e yang mengandalkan mesin plug-in hybrid. Mobil ini mengusung girboks transmisi otomatis 9-percepatan. Untuk sistem penggerak rodanya, GLC menggunakan sistem all wheel drive (AWD).

Berbicara mengenai dimensinya, dibandingkan dengan model GLK, GLC lebih panjang 12 cm, lebih lebar 5 cm dan lebih tinggi 0,7 cm. Bodi mobil ini dirancang pada wheelbase atau jarak sumbu roda yang lebih panjang 11,6 cm dari model sebelumnya. Alhasil kabin GLC lebih luas dan interior terlihat mewah layaknya interior C-Class.

Menurut kabar yang dirilis oleh Autoblog, Mercedes-Benz GLC memiliki teknologi canggih yang ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada pengemudi. Tidak hanya itu, mobil ini diklaim lebih hemat 19 persen dibandingkan dengan model lama.

Walaupun belum mengungkapkan varian mesin mana yang akan ditawarkan untuk GLC, kemungkinan besar MBI akan menghadirkan mesin bensin sebagai pilihannya. Sebab seperti yang diketahui bersama, kualitas BBM diesel di Indonesia masih belum mendukung.

Baik CLA Shooting Brake maupun GLC akan hadir bersama delapan mobil penumpang lain dan dua mobil komersial yang akan meramaikan perhelatan IIMS 2015. Sementara hadirnya GLC akan menjadi pilihan menarik bagi pecinta SUV yang pernah berkeinginan untuk membeli GLK.

Source: