Kawasaki Ninja 2-Tak Super KIPS Terbaru Sudah Tidak Lagi Diproduksi!

Oleh Dendy Santoso | 11/08/2015
Kawasaki Ninja 2-Tak Super KIPS Terbaru Sudah Tidak Lagi Diproduksi!

Kawasaki Ninja 2-Tak Super KIPS, Para pecinta motor Kawasaki, khususnya Kawasaki ninja bermesin 2-tak sepertinya harus berlapang dada. Pasalnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memutuskan untuk menghentikan produksi Ninja 150R dan 150RR pada 31 Juli 2015. KMI mengungkapkan, penghentian produksi salah satu motor andalannya itu dilakukan lantaran terpaksa.

Michael Tanadhi, yang menjabat sebagai Sales & Marketing Division KMI mengatakan, motor sport Kawasaki ninja 2-tak dihentikan karena tidak sesuai dengan regulasi terbaru pemerintah mengenai standar emisi EURO3.

“Ninja 2-tak sudah tidak ada produksi lagi. Tetapi hingga saat ini kami masih boleh untuk menjual, masih tersisa 5.000 unit atau stok untuk 1,5 bulan,” kata Michael yang dikutip dari Antara, Selasa (04/08/2015).

Michael menambahkan, sebelum produksi Ninja 2-tak dihentikan, tim R&D Kawasaki Jepang telah memberikan bantuan dan saran guna menyempurnakan motor tersebut. Namun saran tersebut tidak diambil oleh pihak KMI, sebab hal itu akan membuat banderol harga Ninja 2-tak semakin tinggi.

“R&D Kawasaki Jepang sudah kasih upaya yang bagus untuk penyempurnaan Ninja 2-tak, namun ada pertimbangan biaya produksi jadi meningkat dan performanya akan drop kalau dipaksakan lolos Euro 3,” ujar Michael.

Kawasaki Ninja 2-Tak 2015 Indonesia 1

“Jika Ninja 150 tetap lanjut dijual, biaya produksinya sangat tinggi dan hampir tidak masuk akal. Masa Ninja 150 harganya lebih mahal dari Ninja 250? Gak mungkin dong?,” tambah Michael. Hal tersebut memang cukup sulit bagi KMI. Perlu diketahui, Ninja 250 yang ada saat ini dijual dengan kisaran harga Rp 57-65 jutaan. Tentu konsumen akan berpikir dua kali sebelum membeli Ninja 150 2-tak dengan harga setara Ninja 250.

Sementara itu, sejak jauh-jauh hari Kawasaki Indonesia telah mengantisipasi hal ini dengan menghadirkan pengganti Ninja 2-tak. Motor tersebut adalah Kawasaki Ninja RR Mono. Motor sport ini mengandalkan mesin berkapasitas 250 cc satu silinder 4-tak.

Namun sensasi berkendara dan suara Ninja RR Mono masih tidak bisa disandingkan dengan Ninja 2-tak. Kendati demikian, Michael menerangkan bahwa motor ini memiliki stabilitas yang baik saat menikung. Selain itu tarikan motor ini juga hampir menyamai dengan motor 2-tak.

Di samping hal itu, kekurangan lain pada harga Ninja RR Mono adalah yang lebih mahal dibandingkan dengan Ninja 2-tak. Di Tanah Air, motor ini dijual dengan harga Rp 44,8 juta untuk versi standar. Sementara untuk versi rem ABS dipatok Rp 50,8 juta.

Sekedar informasi tambahan, Kawasaki Ninja 2-tak telah diniagakan di Indonesia sejak tahun 1996. Pada awal peluncurannya, Ninja 2-tak dihadang oleh Honda NSR, Yamaha RZR dan Suzuki RG-R. Saat seluruh kompetitornya berhenti produksi pada awal tahun 2000-an, Kawasaki Ninja 2-tak justru masih bertahan hidup hingga pensiun di tahun 2015.

Motor ini dapat bertahan lantaran mengadopsi teknologi Kawasaki Integrated Power-valve System (KIPS) dan High Performance Secondary Air system (HSAS) yang membuat emisi yang dihasilkan ramah lingkungan.

Teknologi Super KIPS yang digunakan Ninja 150 2-tak saat ini merupakan sistem gas buang yang mengandalkan buka tutup katup pada putaran mesin rendah dan tinggi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir gas buang. Teknologi tersebut dibantu HSAS yang bertugas untuk memasukkan udara bersih ke dalam sekat-sekat saluran gas buang yang dapat membentuk campuran emisi CO2 dan H2O yang ramah lingkungan dan tidak beracun. Akan tetapi teknologi tersebut tidak memenuhi EURO3 yang kini diterapkan oleh pemerintah.

Terlepas dari kabar pensiunnya Ninja 150 2-tak, KMI dirumorkan akan mempersiapkan Ninja 150 cc 4-tak. Namun hal ini dibantah oleh Michael. Padahal, konsumen di Tanah Air masih banyak yang berminat membeli motor sport 150 cc itu lantaran harganya yang tidak terlalu mahal.

“Sejauh yang saya lihat, 150 4 tak sampai 2016 enggak ada. Belum tahu (ada atau tidaknya),” jelasnya.

Source: harga ninja rr super kips, ninja 2 tak 2016, ninja 2tak 2016, kawasaki ninja 2 tak, harga ninja super kips 2016, ninja kips 2016, ninja Rr super kips 2016, ninja 2 tak terbaru 2016, Kawasaki Ninja 2 tak 2016, ninja r 2 tak 2016,