Perbedaan Performa Honda All New CB150R Lama Dan Baru

Oleh Ayunda Devi | 08/08/2015
Perbedaan Performa Honda All New CB150R Lama Dan Baru

Perbedaan Spesifikasi Honda CB150R Lama Dan Baru, Pasar motor sport di Indonesia kembali dipanaskan dengan kehadiran All New CB150R StreetFire. Motor sport andalan Honda itu dirilis untuk mempersengit persaingannya dengan Yamaha New V-ixion Advance yang juga dirilis belum lama ini.

Berada di segmen yang sama, tentu ada strategi khusus yang dipersiapkan oleh Honda. Tidak hanya segi penampilan saja, umumnya konsumen motor sport di Tanah Air juga mempertimbangkan soal performa. Hal inilah yang tampaknya menjadi fokus PT Astra Honda Motor (AHM) saat melakukan penyegaran pada All New CB150R.

Melihat tampilannya, Honda CB150R terbaru ini tampak jauh berbeda dari model sebelumnya. Kini motor berlambang sayap itu hadir lebih sporty, dengan desain yang futuristik. Model terbaru CB150R dipenuhi dengan sudut-sudut tajam yang membuatnya terlihat agresif. Hal ini juga terlihat di bagian depan. Headlamp motor ini didesain segar dan telah menggunakan lampu LED yang dirancang seolah menyatu dengan panel indikator. Kesan modern pada motor ini juga terlihat di bodi bagian belakang.

Agar pengendara merasa lebih nyaman, CB150R terbaru dibekali dengan teknologi balancer utama tipe uniaxial (uniaxial primary balancer), roda gigi tipe heliks (helical gear) dan bantalan crank yang kuat (high rigidity crank journal bush). Di samping itu motor sport ini juga memiliki perpindahan transmisi yang hasil. Hasilnya, seluruh teknologi ini sanggup menghasilkan suara mesin yang halus dan minim getaran.

Perbedaan lain terdapat pada bagian sasis. All New CB150R menggunakan sasis yang didesain untuk semua kondisi jalanan dan kecepatan. Selain itu pesaing Yamaha V-ixion ini juga menggunakan ban yang lebih besar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya cengkeram ban ke tanah dan memberikan keamanan yang lebih saat bermanuver ataupun melesat dalam kecepatan tinggi.

Honda CB150R StreetFire 2015 Indonesia 2

Sama dengan tampilannya yang jauh lebih menarik, performa All New CB150R StreetFire kini menjadi jauh lebih mengesankan. Menurut Kenji Kawai, selaku Large Project Leader CB150R Streetfire Honda R&D Co Ltd Motorcycle R&D Center, Jepang, Motor sport terbaru Honda ini memberikan kesenangan dan kenyamanan yang lebih baik daripada model lamanya.

”Perbaikan performa menyeluruh, mulai dari tingkat akselerasi, kecepatan maksimum, hingga konsumsi bahan bakar. Hal itu berkat penerapan banyak teknologi terkini pada mesin DOHC 150 cc generasi baru CB150R StreetFire,” ujar Kawai, dalam peluncuran di Jakarta, Rabu (05/08/2015), dilansir dari KompasOtomotif.

Tenaga dan torsi All New Honda CB150R StreetFire menjadi lebih baik. Ketika dipresentasikan dalam bentuk kurva, torsi dan tenaga CB150R terbaru jauh lebih besar dibandingkan dengan model lama. Dengan demikian, akselerasi menjadi meningkat, khususnya saat akan mencapai jarak tertentu dari diam.

Perlu diketahui, motor sport ini dapat melesat dari 0-200 meter hanya dalam catatan waktu 10,5 detik. Sementara untuk model yang lama baru menyentuh jarak 198 meter dengan catatan waktu yang sama. Kecepatan maksimum yang mampu diraih CB150R terbaru juga menjadi lebih besar, yakni mencapai 125 km/jam. Sementara model sebelumnya hanya sanggup menembus 122 km/jam.

Meskipun performa yang dihasilkan menjadi lebih baik, namun konsumsi bahan bakarnya tetap irit. Honda mengklaim All New CB150R StreetFire lebih efisien 13 persen dibandingkan CB150R lama untuk urusan konsumsi BBM. Tes menggunakan metode ECE-R40 dengan standar emisi Euro2, konsumsi bahan bakar All New CB150R mencapai 40,58 km/liter. Sedangkan pengujian dengan menggunakan standar emisi Euro3 mencapai 37,89 km/liter. Lain halnya dengan model lama yang berada di angka 36 km/liter.

Source: motor honda cb150r terbaru 2015, perbedaan cb150r lama dan baru, new cb 150 r, all new honda cb150r 2015, cb150r lama, honda cb150r terbaru 2016, cb150r streetfire 2015, perbedaan cb150r lama dengan yang baru, honda cb150r lama, perbedaan cb150r lama dan all new cb150r streetfire,