Keunggulan New Honda Sonic 150R Terbaru Di Indonesia

Oleh Ayunda Devi | 08/08/2015
Keunggulan New Honda Sonic 150R Terbaru Di Indonesia

Keunggulan Kelemahan New Honda Sonic 150R, Untuk menjawab permintaan konsumen setianya, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor bebek sport terbarunya, yakni Sonic 150R. Motor ini dihadirkan untuk membidik kalangan muda yang ingin tampil sporty dan menarik.

Motor terbaru yang merupakan pesaing baru bagi Suzuki Satria F150 ini hadir dengan tampilan yang segar. Motor ini didesain agresif dan sporty, yang terlihat dari sudut dan garis tajam, serta lampu depan yang mengusung LED. New Honda Sonic 150R juga dibekali dengan panel indikator yang telah menganut model digital. Alhasil kesan futuristik akan menyambut sang pemilik saat hendak memacu motor ini. Di samping itu disematkan pula pelek berbahan aluminium yang didesain menarik, dipadukan dengan rem cakram depan berukuran 296 mm dan ban berjenis tubeless.

Motor bebek sport ini juga dilengkapi cover bodi dengan sayap samping berkarakter aerodinamis. Menariknya, sayap samping ini dapat dibongkar pasang sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Melihat dimensinya, New Honda Sonic 150R memiliki panjang 1.941 mm, dengan lebar 669 mm dan tinggi 997 mm. Tinggi jok motor mencapai 762 mm, sedangkan ground clearance atau jarak bebas ke tanah 140 mm. Secara keseluruhan motor ini memiliki dimensi yang kompak. Hal ini didukung dengan berat kosong yang mencapai 114 kg, sehingga membuatnya mudah untuk dikendarai.

Tangki bahan bakar yang dibenamkan pada motor ini memiliki kapasitas sebesar 4 liter. Namun ada sedikit kekurangan pada motor baru andalan Honda ini. Sonic 150R tidak memiliki ruang untuk penyimpanan barang di balik jok. Hal ini tentu akan menjadi permasalahan tersendiri bagi pengendara yang harus membawa jas hujan.

Honda Sonic 150R 2015 Indonesia 1

Beralih ke sektor performanya, New Sonic 150R dipersenjatai dengan jantung pacu yang sama seperti milik All New CB150R StreetFire. Motor ini menggunakan mesin baru dengan kapasitas sebesar 150 cc, DOHC, 4 klep dan disandingkan dengan teknologi injeksi khas Honda, PGM-FI.

“Hanya saja berbeda karakter, New Sonic 150 tenaganya diset untuk kecepatan rendah hingga menengah, dan penggunaan kota yang stop and go,” kata Yoshiyuki Horii, Large Project Leader New Sonic 150R, dari Honda R&D Co., Ltd. Motorcycle R&D Center, Jepang, dikutip dari laman Metrotvnews.

Akan tetapi bebek sport baru ini lebih lincah dalam bermanuver. Wajar saja, ukuran New Sonic 150R lebih kecil dan bobotnya pun lebih ringan. Menurut data pabrikan, New Honda Sonic 150R dapat berakselerasi dalam kondisi diam sampai jarak 200 meter dalam waktu 10,6 detik.

Sasis yang digunakan pada motor ini didesain sedemikian rupa sehingga mendukung gerakan lincah dan memberikan rasa aman saat kendaraan melesat dalam kecepatan tinggi. Selain itu, rangka twin-tube yang didesain baru mampu menghasilkan kekuatan tinggi, namun bodinya tetap terlihat ramping.

Hal menarik lainnya terdapat pada setang kemudi yang dibuat menyerupai motor sport racing. Alhasil New Sonic 150R dapat memberikan kesan berkendara yang lebih agresif dan sporty, serta memudahkan dalam handling tak terkecuali saat bermanuver di jalan raya.

PT Astra Honda Motor menawarkan New Sonic 150R dalam 4 varian warna, di antaranya Active White, Energetic Red, Neo Magenta dan Spartan Black. Untuk harga Honda Sonic, motor ini dipatok Rp 20,9 juta on the road Jakarta.

Sekedar tambahan informasi, berbekal tampilan, teknologi dan mesin baru, Honda Sonic 150R akan menjadi tantangan serius bagi Suzuki Satria F150 yang menempati segmen yang sama. Walaupun mesin yang diusung sama-sama berkapasitas 150 cc, namun masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Di sisi lain, hadirnya New Sonic 150R tampaknya tidak terlalu mempengaruhi Yamaha MX King 150 yang menempati segmen bebek super.

Source: kelemahan honda sonic, kelebihan dan kekurangan honda sonic, Kekurangan Honda sonic, kelebihan dan kekurangan honda sonic 150, keunggulan sonic, kekurangan sonic 150, kelebihan dan kekurangan sonic 150r, kelemahan sonic, kelemahan new sonic 150r, kelebihan new sonic,