Perbedaan Grand New Avanza dan Grand New Veloz Indonesia

Oleh Dian Hadi Kusuma | 13/08/2015
Perbedaan Grand New Avanza dan Grand New Veloz Indonesia

Perbedaan Grand New Avanza vs Grand New Veloz, Rabu (12/08/2015), PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan dua Low MPV terbarunya, Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Walaupun memiliki tampilan yang nyaris sama, kedua mobil keluarga ini memiliki sejumlah perbedaan. Berikut adalah perbedaan di antara kedua MPV Toyota terbaru itu.

Melihat tampilan eksteriornya, Grand New Avanza dan Veloz sama-sama mengusung gaya desain baru. Mobil sejuta umat ini mengusung bahasa desain Keen Look khas Toyota, dengan lampu utama memanjang dan grille trapesium yang besar.

Untuk Grand New Avanza, Toyota mendesainnya dengan mengacu pada aggressive dan sophisticated look. Grille Avanza terbaru dibuat lebih lebar dan model lamanya. Sementara lower bumper dirancang menyatu hingga rumah foglamp di bagian depan.

Sedangkan untuk Grand New Veloz hadir dengan desain yang agresif dan sporty. Mobil ini mengusung bumper depan dengan garis desain yang lebih tegas, dan grille yang lebih melebar ke bawah.

Beralih ke bagian buritan, baik Grand New Avanza maupun Grand New Veloz dipermanis dengan garnish yang disematkan di lampu dan plat nomor. Perbedaannya, buritan Veloz mengusung combination lamp dengan aksen warna gelap agar tampil seirama dengan wajah depannya yang sporty dan dinamis.

Toyota Grand New Avanza & Veloz 2015 Indonesia 2

Selain itu pelek yang diusung juga berbeda. Avanza terbaru menggunakan pelek berdiameter 14 inci, dengan warna silver. Sementara Veloz menggunakan pelek 15 inci dengan corak machining.

Untuk bagian interiornya, generasi terbaru Avanza dan Veloz terlihat hampir sama. Perbedaan terletak pada meter cluster baru dan konfigurasi 50:50 pada kursi baris ketiga. Di samping itu warna trim interior juga memiliki perbedaan. Grand New Avanza lebih mengedepankan nuansa mewah dengan warna Dark Gray dan Oak, sementara Grand New Veloz menonjolkan kesan sporty dengan warna Dark Gray.

Perbedaan lainnya terlihat pada roda kemudi, di mana spesifikasi grand new Veloz tampil lebih menarik karena dilapisi kulit dan dilengkapi kontrol audio. Di samping itu Veloz mengusung 6 unit speaker untuk kualitas audio yang lebih baik. Sedangkan Grand New Avanza hanya memiliki 4 unit.

Untuk sistem infotainment, spesifikasi Grand New Avanza dan Veloz dibekali dengan head unit 2 DIN sebagai fitur standar. Untuk tipe Avanza E Grade, Toyota menyematkan head unit dengan fitur CD, USB, AUX dan dukungan konektivitas Bluetooth untuk Veloz 1.3. Lain halnya dengan Avanza 1.3 G yang mengusung head unit dengan pemutar CD, USB, AUX dan Bluetooth, tipe Avanza 1.5 G dan Veloz 1.5 dilengkapi dengan tambahan fitur DVD player.

Beralih ke sektor performa, Toyota telah menyematkan jantung pacu baru pada dua mobil barunya ini. Grand New Avanza dan Veloz dibekali dengan mesin berkode 1NR-VE 1.3 liter dan 2NR-VE berkapasitas 1.5 liter. Kedua mesin itu telah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i.

Mesin berkapasitas 1.329 cc 4 silinder, 16 valve, DOHC, dapat menghantarkan daya maksimum sebesar 96,5 dk pada 6.000 rpm dengan torsi mencapai 12,3 Kgm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin dengan kapasitas 1.496 cc, 4 silinder, 16 valve, DOHC sanggup menghembuskan tenaga hingga 104 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,9 kgm pada 4.200 rpm.

Di samping menjanjikan tenaga yang lebih maksimal, mesin baru ini juga memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tidak hanya itu saja, mesin baru Avanza dan Veloz tersebut juga lebih minim getaran sehingga perjalanan pengguna akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Untuk pilihan warnanya, Grand New Avanza tersedia dalam 8 varian warna, sementara Grand New Veloz 4 warna. Toyota Astra Motor menjual keduanya dengan harga mulai Rp 180,6 juta sampai dengan Rp 226,9 juta On the Road (OTR) Jakarta.

Source: perbedaan avanza g dan veloz 2016, perbandingan avanza new 1 5 g dg velos 1 5 2016, knalpot racing avanza, buritan all new grand avanza, avanza vs veloz 2016, perbandingan new veloz dg new avanza, perbandingan lebar avanza g dan veloz, perbandingan veloz 2016 dan avamza G, perbandingan avanza veloz 1 3g, perbedaan avanza Veloz dan tipe G 2016/2017,