Mobil SUV Terbaru Honda BR-V Sudah Bisa Dipesan Di GIIAS 2015

Oleh Dian Hadi Kusuma | 14/08/2015
Mobil SUV Terbaru Honda BR-V Sudah Bisa Dipesan Di GIIAS 2015

SUV Terbaru Indonesia Honda BR-V, Pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 nanti, PT Honda Prospect Motor (HPM) akan memperkenalkan mobil terbarunya, yakni Honda BR-V. Kehadirannya di pameran tersebut sekaligus merupakan yang pertama kali di dunia. Menariknya, bagi konsumen yang ingin membeli CUV (Crossover Utility Vehicle) baru ini dapat melakukan pemesanan saat pameran berlangsung.

Honda BR-V akan hadir dengan teknologi transmisi terdepan di kelasnya, yakni Continuous Variable Transmission (CVT) dan manual 6-percepatan. Penggunaan transmisi CVT ini telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan performa sporty sekaligus irit bahan bakar.

“Kami percaya bahwa teknologi transmisi CVT dan 6MT yang mendukung mesin 1.5 liter ini akan menjadi kelebihan Honda BR-V karena merupakan yang pertama di kelasnya,” ujar Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor dikutip dari Otosia.

CVT yang diusung Honda BR-V Prototype diperingkas dan memiliki bobot yang lebih ringan. Hal ini bertujuan untuk memperoleh akselerasi yang lebih bertenaga namun tetap halus dan untuk menunjang efisiensi bahan bakar.

Sedangkan transmisi manual enam percepatan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghadirkan rasio perpindahan gigi yang lebih rapat. Alhasil performa mesin lebih responsif dan teatp irit bahan bakar.

Honda BR-V 2016 Indonesia 2

Di samping transmisi yang canggih, Honda BR-V juga akan hadir dengan tampilan eksterior yang tangguh dan menarik, dengan ground clearance yang tinggi dan alloy wheel yang besar dan berdesain stylish. Tidak hanya itu, crossover baru andalan Honda ini juga memiliki kabin yang lega dan nyaman. Kabin Honda BR-V dapat digunakan untuk menampung 7 orang penumpang dengan konfigurasi 3 baris. Tak lupa Honda menyematkan sejumlah fitur keselamatan yang sudah menjadi ciri khas produk Honda.

Honda BR-V (Bold Runabout Vehicle) dibuat untuk pasar Asia. Mobil SUV terbaru ini dirancang oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. Di Thailand dan PT Honda R&D Indonesia. Mobil ini diperkenalkan di Indonesia sebagai sebuah New Generation Crossover Utility dari Honda guna memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air.

“Teknologi transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology ini sebelumnya juga telah diterapkan pada model seperti Honda Mobilio dan Honda HR-V terbaru yang telah terbukti keiritan dan ketangguhannya. Sementara transmisi manual 6 percepatan dan juga telah teruji karena sebelumnya diterapkan pada Honda HR-V,” kata Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy.

Pada ajang GIIAS 2015 nanti, Honda akan hadir dengan mengusung tema 3E, yaitu Everyone, Endless, Excitement. Honda akan memajang 35 unit mobil miliknya di hall 10 ICE. Jumlah unit yang dipajang lebih banyak dibandingkan dengan pameran tahun sebelumnya.

Jika melihat gambar desain yang pernah dirilis oleh Honda, BR-V didesain dengan balutan kesan futuristik. Pada tampilan depannya terdapat grille Solid Wing Face yang merupakan khas Honda. Sementara headlamp BR-V memiliki tampilan yang tajam, dengan bumper yang terlihat gagah. Kesan adventure pada low SUV ini terlihat melalui hadirnya roofrail di bagian atap.

Beralih ke sektor performanya, Honda BR-V nantinya akan dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.5 liter, i-VTEC. Mesin ini akan ditemani oleh transmisi berteknologi baru yang menjanjikan performa lebih baik.

Saat dijual nantinya, Honda BR-V akan menempati segmen SUV dan berada di antara Honda Mobilio dan HR-V. Untuk masalah harga, mobil baru Honda ini diprediksikan akan dibanderol sekitar Rp 200-300 juta. Honda BR-V bisa menjadi tantangan serius bagi Toyota Rush dan Daihatsu Terios terbaru yang berada di segmen yang sama.

Source: