Perbedaan Mesin Baru Grand New Avanza Dengan Versi Lama

Oleh Ayunda Devi | 15/08/2015
Perbedaan Mesin Baru Grand New Avanza Dengan Versi Lama

Kelebihan Mesin Baru Grand New Avanza, Belum lama ini PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Avanza, yakni Grand New Avanza dan Veloz. Seperti yang diberitakan sebelumnya, mobil sejuta umat ini dipersenjatai dengan dapur pacu baru. Lantas apa yang menjadi kelebihan dari mesin baru Grand New Avanza dan Veloz ini?

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman mengatakan, setidaknya ada empat komponen baru pada mesin Grand New Avanza dan Veloz ini. Keempat komponen tersebut adalah injector, immobilizer, busi dan knock sensor.

Toyota telah membenamkan busi berbahan material iridium pada mesin Grand New Avanza dan Grand New Veloz. “Busi ini kuat, ketahanannya 100 ribu km baru diganti,” jelas Iwan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, dilansir dari Liputan6.

Tidak hanya itu saja, Iwan mengungkapkan busi baru tersebut mampu menghasilkan percikan api yang lebih besar. Busi iridium juga tidak bisa dibersihkan,” lanjutnya.

Komponen baru berikutnya yang ada pada MPV (Multi Purpose Vehicle) ini adalah injector. Pada generasi terbaru Toyota Avanza ini terdapat delapan lubang injector. Lebih banyak empat lubang dibandingkan dengan model sebelumnya.

Mesin Toyota Grand New Avanza 2015 Indonesia

“Kalau lebih banyak, lubangnya lebih dikecilkan. Ini membuat butiran bensin lebih halus, nyala lebih mudah, dan efisiensi pembakaran lebih bagus. Dulu 80 persen terbakar, sekarang bisa 90 persen,” kata Iwan.

Selanjutnya, Toyota menyematkan knock sensor baru pada mobil andalannya itu. Komponen ini memungkinkan penggunaan bahan bakar (BBM) yang lebih bervariasi, di mana RON 90 merupakan baan bakar ideal untuk mobil ini. Dengan kata lain, Grand New Avanza dan Veloz lebih cocok untuk menggunakan bahan bakar setara Pertalite.

Iwan memaparkan, kompresi kedua mesin baru tersebut beda dengan mesin lama. Jika mesin lama 1.3L K3-VE dan 1.5 3SJ-VE memiliki kompresi 10,4, maka pada mesin baru 1.3L 1NR-VE dan 1.5L 1NR-VE naik menjadi11,5.

Menurut Iwan, kompresi mesin 11,5 memiliki batas penggunaan bahan bakar di bawah RON 92 dan di atas RON 90. “Minimal di angka itu biar bisa dapat tenaga dan torsi maksimal. Untuk mesin ini bila diberi Pertamax Plus malah mubazir,” ujarnya.

Part baru terakhir pada mesin baru Grand New Avanza dan Veloz adalah immobilizer. Teknologi ini membuat mobil hanya bisa dihidupkan dengan kunci yang sudah terdaftar di komputer mobil. Sehingga keamanan mobil akan lebih terjaga.

Di samping itu, Iwan mengatakan bahwa secara umum terdapat empat kelebihan dari mesin dual VVT-i. Di antaranya lebih efisien, performa dan torsi lebih baik, eco friendly dan lebih inovatif.

Sebagai tambahan informasi, varian mesin berkapasitas 1.329 cc 4 silinder, 16 valve, DOHC mampu menghasilkan tenaga hingga sebesar 96,5 dk pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 12,3 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

Sementara pilihan mesin 1.496 cc 4 silinder, 16 valve, DOHC memiliki daya maksimum sebesar 104 dk pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 13,9 Kgm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Selain memiliki tenaga yang lebih besar, mesin baru Grand New Avanza dan Grand New Veloz ini juga memiliki efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik. Selain itu mesin ini juga lebih minim getaran, sehingga suasana di dalam kabin tetap nyaman.

PT TAM memasarkan harga Grand New Avanza dengan harga mulai Rp 191,8 juta untuk tipe terendah 1.3 E /AT, sampai dengan Rp 211 juta untuk tipe 1.5 G M/T. Sementara Grand New Veloz dijual mulai Rp 204,2 juta sampai Rp 226,9 juta untuk tipe 1.5 A/T. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

Source: avanza lama lebih bagus, perbedaan avanza baru dan lama, avanza lama vs all new avanza, Avanza lama, perbedaan avanza lama dan baru, kompresi grand new avanza, kompresi avanza, perbedaan suspensi avanza lama dan baru, perbedaan mesin avanza lama dengan yang baru, perbedaan mesin avanza 1 3 dengan 1 5,