5 Fitur Baru Daihatsu Great New Xenia

Oleh Intan Nur Farida | 15/08/2015
5 Fitur Baru Daihatsu Great New Xenia

Mesin Dan Teknologi Baru Great New Xenia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meramaikan pasar low MPV di Tanah Air dengan menghadirkan mobil baru andalannya, Great New Xenia. Mengusung nama baru, mobil keluarga ini memiliki banyak perubahan.

Perubahan tidak hanya terjadi di tampilan eksterior, namun juga interior hingga sektor pacunya. Beragam perubahan tersebut membuat Great New Xenia menjadi terlihat lebih istimewa dibandingkan dengan model sebelumnya. Lalu apa saja ubahan yang membuat MPV (Multi Purpose Vehicle) ini terlihat istimewa? Berikut adalah 5 hal baru yang membuat Kelebihan Great New Xenia semakin mengesankan.

1. Mesin berteknologi Dual VVT-i

Daihatsu membekali Great New Xenia dengan mesin baru. Untuk varian mesin 1.3 L, perusahaan otomotif asal Jepang ini telah membekalinya dengan teknologi baru Dual VVT-i. Teknologi tersebut membuat mesin lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Agar efisiensi bahan bakar lebih maksimal, Great New Xenia dilengkapi dengan electronic throttle system. Sistem ini bertugas untuk mengatur kerja pedal gas dari sensor melalui ECU untuk menyuplai bahan bakar sesuai dengan kebutuhan. Daihatsu mengklaim mesin baru Great New Xenia ini lebih irit bahan bakar hingga 15 persen dibandingkan dengan model sebelumnya.

Mesin tipe 1NR yang menggantikan mesin lama berkode K3-VE DOHC VVT-i itu juga memiliki tenaga yang lebih besar. Menurut data teknis, mesin baru Great New Xenia dapat menyalurkan dya hingga sebesar 97 hp pada putaran 6.000 rpm. Tenaga ini naik 6 hp dari mesin lamanya. Sementara torsi maksimumnya mencapai 117,6 Nm pada 4.200 rpm.

Great New Xenia 2015 Indonesia 2

Di samping itu, pengaplikasian roller rocker arm dapat meminimalisir gesekan mesin. Dengan begitu mesin dapat bekerja secara optimal dan bunyi yang merambat ke kabin dapat dikurangi. Hal ini akan memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada pengemudi dan penumpang di dalamnya.

2. Adanya side impact bar

Tidak hanya sektor mesin saja yang mendapat perhatian, Daihatsu juga memperhatikan aspek lain seperti keselamatan dan keamanan penumpangnya. Untuk hal itu Great New Xenia dilengkapi dengan side impact bar. Fitur ini terdapat di keempat pintu samping Great New Xenia. Di samping side impact bar, mobil keluarga ini juga dilengkapi dengan dual airbag sama seperti pada model sebelumnya.

Hadirnya fitur keselamatan yang lebih lengkap membuat Great New Xenia semakin memperketat persaingannya dengan kompetitor lain di kelasnya. Perlu diketahui, Suzuki Ertiga yang menjadi salah satu rival Xenia juga telah dibekali dengan side impact bar.

3. Desain dashboard lebih menarik

Nuansa di dalam kabin Great New Xenia terlihat lebih elegan dan menawan. Mata pengguna akan dimanjakan dengan tampilan dashboard baru yang mengusung warna dual-tone. Daihatsu mengklaim penggunaan warna ini membuat kabin MPV ini terlihat lebih mewah jika dilihat dari dalam.

4. Kabin yang nyaman

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Great New Xenia dibekali dengan mesin terbaru yang dapat meminimalisir suara bising dari mesin yang masuk ke dalam kabin. Oleh karena itu kabin mobil ini lebih senyap sehingga menjamin kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Selain itu, hadirnya side impact bar membuat pengguna merasa lebih aman dan nyaman

5. Adanya aksesoris bawaan

Great New Xenia memiliki kelebihan lain, yakni telah dilengkapi dengan sejumlah komponen aksesoris yang kini sudah menjadi komponen bawaan. Sebagai contoh, mobil keluarga berkapasitas 7 orang penumpang ini dibekali dengan tambahan aksesoris stop lamp di lampu bagasi dan tail-wing beserta stop lamp tambahan.

Source: