Chevrolet Trax Terbaru, Adik Captiva Resmi Meluncur Di Indonesia

Oleh Ayunda Devi | 25/08/2015
Chevrolet Trax Terbaru, Adik Captiva Resmi Meluncur Di Indonesia

Chevrolet Trax Baru 2015, Setelah cukup lama dinanti, akhirnya General Motors (GM) Indonesia resmi memperkenalkan Compact Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya, Chevrolet Trax. Mobil yang diperkenalkan di perhelatan Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2015 di ICE, BSD City, Tangerang Selatan tersebut sampai saat ini masih berstatus penjajakan selera konsumen. Apabila dipasarkan di Tanah Air, Trax akan menjadi senjata baru bagi Chevrolet untuk menggebrak pasar otomotif nasional.

Seperti yang hangat dikabarkan beberapa waktu lalu, Chevrolet Trax diprediksi akan bersaing ketat dengan beberapa rivalnya di segmen compact crossover. Seperti yang diketahui bersama, segmen tersebut setidaknya diisi oleh tiga model, yakni Honda HR-V, Nissan Juke dan For Ecosport.

Mobil baru ini dihadirkan untuk memenuhi keinginan konsumen perkotaan. Ada pergeseran keinginan konsumen di perkotaan yang menggunakan city car dan ingin memiliki mobil dengan tampilan lebih gagah seperti small SUV.

”Trax akan melengkapi generasi SUV Chevrolet di Indonesia. Kami yakin Trax akan menjawab pasar di Indonesia dengan tren permintaan compact SUV yang semakin meningkat,” terang Meilita Iskandar, selaku Direktur Pemasaran GM Indonesia, sebagaimana dikutip dari situs Kompas.

Meilita menambahkan, kondisi infrastruktur yang tidak selalu baik membuat konsumen cenderung lebih memilih mobil dengan ground clearance tinggi. Hal ini akan memberikan kemudahan tersendiri bagi pengemudi, khususnya saat hujan dan banjir tiba.

Chevrolet Trax 2016 Indonesia 2

Menurut Meilita, Chevrolet Trax ditujukan bagi konsumen yang suka berpetualang dan bergaya, namun tetap mengutamakan faktor keselamatan pada kendaraan miliknya. Dengan demikian mobil ini cocok untuk konsumen yang sudah berkeluarga. “Selain nyaman, anak-anak kan bemain di belakang sehingga butuh fitur keselamatan,” jelasnya.

Chevrolet Trax merupakan kendaraan yang dirancang dan didesain khusus untuk perkotaan. Mobil ini memadukan beberapa konsep sekaligus, seperti ketangguhan, gaya dan fitur-fitur cerdas menjadi satu. Crossover baru andalan Chevrolet ini hadir dengan keunggulan tersendiri. Salah satunya terdapat pada sektor performanya. spesifikasi Chevrolet Trax dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.400 cc turbo yang mampu menghantarkan tenaga hingga 140 PS pada putaran mesin 4.900 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada putaran 1.850 rpm.

Perangkat turbocharger didesain sedemikian rupa untuk meminimalisir turbo lag dan untuk meningkatkan respon mesin. Chevrolet Trax mengandalkan D-CVCP (Double Continuous Variable Cam Phasing) guna mengoptimalkan intake dan exhaust timing. Hal ini membuat mesin lebih efisien dan mereduksi emisi bahan bakar. Tidak hanya itu saja, mesin mobil ini disandingkan dengan sistem transmisi 6-percepatan yang membuat kinerja mesin lebih mengesankan.

Yuniadi Hartono, yang menjabat sebagai Kepala Hubungan Eksternal GM Indonesia berani mengklaim bahwa Chevrolet Trax menjadi mobil di kelasnya yang menggunakan mesin turbo. Yuniadi menambahkan, Chevrolet Trax akan dirilis dalam pilihan mesin berbahan bakar bensin. Opsi mesin diesel akan menjadi pertimbangan berikutnya.

Lantas berapa harga jual dari mobil penantang Honda HR-V ini? Sayangnya untuk hal ini pihak manajemen GM Indonesia belum bersedia untuk mengungkapkan. Akan tetapi, Yuniadi mengatakan bahwa Trax akan menjadi adik Captiva yang telah diniagakan di Indonesia. Dikatakan harganya akan bersaing dengan kompetitor dan menyesuaikan dengan fitur.

”Terus terang tidak ada yang tahu soal harga. Siapa yang bisa menentukan saat nilai tukar rupiah dengan dollar yang terus bergerak? Kami akan umumkan saat peluncuran resmi,” ujar Yuniadi.

Chevrolet Trax di Indonesia ini diimpor dari Korea secara CBU. Menariknya, spesifikasi Chevrolet Trax untuk pasar Indonesia tidak kan dikurangi. Dengan kata lain spesifikasinya sama persis dengan yang ada di Korea.

Source: captiva 2016 indonesia,