Mobil Sedan Terbaru Suzuki Ciaz Akhirnya Masuk Indonesia

Oleh Ayunda Devi | 28/08/2015
Mobil Sedan Terbaru Suzuki Ciaz Akhirnya Masuk Indonesia

Sedan Suzuki Ciaz Terbaru Indonesia, Pasar sedan di Tanah Air sebenarnya kecil, tidak seperti pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) yang hingga saat ini masih mendominasi penjualan mobil. Akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan Suzuki Indomobil Sales untuk meramaikan segmen sedan entry level.

Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia itu meluncurkan Suzuki Ciaz. Mobil baru 2016 ini akan menghadapi persaingan dari Honda City dan Toyota Vios yang sudah lebih dahulu dipasarkan di Tanah Air. Sedan terbaru Suzuki ini hadir dengan tiga konsep desain, yakni sporty dan elegant, roomy dan comfortable cabin serta excellent driving performance dan fuel efficient.

“Ciaz merupakan sedan gabungan unsur-unsur sedan kelas atas yakni stylish, desain kualitas tinggi, kabin lega dan nyaman, keseimbangan antara efisiensi bahan bakar dengan performa berkendara dan performa keselamatan yang tinggi,” jelas Makmur, 4 W Marketing Director SIS, dikutip dari Metrotvnews.

Suzuki Ciaz digadang-gadang sebagai sedan murni. Pasalnya mobil ini tidak dikembangkan dari model hatchback. Dengan berbekal sejumlah perbedaan dari sedan sekelasnya, Ciaz siap untuk memikat konsumen sedan di Tanah Air. “Apa yang berbeda dari Ciaz, ini adalah sedan irit bahan bakar,” ujar Dony Saputra, selaku 4W Head of Product Development Suzuki Indomobil Sales.

Suzuki Ciaz yang akan dipasarkan di Indonesia didatangkan dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Rencananya Suzuki akan mulai menjual sedan barunya itu pada bulan November 2015 nanti.

Suzuki Ciaz 2016 Indonesia 2

Di sisi interior, Suzuki Ciaz menawarkan kesan senada dengan tampilan eksteriornya, yaitu elegan dan sporty. Kokpit sedan ini dirancang sedemikian rupa dengan berorientasi pada pengemudi dan menunjukkan kesan sporty yang terlihat menarik.

Kabin mobil ini menyajikan warna two-tone hitam dan abu-abu tua. Perpaduan warna ini tampak menghiasi bagian panel instrumen hingga ke bagian kanan dan kiri kendaraan. Untuk menghadirkan suasana yang elegan, Suzuki mengkombinasikan warna silver dan ornamen chrome pada interior Ciaz.

Tidak hanya tampilannya saja yang menarik, ruang interior sedan ini dibuat sedemikian rupa untuk memberikan rasa leluasa bagi penumpang dan kenikmatan akan mengemudi yang nyaman. Suzuki Wheelbase atau jarak sumbu roda Suzuki Ciaz mencapai 2.650 mm. Wheelbase yang cukup panjang dan tata letak yang dioptimalkan membuat interior semakin luas dan berkelas.

Selain itu bagasi mobil terbaru Suzuki ini memiliki kapasitas yang luas, yakni mencapai 495 liter. Menariknya bagasi ini dapat dibuka lebar sehingga memudahkan pengguna untuk memasukkan dan mengeluarkan barang bawaan di bagasi. Di samping itu Suzuki menyertakan ruang penyimpanan yang dapat ditemukan di seluruh kabin, seperti centre lower box dengan tutupnya dan door pocket yang dapat digunakan untuk meletakkan botol berukuran 1 liter.

Suzuki Ciaz juga menawarkan beragam fitur canggih yang siap memanjakan pemiliknya. Di antaranya adalah sistem audio CD dengan fungsi hands-free telephone, automatic air-conditioning dan keyless push start system. Hadirnya fitur-fitur tersebut akan membuat pengalaman berkendara semakin nyaman dan menyenangkan.

Beralih ke sektor pacunya, sedan berlambang ‘S’ khas ini dipersenjatai dengan mesin yang sama dengan model MPV Suzuki Ertiga. Mesin tersebut adalah K14B berkapasitas 1.4 liter yang dipadukan dengan transmisi otomatis empat percepatan atau transmisi manual lima tingkat percepatan.

Lantas berapa harga yang dipatok Suzuki untuk sedan barunya ini? Sayangnya untuk hal ini SIS belum bersedia untuk mengungkapkannya.

“Produk kami tidak akan jauh harganya dari teman-temannya. Kami akan umumkan di penghujung tahun nanti,” kata Makmur.

Source: sedan terbaru 2016,