Harga Setengah Milyar, Apa Saja Kelebihan Yamaha R1?

Oleh Ayunda Devi | 28/08/2015
Harga Setengah Milyar, Apa Saja Kelebihan Yamaha R1?

Keunggulan Kelemahan Yamaha R1, Belum lama ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan motor gede barunya, yakni YZF-R1 dan YZF-R1M. Pabrikan berlambang tiga garputala ini memasarkan All New YZF-R1 dengan harga Rp 495 juta. Sedangkan YZF-R1M dibanderol dengan harga Rp 645 juta.

Walaupun mengusung nama yang hampir sama, selisih harga All New YZF-R1 dan YZF-R1M mencapai Rp 150 juta. Dengan selisih harga sebesar itu, apa yang ditawarkan moge All New YZF-R1M?

”YZF-R1M adalah versi spesial dari All New YZF-R1 yang menyandang predikat motor produksi massal dengan spek tertinggi yang pernah diproduksi Yamaha, versi yang mampu mengeluarkan potensi sejati dari All New YZF-R1 di trek balap. Ini telah dibuktikan di ajang balap bergengsi Suzuka 8 Hours di Jepang,” terang M Abidin, General manager After Sales & Motor Sport PT Yamaha indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Perbedaan yang terlihat pada YZF-R1M meliputi ban, suspensi elektronik yang dikembangkan oleh brand ternama, tutup (cowling) berbahan karbon dan sistem komunikasi penyetelan pada perangkat ECU.

“Meskipun satu generasi, All New YZF-R1 dan YZF-R1M punya beberapa perbedaan diantaranya penggunaan ban, cowling, electronic racing suspension, dan ECU data logger,” ujar Abidin.

Yamaha YZF-R1M 2015 Indonesia 2

All New Yamaha YZF-R1 menggunakan suspensi yang dirancang khusus oleh Ohlins. Suspensi ini dilengkapi dengan teknologi electronic racing suspension (ERS) yang dapat diatur oleh pengguna sehingga sangat membantu pengendalian saat bermanuver.

Di samping itu, ECU data logger Communication Control Unit (CCU) berfungsi menjembatani komunikasi antara pengendara dan mesin motor. Hadirnya fitur ini memungkinkan pengendara mengatur sepeda motor terbaru ini sesuai dengan kebutuhan. Menariknya, pengaturan dapat dilakukan dengan smartphone.

Cowling pada All New YZF-R1M dibuat dengan menggunakan bahan karbon. Sementara roda depannya memiliki ukuran yang sama dengan versi All New YZF-R1. Kendati demikian roda belakang Al New YZF-R1M lebih besar. Yamaha YZF-R1 mengusung roda belakang berukuran 190/55ZR17M/C (75W), sementara milik YZF-R1M menggunakan ukuran 200/55ZR17M/C (78W).

Sebagai informasi tambahan, All New Yamaha R1 dan Yamaha R1M mengaplikasikan teknologi motor balap YZR-M1 MotoGP. Motor ini dirancang dengan konsep pengembangan mesin balap yang ringan dan mampu bekerja pada putaran yang tinggi.

Yamaha melakukan pengembangan di beberapa faktor mesin, khususnya efisiensi intake dan exhaust, penyempurnaan pembakaran, pengurangan gaya gesek dan inersia mass yang dapat menghasilkan tenaga 200 PS, lebih besar 18 PS dari model pendahulunya.

Mengingat performa mesin yang gahar, pihak Yamaha Indonesia tidak menjuaal YZF-R1 dan YZF-R1M ke sembarang orang. Hal ini disampaikan langsung oleh M Masyur, Asisten GM Marketing PT YIMM.

“Kerena motor ini spesial, jadi kami harus ada kriteria, tidak sembarangan saja. Mereka harus bisa mengendarai motor dengan baik. Ini juga untuk safety pengendara. Mereka juga harus tahu karakter motor sport, karena ini bukan moge biasa,” ujar Masykur, dilansir dari Okezone.

Ia melanjutkan, setelah pemilik mendapatkan unit, YIMM tak lantas lepas begitu saja. Yamaha memberikan pelayanan khusus, di antaranya servis gratis selama tiga tahun atau 36 ribu kilometer, dan penggantian oli, filter oli, filter udara, busi, kanvas rem, aki dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, Yamaha Indonesia memberikan tiga tahun garansi, road Assistance emergency service 24 jam penuh selama tiga tahun, bike care, home service dan pick up service.

Yamaha juga akan melibatkan para pemilik All New YZF-R1 dan YZF-R1M dalam berbagai kegiatan, seperti touring, track day di Sirkuit Internasional Sentul, defensive riding motor CBU dan gathering.

Source: kelebihan yamaha R1, kelebihan dan kekurangan yamaha r1, kekurangan yamaha r1, keunggulan yamaha r1, kelemahan yamaha r1, harga motor yamaha r1 1000cc, yamaha r1 2016 indonesia, kelebihan motor r1, kelemahan dan kelebihan yamaha R1, kelebihan yzf r1,